Logo Ruang Menyal
Bg Block

9 Cara Jualan Online untuk Pemula agar Laris Manis, Catat!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 15 April 2024 | 7472 dilihat

Article Detail

Di era digital ini, banyak orang mencari tahu bagaimana cara jualan online untuk pemula agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Tak heran, kini membuka bisnis online menjadi salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk dan mencapai pasar yang lebih luas.

Tahap awal memasuki dunia bisnis online mungkin terasa menantang, tetapi dengan panduan yang tepat, kamu dapat membuka pintu menuju kesuksesan.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang langkah-langkah penting dalam cara jualan online untuk pemula mulai dari nol.

Cara Jualan Online untuk Pemula agar Laris

Jika kamu masih pemula dalam dunia bisnis online, ini dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai jualan online agar laris manis dan cuan mengalir.

1. Menentukan Jenis Produk

Pertama-tama, kamu perlu menentukan produk yang akan dijual. Sebenarnya, langkah ini akan lebih mudah apabila sebelumnya kamu sudah memiliki toko dengan sistem offline.

Jika mulai dari awal, maka terlebih dahulu tentukan jenis produk kemudian pastikan apakah kamu ingin menjual produk buatan sendiri atau mengambil dari pemasok.

Apabila memproduksi sendiri, maka perhatikan kualitas bahan baku. Namun, jika mengambil dari pemasok, pilihlah pemasok yang menawarkan harga rendah dengan kualitas yang baik agar keuntunganmu semakin maksimal.

Tentukan pula nama brand yang akan digunakan serta unique selling point (USP) yang ingin kamu tonjolkan agar bisa bersaing dengan para kompetitor.

Baca Juga: 10 Ide Jualan Online Tanpa Modal, Mudah untuk Dilakukan

2. Menyusun Rencana Bisnis

Cara jualan online untuk pemula berikutnya adalah menyusun strategi bisnis. Meski jualan secara online, namun kamu tetap harus menentukan rencana bisnis sebaik mungkin.

Dalam menyusun rencana bisnis ini, kamu perlu mempertimbangkan seluruh hal yang bersangkutan dengan jalannya bisnis, mulai dari produksi, marketing, dan lain-lain.

3. Menentukan Target Pasar

Tips jualan online agar laris berikutnya adalah menentukan target pasar yang tepat sesuai dengan produk yang kamu jual.

Memiliki niche market akan memudahkan kamu dalam melakukan pemasaran. Produkmu juga lebih mudah dijangkau karena kamu sudah menetapkan pasar lebih sempit.

Namun, saat memastikan target pasar, pastikan kamu sudah memahami dari value produk yang dipasarkan agar sesuai dengan kebutuhan target pasar kamu.

4. Memilih Platform untuk Jualan

Dalam cara jualan online untuk pemula yang tak boleh dilewatkan adalah menentukan platform untuk jualan.

Kini, sudah tersedia banyak marketplace yang bisa kamu pilih. Kamu bisa fokus pada salah satunya atau membuka toko di beberapa marketplace.

Selain marketplace, kamu pun bisa memanfaatkan media sosial untuk menjual serta mempromosikan produk jualanmu.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Digital Menjanjikan untuk Anak Muda, Cek Daftarnya!

5. Menentukan Harga Jual

Cara jualan online untuk pemula berikutnya adalah menentukan harga jual. Biasanya, kamu perlu menyesuaikan dengan masing-masing platform marketplace.

Pasalnya, setiap marketplace memiliki biaya layanan (potongan) berbeda-beda. Jadi, tetapkan harga dengan tepat agar kamu tetap untung maksimal.

Pastikan harga yang kamu buat tidak jauh lebih mahal dari harga pasaran agar jualan kamu laris. Namun, tetap perhatikan kualitasnya, ya.

6. Memikirkan Strategi Content Marketing

Hal penting dalam cara jualan online untuk pemula adalah menyusun strategi content marketing. Inilah kunci kesuksesan bisnis online.

Membuat content marketing yang menarik akan membuat produkmu lebih dikenal oleh target pasar yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Kamu bisa membuat strategi content marketing sendiri atau berkonsultasi dengan konsultan content marketing.

Intinya, buat content marketing bisnismu semenarik mungkin agar viral!

Baca Juga: 8 Cara Memulai Usaha dari Nol, Ini Tipsnya yang Wajib Kamu Tahu!

7. Promosi dan Diskon

Adanya promosi dan diskon dapat memberikan pengaruh besar terhadap keputusan pembelian customer, lho.

Jika ingin jualan kamu laris, maka kamu bisa memberikan promo/diskon, misalnya gratis ongkir dengan minimal pembelian, penurunan harga pada periode tertentu, atau kupon cashback.

8. Memanfaatkan Ads Media Sosial

Iklan di media sosial bisa memberikan dampak yang besar pada bisnis online milikmu, lho. Jadi, jangan sia-siakan fitur Ads yang tersedia di instagram, Facebook. Atau Google.

Jika kamu sudah menentukan content marketing yang tepat, maka saatnya kamu mempromosikannya di Ads media sosial.

Ads media sosial biasanya akan menargetkan orang-orang yang memiliki minat atau ketertarikan dengan produk yang kamu tawarkan. Jadi, bisnismu akan lebih mudah menjangkau target pasar.

9. Melakukan Evaluasi Berdasarkan Review Pembeli

Marketplace biasanya menyediakan kolom tersendiri bagi pembeli untuk memberikan review terkait produk yang kamu jual.

Nah, kamu bisa memanfaatkan review dari pembeli untuk memperbaiki kekurangan dan mempertahankan kelebihan bisnismu.

Jadi, jangan lupa untuk mengecek review pelanggan secara rutin, ya.

Tips Mengatur Keuangan Bisnis Online

Jika ingin lancar dalam menjalankan operasional bisnis, maka kamu juga perlu memahami bagaimana cara mengatur keuangan bisnis online dengan baik.

Yuk, ikut beberapa tips agar keuangan bisnis kamu semakin sehat berikut ini:

1. Memisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Penting untuk memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, dengan begitu kamu bisa memantau secara pasti berapa keuntungan yang kamu peroleh.

2. Menyiapkan Dana Darurat

Kemudian, menyiapkan dana darurat baik bagi bisnis dan kebutuhan pribadi juga tak kalah penting, lho.

Kamu bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan bisnis sebagai tabungan dana darurat. Ingat, jangan mencampurkannya dengan uang milik pribadi, ya.

3. Prepare for The Worst

Dalam hal ini, prepare for the worst artinya memiliki back up keuangan baik dalam bentuk asuransi maupun dana darurat.

Kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi di masa depan, jadi tidak ada salahnya untuk menyiapkan back up dari jauh-jauh hari.

Demikian penjelasan mengenai cara jualan online untuk pemula yang bisa kamu terapkan saat memulai bisnis online.

Nah, jika bisnis sudah berjalan, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesehatan bisnismu melalui Business Fitness Check Up dari Ruang meNYALA.

Di samping itu, kamu juga bisa melakukan pengecekkan kesehatan keuangan pribadi kamu dengan melakukan Financial Fitness Check Up , karena keuangan bisnis yang sehat, biasanya bermula dari keuangan personal owner dari bisnis tersebut loh.

Kalau kamu masih bingung mengenai pengelolaan keuangan kamu, kamu bisa berkonsultasi di Ruang meNYALA dan 1-on-1 consultation bersama NYALA Trainer secara gratis loh.

Yuk, capai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca Juga: 23 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Cuan, Coba Yuk!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya