Logo Ruang Menyal
Bg Block

8 Jenis Investasi untuk Anak Muda, Jadi Cuan Sejak Dini!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 10 April 2023 | 2543 dilihat

Article Detail

Menjadi anak usia muda seharusnya tidak menghalangi kamu dalam merencanakan keuangan. Sebab, saat ini ada begitu banyak jenis investasi untuk anak muda yang dapat kamu coba.

Reksadana misalnya, dengan modal yang minim, risiko investasi pun cukup rendah sehingga cocok kamu jadikan sebagai langkah awal.

Jika kamu masih ragu, artikel berikut memiliki pilihan investasi untuk anak muda lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan. Jadi, simak baik-baik, ya!

Pentingnya Investasi di Usia Muda

Investasi merupakan proses dalam mengembangkan uang yang telah dimiliki agar mendapat keuntungan lebih di kemudian hari.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa perlu berinvestasi untuk usia muda? 

Setidaknya, ada dua alasan utama yang harus kamu tahu mengenai perlunya berinvestasi di usia muda, yaitu:

Menyiapkan masa tua. Yup, alasan pertama adalah mempersiapkan masa tua ketika kamu sudah tidak dapat bekerja lagi. Dengan adanya investasi, kamu bisa tetap mendapatkan sumber pemasukan.

Menciptakan passive income. Selain dari sumber penghasilan tetap, berinvestasi juga dapat menciptakan passive income buatmu. Jika menabung, uangmu hanya akan diam di bank tanpa pertambahan nilai. Namun, investasi akan memberikan keuntungan dari adanya bunga.

Macam-Macam Investasi untuk Anak Muda

Jika kamu masih bingung kira-kira apa instrumen investasi untuk anak muda, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan.

1. Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi untuk anak muda yang kini sedang tren. Sebab, investasi ini memiliki modal dan risiko yang kecil.

Keunggulan lain dari reksa dana adalah imbal hasilnya yang tidak terlalu lama dan terbilang kompetitif dengan instrumen investasi lainnya.

Investasi reksadana memiliki beragam jenis, yaitu saham, obligasi, pasar uang, pendapatan tetap, campuran, syariah, dan penyertaan terbatas.

Jika tertarik, kamu bisa membuka reksa dana di OCBC NISP yang dapat diakses melalui aplikasi ONe Mobile.

Akan tersedia berbagai pilihan reksa dana mulai dari level risiko conservative, balance, growth, hingga aggressive.

2. Saham

Saham pasti merupakan salah satu produk investasi yang paling sering dikenal, tak terkecuali bagi anak muda.

Meskipun banyak digemari, saham memang memerlukan modal dan memiliki risiko cukup besar bagi anak muda.

Namun, jangan khawatir. Sebab, jika kamu memilih perusahaan yang tepat diperkaya kuatnya wawasan dan strategi, saham tentu pilihan tepat sebagai investasi untuk anak muda.

3. Obligasi

Obligasi merupakan investasi berbentuk surat utang yang diterbitkan pemerintah Republik Indonesia. 

Cara kerjanya adalah dengan memberikan pinjaman dana kepada pemerintah. Karena hal ini, obligasi disebut juga dengan surat utang.

Obligasi cocok digunakan sebagai instrumen investasi untuk anak muda karena memiliki risiko yang cenderung kecil dan stabil, meskipun return-nya tidak sebesar saham.

Di OCBC NISP, kamu dapat berinvestasi obligasi secara aman dan untung. Sebab, nilai nominal saat jatuh tempo akan dikembalikan 100%.

4. Deposito Berjangka

Rekomendasi instrumen investasi untuk anak muda selanjutnya adalah deposito berjangka. 

Investasi ini merupakan produk simpanan berjangka yang memungkinkan nasabah untuk melakukan penyetoran serta penarikan sesuai nominal dan jangka waktu tertentu.

Selain itu, deposito berjangka juga memiliki risiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan saham dan obligasi.

Jika kamu mengajukan deposito berjangka di OCBC NISP, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh, antara lain dapat menentukan jangka waktu sesuai keinginan, bisa diperpanjang secara otomatis, serta kebebasan memilih mata uang.

Baca juga: Begini Cara Kerja Saham untuk Investasi dan Trading, Simak! 

5. Emas

Emas adalah investasi untuk anak muda yang paling mudah dijalankan. Sebab, investasi emas memiliki risiko relatif rendah dan imbal hasil yang cenderung lebih fleksibel.

Kamu bisa membeli emas di pegadaian atau Butik Emas ANTAM, lalu jual saat harganya sedang naik.

Beberapa tips sebelum membeli emas adalah memilih waktu yang tepat untuk membeli dan menjualnya, serta simpan di tempat aman seperti brankas atau deposit box.

6. Valuta Asing

Rekomendasi investasi untuk anak muda selanjutnya adalah valuta asing atau valas. Sesuai namanya, investasi ini melibatkan pertukaran mata uang asing.

Investasi valas cenderung jarang dilirik. Padahal, investasi valas memiliki beragam keuntungan yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

Cara kerja valas mudah dipahami. Kamu hanya perlu membeli valas saat harganya turun dan menjualnya ketika kembali naik. Nantinya, keuntunganmu berasal dari selisih kedua harga.

Di OCBC NISP, terdapat 11 mata uang asing yang bisa kamu pilih jika ingin berinvestasi valas, antara lain EUR, GBP, AUD, NZD, USD, CHF, CAD, JPY, SGD, CNH, dan HKD.

Keuntungan lain investasi valas di OCBC NISP adalah jaringannya yang luas dengan akses ke banyak ATM di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

7. P2P Lending

Peer-to-Peer (P2P) lending bisa menjadi pilihan investasi untuk anak muda. Sebab, investasi ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga proses transaksinya aman. 

Cara kerja investasi ini adalah dengan memberikan modal kepada individu atau bisnis yang sedang membutuhkan asupan dana. 

Ini sebetulnya mirip dengan ketika kamu meminjamkan utang kepada temanmu, tetapi P2P lending dinilai lebih aman karena terdapat pihak ketiga atau platform yang mengelola.

Selain aman, kelebihan P2P lending adalah adanya jaminan dan bunga dengan rentang sekitar 11,75%-16% per tahun.

8. Properti

Jika kamu membutuhkan instrumen investasi untuk anak muda yang keuntungannya besar, cobalah rekomendasi satu ini.

Investasi properti memang membutuhkan modal yang besar. Namun, keuntungan yang akan kamu dapatkan akan sebanding dengan modalnya.

Sebab, kebutuhan akan properti sekarang ini makin meningkat. Alhasil, harganya pun akan terus naik tiap tahunnya.

Jika ingin berinvestasi properti, kamu perlu menyiapkan dana untuk membeli rumah, tanah, atau apartemen. 

Kemudian, kamu dapat menjual atau menyewanya dengan harga yang berlipat di kemudian hari agar bisa untung banyak.

Baca juga: Bisnis Properti untuk Pemula, Cara dan Panduan Lengkap 

Tips Investasi untuk Anak Muda

Sebelum memulai, simaklah beberapa tips investasi untuk anak muda berikut ini terlebih dahulu biar kamu nggak salah langkah.

1. Tentukan Tujuan Investasi

Tips investasi untuk anak muda pertama adalah menentukan tujuan yang jelas. Dengan tujuan tersebut, kamu nantinya bisa berinvestasi secara lebih terarah.

Tujuan investasi bisa kamu rumuskan berdasarkan target waktu, misal untuk jangka panjang, menengah, atau pendek. 

2. Buat Anggaran Khusus

Setelah menentukan tujuan, kamu bisa membuat anggaran khusus berdasarkan goals yang telah dirumuskan.

Dalam hal ini, kamu tentunya harus membuat perencanaan mengenai berapa uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk berinvestasi

3. Pilih Instrumen Investasi yang Sesuai

Terakhir, kamu bisa menentukan instrumen investasi yang sesuai dengan tujuanmu.

Misalnya, kamu memiliki tujuan berinvestasi untuk jangka panjang, yaitu menikah 10 tahun lagi. Maka, kamu bisa memilih instrumen investasi dengan risiko rendah-menengah seperti reksa dana.

Jadi, Investasi Mana yang Ingin Kamu Coba?

Nah, itu dia penjelasan mengenai urgensi, rekomendasi, dan tips investasi untuk anak muda agar tidak salah langkah.

Setelah membaca uraian di atas, kamu seharusnya mulai memahami bahwa investasi penting untuk dilakukan bahkan sejak dini.

Jika tertarik mempelajari lebih lanjut seputar investasi, kamu bisa ikuti kelas online Investasi di Masa Muda, Nyaman di Masa Tua bersama Ivan Kasulthan dan Dwi Arif Fiandita tanggal 15 April 2023 pukul 16.00 WIB.

Bakal ada pengetahuan baru serta tips berinvestasi di masa muda biar kamu nggak salah langkah dan makin #Financiallyfit. Jadi, yuk, gabung kelas Ruang meNYALA sekarang juga!

Baca juga: 5 Tips Cara Optimalkan Investasi Reksa Dana Di Masa Resesi


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya