Logo Ruang Menyal
Bg Block

7 Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak, Patut Diikuti!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 26 Desember 2023 | 1158 dilihat

Article Detail

Kamu perlu tahu bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak. Sebab, media sosial yang dimanfaatkan dengan baik memungkinkan kamu memperoleh hal-hal positif, seperti menambah koneksi hingga menemukan peluang usaha.

Sebaliknya, jika digunakan secara sembarangan, justru media sosial dapat memberi pengaruh buruk terhadap penggunanya. Oleh karena itu, yuk ikuti beberapa cara menggunakan media sosial dengan bijak dalam artikel di bawah ini!

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Setiap individu harus bijak menggunakan media sosial agar tidak mengalami kerugian-kerugian tertentu. Selain itu, kamu juga harus memanfaatkan sosial media sebaik mungkin supaya tidak ketinggalan keuntungannya. Untuk itu, ikutilah beberapa cara menggunakan media sosial dengan bijak berikut ini. 

1. Hati-Hati dalam Mengunggah Post dan Komentar

Karena unggahanmu berpotensi dilihat oleh masyarakat luas, termasuk orang-orang tidak dikenal, kesalahan tertentu pada post dan komentar dapat menyebabkan masalah yang berujung fatal. Oleh karena itu, cara menggunakan media sosial dengan bijak yang sangat penting adalah harus berhati-hati dalam mengunggah post dan komentar.

Sebelum posting, pastikan tidak ada foto maupun data pribadi yang mungkin bisa disalahgunakan orang lain. Kemudian, jangan pula memancing isu SARA pada unggahanmu karena hal ini melanggar undang-undang. Jangan lupa juga untuk menerapkan etika sopan santun sehari-hari selama berada di dunia maya.

2. Manfaatkan Media Sosial untuk Mendapat Berita Terkini dan Pengetahuan Baru

Kamu pun dapat memanfaatkan media sosial untuk mendapat berita terkini dan pengetahuan baru, lho. Pasalnya, platform jejaring ini memang salah satu tempat yang memudahkan masyarakat membagikan dan menerima informasi dengan cepat.

Melalui media sosial, kamu lebih mudah mencari berita teraktual serta mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan baru dari seluruh penjuru dunia. Cara mudahnya, ikuti akun-akun yang membagikan berita dan ilmu pengetahuan pada laman media sosialmu.

Baca juga: Pengertian Influencer: Manfaat, Jenis, dan Cara Memilihnya

3. Filter Informasi Hoax

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bijak bermedia sosial berarti dapat memilah informasi yang benar dan salah. Tidak jarang ada oknum-oknum yang memanfaatkan keingintahuan kita dengan membagikan berita bohong. 

Oleh karena itu, saat menelusuri media sosial, cek setiap informasi yang kamu temui. Jangan langsung percaya dan bahkan menyebarkannya secara luas tanpa memeriksa faktanya terlebih dahulu.

4. Follow Akun yang Inspiratif

Selain itu, cara menggunakan media sosial dengan bijak selanjutnya adalah dengan mengikuti akun-akun yang inspiratif. Pasalnya, bagi beberapa orang, mengetahui kisah hidup seseorang dapat membuat mereka lebih semangat meraih kesuksesan.

Jadi, dengan mengikuti akun yang inspiratif, kamu mungkin akan termotivasi untuk mencapai cita-cita, apalagi kalau pemilik akun tersebut sukses di bidang yang ingin kamu tekuni. Dari orang-orang ini, kamu juga dapat belajar bagaimana cara mengatur rencana, membuat target, dan mengembangkan diri.

Sebaliknya, hindari mengikuti akun-akun negatif atau toxic yang sering menyebarkan pemahaman menyimpang, vandalisme, pornografi, radikalisme, hingga isu SARA. Hal-hal ini berpotensi membawa pengaruh negatif pada kamu.

5. Membangun Koneksi yang Positif

Salah satu manfaat media sosial lainnya yaitu memudahkan kamu untuk membangun koneksi. Dalam hal ini, kamu perlu membangun koneksi yang positif untuk merasakan manfaatnya secara maksimal. Kamu bahkan bisa memanfaatkan jangkauan media sosial yang luas untuk berkenalan dengan orang-orang dari luar negeri.

Dengan membangun relasi yang luas, kamu juga akan menerima berbagai informasi dari beragam perspektif. Selain itu, cari juga orang-orang yang berada di bidang kerjamu supaya dapat saling bertukar pengetahuan. Seperti disinggung sebelumnya, pastikan kenalanmu adalah orang yang baik dan tidak toxic agar dapat memberi pengaruh positif.

6. Batasi Penggunaan Media Sosial

Membatasi penggunaannya merupakan cara menggunakan media sosial dengan bijak yang sebaiknya dilakukan semua orang. Hal ini pun melindungi mata dari risiko radiasi serta menghindari pola makan dan tidur tidak teratur akibat terlalu FOMO (fear of missing out).

Selain itu, membatasi penggunaan media sosial juga membantu menjaga kesehatan mental. Ketika terlalu banyak bermain media sosial, beberapa posting-an orang lain mungkin dapat memancing perasaan insecure atau bahkan obsesi berlebihan.

7. Cari Peluang Bisnis di Media Sosial

Di masa modern seperti sekarang, jangan sampai ketinggalan dalam memanfaatkan sosial media untuk berbisnis. Di media sosial, kamu bisa melakukan bisnis online dengan memaksimalkan personal branding dan strategi digital marketing.

Gunakan semua jenis konten untuk melakukan ini, mulai dari dalam bentuk tulisan, audio, hingga video. Supaya lebih maksimal, kamu juga bisa memanfaatkan toko dan platform delivery daring.

Baca juga: 9 Cara Jualan Online untuk Pemula agar Laris Manis, Catat!

Tips Kelola Keuangan saat Berbisnis di Media Sosial

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara menggunakan media sosial dengan bijak adalah memanfaatkannya sebagai platform berbisnis. Berkaitan dengan hal ini, pastikan kamu mengelola keuangan bisnis dengan baik agar selalu cuan. Berikut ini adalah beberapa tips kelola keuangan bisnis yang bisa kamu ikuti.

1. Menetapkan Anggaran Bulanan

Pertama, tetapkan anggaran bisnis untuk setiap bulannya. Dalam pembuatan rencana keuangan usaha ini, hitunglah pengeluaran penting yang diperlukan untuk menjalankannya. Ingat, jangan mengeluarkan biaya lebih dari budget supaya tidak rugi.

2. Mencatat Arus Kas Pribadi dan Bisnis

Terkait penetapan anggaran, kamu perlu memisahkan alokasi dana untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Dengan begitu, penggunaan dana untuk kebutuhan pribadi dan bisnis tidak akan tercampur. Supaya finansial lebih aman serta pengeluaran sesuai anggaran, catatlah arus keluar dan masuknya semua pendapatan tanpa terkecuali.

3. Memanfaatkan Keuntungan dari Berbisnis

Ketika sudah memiliki kondisi finansial yang stabil, kamu bisa mulai memanfaatkan keuntungan dari bisnis. Biar semakin cuan, manfaatkanlah semua keuntungan tambahan untuk mengembangkan bisnis dan mencari peluang usaha lainnya. Jadi, pundi-pundi uang bisa bertambah.

Yuk, Cek Kondisi Finansial sebelum Berbisnis!

Sekian sejumlah cara menggunakan media sosial dengan bijak yang sebaiknya kamu ikuti. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk bisnis. Namun sebelum itu, cek dulu seberapa siap keuangan kamu untuk mulai berbisnis dan tips keuangan seperti apa yang harus diterapkan.

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan Financial Fitness Check Up by Ruang meNYALA untuk mengetahui tingkat kesehatan finansialmu. Falam waktu 3 menit saja, kamu sudah bisa memperoleh hasil analisisnya. Cepat, kan?

Tak hanya keuangan pribadi, saat sudah memiliki bisnis, jangan lupa juga untuk rutin mengecek kondisi finansial bisnis di Business Fitness Check Up. Setelahnya, lanjutkan dengan melakukan konsultasi keuangan secara 1-on-1 bersama Nyala Trainer.

Dengan bantuan Nyala Trainer, kamu akan mengetahui langkah apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha sambil tetap menjaga kondisi keuanganmu. Eits, tidak perlu khawatir, layanan yang bermanfaat ini bisa kamu terima tanpa dipungut biaya, lho.

Jadi, mau tunggu apalagi? Yuk, konsultasikan keuangan sebelum memulai bisnis dan raih #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula dengan Cepat


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya