Logo Ruang Menyal
Bg Block

12 Ide Usaha Sampingan Karyawan, Untung Meski Minim Modal!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 08 Mei 2023 | 4698 dilihat

Article Detail

Pernahkah kamu merasa gaji yang diterima setiap bulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan? Jika ya, kamu bisa mencoba melakukan usaha sampingan karyawan.

Selain memenuhi kebutuhan setiap harinya, tentu kamu juga perlu menyimpan tabungan untuk mempersiapkan dana darurat ke depannya. 

Apabila kamu tertarik, yuk simak beberapa ide usaha sampingan karyawan tanpa modal berikut ini! 

12 Ide Usaha Sampingan Karyawan 

Jika kamu memiliki banyak tuntutan pekerjaan namun tetap ingin membuka usaha sendiri, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu, lho.

Berikut adalah beberapa ide usaha sampingan karyawan yang bisa kamu coba dengan modal kecil, antara lain yaitu:

1. Menjadi Freelancer 

Freelance merupakan salah satu penghasilan tambahan yang banyak dicari berbagai kalangan karena fleksibel untuk dilakukan.

Biasanya, freelance banyak yang menyediakan work from anywhere, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan karyawan sibuk.

Saat ini, kamu dapat mencari berbagai macam kegiatan freelance sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, melalui situs-situs pekerja online.

Beberapa peluang usaha sampingan karyawan yang bisa kamu coba seperti design grafis, penerjemah dokumen, voice over, social media officer, dan masih banyak lagi.

2. Gabung Sebagai Dropshipper 

Berikutnya, ide usaha sampingan karyawan tanpa modal ini juga semakin banyak dilakukan seiring meningkatnya minat belanja online masyarakat.

Selain itu, kamu tak perlu repot-repot menyiapkan produk dan pengirimannya, karena semua sudah disediakan oleh penyedia dropshipper.

Namun, sebelum bergabung ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu bagaimana sistem penjualannya.

3. Jasa Pembuat Website 

Seiring berkembangnya dunia digital, biasanya ada banyak orang yang membutuhkan jasa pembuatan website untuk suatu perusahaan.

Jika kamu menguasai ilmu website developing, ide usaha sampingan karyawan yang satu ini cocok untuk dilakukan.

Selain itu, beberapa hal yang perlu kamu kuasai sebelum menjadi jasa pembuatan website, antara lain yaitu back-end dan front-end developing, serta website design.

Baca juga: Mengenal Cara Menabung Sistem Amplop, Hemat Uang Jadi Mudah!

4. Menjadi Content Creator 

Jika kamu senang tampil di depan kamera, usaha sampingan karyawan modal kecil sebagai content creator mungkin cocok untuk dicoba.

Dengan menjadi content creator, kamu tidak akan mengganggu pekerjaan utama sebagai karyawan, karena waktu yang dilakukan pun fleksibel.

Dalam hal ini, kamu bisa mencoba dari berbagai platform yang banyak digunakan seperti YouTube, Instagram, Twitter, ataupun Tiktok.

5. Translator Sebuah Acara atau Tulisan 

Bagi kamu yang senang mempelajari dan menguasai berbagai bahasa, hal ini dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan, lho.

Yup, kamu dapat mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menerjemahkan dokumen, artikel, ataupun video yang dibutuhkan oleh klien.

Selain memiliki peluang usaha sampingan karyawan tinggi, menjadi translator juga bisa meningkatkan skill kemampuan bahasa yang kamu pelajari.

6. Membuat Blog Sendiri 

Selanjutnya, jika memiliki hobi dan kemampuan untuk menulis, kamu dapat memanfaatkannya sebagai salah satu bisnis sampingan dengan membuat blog sendiri.

Selain potensi mendapatkan cuan, kamu dapat melatih kemampuan menulis dan mempublikasikan tulisan ke dalam blog. 

Tak hanya itu, usaha sampingan karyawan ini juga bisa menambah portofoliomu, lho.

7. Reseller Makanan Kekinian 

Selain dropshipper, menjadi reseller makanan kekinian juga bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan modal kecil.

Yap, bedanya dengan dropshipper adalah kamu hanya akan mendapatkan produk yang ingin dijual dari pemiliknya. 

Sementara itu, barangnya tetap dipasarkan kembali dan dikirim secara mandiri. Untuk memulainya, kamu dapat mencari makanan apa yang sedang kekinian dan diminati oleh banyak orang.

8. Membuat Channel YouTube  

Fenomena semakin banyaknya penonton yang beralih dari TV digital ke YouTube dapat dimanfaatkan sebagai usaha sampingan karyawan tanpa modal, lho.

Yap, umumnya setiap video yang banyak diminati orang akan mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Jika tidak pede untuk berbicara di depan kamera, kamu dapat membuat channel tanpa wajah seperti video tutorial memasak, memperbaiki sesuatu, atau edukasi.

9. Menjual Bucket Snack 

Kemudian, menjual bucket snack juga bisa menjadi peluang usaha sampingan karyawan yang tinggi karena akan tetap dicari oleh banyak orang.

Terutama, saat ada momen-momen perayaan seperti wisuda, sidang, atau lamaran, penjual bucket snack banyak dicari oleh banyak orang. 

Dengan bermodalkan keterampilan, kamu bisa mencoba salah satu ide usaha sampingan karyawan yang satu ini.

Baca juga: 8 Jenis Investasi untuk Anak Muda, Jadi Cuan Sejak Dini!

10. Jasa Design dan Editor 

Apabila kemampuan yang kamu miliki adalah mendesain dan mengedit video, maka bisnis sampingan yang satu ini cocok untuk dilakukan.

Well, yang perlu kamu kuasai adalah berbagai aplikasi desain serta editing video seperti Adobe Photoshop, InDesign, Illustrator, Premiere dan sejenisnya.

Untuk memulainya, kamu dapat mengambil projek online dari perusahaan yang membutuhkan jasa desain ataupun editor video. Nantinya, hasil karya tersebut juga bisa dijadikan sebagai portofolio.

11. Mengajar Online 

Jika menguasai berbagai macam pelajaran sekolah, kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan mengajar online.

Untuk memulai usaha sampingan karyawan tanpa modal ini, kamu hanya perlu menyediakan internet yang memadai.

12. Sewa Barang Elektronik 

Terakhir, jika kamu memiliki banyak barang elektronik seperti kamera, lensa, komputer, atau printer yang jarang dipakai, manfaatkan saja dengan disewakan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Untuk melakukannya, kamu dapat memasang iklan melalui grup-grup di social media yang berkaitan dengan penyewaan barang elektronik.

Tips Memulai Usaha untuk Karyawan  

Ketika ingin memulai usaha sampingan karyawan, kamu perlu memperhatikan sejumlah tips berikut agar dapat mengimbangi antara pekerjaan utama dengan bisnis lainnya, yaitu:

  • Pastikan usaha sampingan yang dilakukan tidak mengganggu pekerjaan utama dan bertentangan dengan kebijakan perusahaan 
  • Membuat jadwal antara pekerjaan dengan waktu luang, agar tidak mengganggu tugas-tugasmu.
  • Membuat plan bisnis sampingan secara matang berupa tujuan dan target, yang ingin dicapai, kemungkinan risiko, dan cara mengatasinya.
  • Jangan lupa menyisihkan tabungan dari gaji utama untuk dijadikan sebagai modal usaha. 
  • Jika baru awal untuk membuka usaha, kamu dapat mencari partner dan mentor yang terpercaya dan satu visi dengan tujuan bisnis 

Tertarik Mencoba Usaha Sampingan Karyawan?

Nah, dari beberapa ide usaha sampingan karyawan sebelumnya, yang mana ingin kamu coba?

Mempunyai usaha sampingan sendiri memang dapat membantu untuk menambah tabungan yang kamu punya.

Meskipun jika nanti penghasilan yang didapatkan tidak begitu banyak, apabila konsisten dalam menjalaninya, kamu pasti akan memperoleh hasil yang cukup.

Selain itu, jika kamu mampu mengelola keuangan dengan baik, maka kamu akan mempunyai tabungan yang cukup untuk masa depan. 

Well, berbicara mengenai pengelolaan keuangan, kamu bisa lho, cek kondisi finansial dengan mengikuti Financial Fitness Check Up dari Ruang meNYALA.

Dengan Nyala Trainer yang sudah berpengalaman, kamu akan mendapatkan sesi konsultasi 1-on-1 untuk membantumu dalam menganalisa kesehatan keuangan.

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menentukan jadwal yang diinginkan, lalu pilih trainernya. Well done! Tunggu saja hari konsultasinya tiba.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera gabung untuk menjadi #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: Mengenal Literasi Keuangan Digital dan Manfaat Mempelajarinya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya