Logo Ruang Menyal
Bg Block

Valuta Asing: Mari Pahami Pengertian dan Fungsinya

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 06 Mei 2024 | 519 dilihat

Article Detail

Dalam keseharian, kita sering kali melihat berita tentang fluktuasi nilai mata uang, kebijakan moneter, perdagangan internasional, dan valuta asing. Lalu apa sih yang dimaksud dengan valuta asing itu?

Pengertian Valuta Asing

Valas atau valuta asing adalah mata uang suatu negara yang diakui, digunakan, dan juga diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Dari semua mata uang asing di seluruh dunia, yang paling banyak digunakan adalah Dolar AS (US Dollar).

Valas sendiri diperdagangkan di pasar valuta asing yang mempertemukan antara pembeli dan penjual. Pasar valas terbesar di dunia adalah di London, New York, Singapura dan Hong Kong. Pasar valas ini diperdagangkan 24 jam sehari, 5 hari seminggu di seluruh dunia. Sementara itu, kegiatan pembelian ataupun penjualan dapat dilakukan melalui bank ataupun tempat penukaran mata uang asing (money changer).

Kegunaan Valuta Asing

  • Mempermudah proses transfer dana antar negara, sehingga valas menjadi alat pembayaran utama pada saat terjadi kegiatan perdagangan seperti ekspor-impor.
  • Beberapa jenis mata uang dapat digunakan sebagai hedging atau lindung nilai untuk melindungi dari perubahan kurs atau nilai tukar. Transaksi forward adalah salah satu bentuk dari kegunaan valas dalam hal ini.
  • Sebagai devisa negara. Cadangan devisa atau biasa disebut FX Reserve dapat memiliki beberapa jenis valas.
  • Transaksi trading dimana investor berupaya mengambil kesempatan dari jual-beli valas, dengan memanfaatkan pergerakan nilai tukar dari valas tersebut.

Untuk mengetahui nilai tukar valas, maka investor harus melihat pada kurs valuta asing. Kurs adalah angka atau nilai tukar dari sepasang mata uang.

Pada pasar valas, terdapat 2 harga, yaitu harga bid (beli) dan harga ask (jual). Pengaturan harga mengacu pada posisi penyedia layanan valas, misalnya bank, money changer, atau sekuritas.

Kurs Bank Beli digunakan saat investor ingin menjual valas, dan Bank adalah sebagai pihak yang membeli valas.

Sebaliknya, kurs Bank Jual digunakan saat investor ingin membeli valas, dan Bank adalah sebagai pihak yang menjual valas.

Gambar di atas merupakan contoh kurs valuta asing. Dalam contoh ini, maka kurs Bank Jual per 1 Dolar AS (USD) terhadap Rupiah adalah Rp 14,390, sementara kurs Bank Beli 1 Dollar Amerika (USD) terhadap Rupiah adalah Rp 14,330.

Jadi, valuta asing adalah satu hal yang patut pahami dalam dunia ekonomi bukan? Jika kamu tertarik untuk lebih memahami juga kondisi ekonomi kamu bisa mengikuti Financial Fitness Check Up dari Ruang meNYALA sebagai langkah awal mencapai #FinanciallyFit! Ayo daftar sekarang.

Baca juga: Mengenal Prinsip Ekonomi: Pengertian, Ciri, dan Contohnya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya