Logo Ruang Menyal
Bg Block

Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Karyawan, Wajib Diperhatikan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 25 Maret 2024 | 1983 dilihat

Article Detail

Pernahkan kamu terpikir mengapa perusahaan perlu memperhatikan pentingnya kesehatan mental bagi karyawan? Jawabannya sendiri sebenarnya ada pada diri kita, bukankah setiap orang ingin bekerja dengan baik dan merasa bahagia di tempat kerja?

Sementara itu, lingkungan kerja yang toxic dapat menghambat itu semua. Karenanya, kesehatan mental setiap karyawan perlu dijaga secara prima agar hasil kerjanya dapat maksimal. Yuk simak bagaimana pentingnya kesehatan mental bagi karyawan berikut ini!

Pentingnya Kesehatan Mental bagi Karyawan

Dalam lingkungan kerja, kesehatan mental karyawan perlu diperhatikan. Menjaga keadaan pikiran yang tenang dan bebas dari tekanan memang tidak mudah. Namun hal tersebut harus menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan aktivitas kerja sehari-hari.

Untuk itu, perusahaan perlu menyediakan lingkungan kerja yang suportif terhadap keadaan mental dan fisik karyawannya. Di sisi lain, pihak manajemen juga perlu menunjukkan apresiasi kepada karyawan atas hasil kerja mereka.

Mengutamakan pentingnya kesehatan mental bagi karyawan dapat memberikan dampak positif bagi tingkat produktivitas di perusahaan. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan mengurangi tekanan atau beban kerja bagi karyawan.

Adapun kesehatan mental pekerja disinyalir memburuk selama pandemi dua tahun belakangan ini. Secara umum, masalah kesehatan seperti depresi dan cemas berlebihan membuat tingkat produktivitas karyawan menurun.

Di samping gangguan kesehatan mental, karyawan juga rentan terkena gejala psikosomatik yang mempengaruhi kondisi fisik. Adapun contohnya adalah mual di pagi hari dan sakit kepala di malam hari.

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Karyawan

Setelah mengetahui betapa pentingnya kesehatan mental bagi karyawan, kamu juga perlu mengetahui beberapa penyebabnya.

Secara umum, tekanan kerja menjadi faktor utama menurunnya kondisi kesehatan karyawan. Selain itu, ada juga beberapa faktor lain yang berkontribusi dalam hal tersebut.

Sebagai perusahaan yang mengutamakan pentingnya kesehatan mental karyawan, diperlukan pengetahuan dan kepekaan akan faktor penyebab masalah tersebut. Adapun hal-hal yang menyebabkan menurunnya tingkat kesehatan mental karyawan adalah:

1. Beban Kerja Terlalu Banyak

Setiap harinya karyawan dituntut untuk menyelesaikan tugasnya. Beban kerja tersebut diharapkan dapat dituntaskan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Namun nyatanya, banyak kasus ditemukan di mana karyawan tidak mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan.

Apabila beban kerja tidak terselesaikan, maka penilaian performa karyawan juga akan menjadi buruk. Saat itulah karyawan mendapatkan teguran yang bisa berdampak buruk pada kondisi mentalnya. Siklus ini bisa terjadi setiap saat dan menyebabkan stres bagi karyawan.

2. Hubungan Buruk dengan Rekan Kerja

Mengutamakan pentingnya kesehatan mental bagi karyawan juga harus diimbangi dengan menjalin hubungan antar rekan kerja dengan baik. Bisa jadi konflik atau masalah personal dengan karyawan lain menghambat pekerjaan.

3. Kurangnya Komunikasi Antara Karyawan dengan Atasan

Dalam lingkungan kerja, prioritas terhadap pentingnya kesehatan mental bagi karyawan harus dapat ditunjukkan dengan membangun komunikasi yang baik antara karyawan dan atasan.

Apabila hal tersebut tidak berjalan dengan baik, maka kesehatan mental karyawan bisa memburuk.

Adapun kurangnya komunikasi bisa membuat karyawan memendam unek-unek yang ingin diutarakan. Semakin lama keluhan tersebut disimpan, maka kesehatan mental karyawan juga akan terpengaruhi dan memburuk seiring waktu.

4. Kebijakan Perusahaan yang Tidak Mendukung Karyawan

Memprioritaskan pentingnya kesehatan mental bagi karyawan juga perlu dilakukan agar tingkat produktivitas bisnis meningkat. Namun hal tersebut tidak akan berjalan jika tidak diiringi dengan kebijakan perusahaan yang menyejahterakan karyawannya.

Secara umum, perusahaan diwajibkan untuk menyediakan fasilitas berupa BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Apabila terjadi pemutusan hubungan kerja, karyawan dapat memprosesnya dan mendapatkan layanan dari kedua fasilitas tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Karyawan

Untuk menunjukkan bahwa perusahaan memberikan prioritas terhadap pentingnya kesehatan mental bagi karyawan, diperlukan perubahan dalam budaya atau tata cara bekerja. Baik karyawan atau atasan harus mengikuti aturan tersebut untuk kepentingan bersama.

Dengan mementingkan kesehatan mental pekerja, maka produktivitas perusahaan pun bisa meningkat. Oleh karena itu, pihak perusahaan perlu menerapkan beberapa cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja yaitu:

1. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Mengingat pentingnya kesehatan mental bagi karyawan, perlu diwujudkan lingkungan kerja yang suportif dan bebas dari tekanan. Untuk itu, dianjurkan agar memberikan beban kerja sewajarnya dan memberikan feedback secara manusiawi kepada karyawan.

2. Mengadakan Sharing Session dengan Karyawan

Untuk menghindari gangguan kesehatan mental bagi karyawan, diperlukan sesi berbincang secara personal. Hal tersebut bisa dilakukan sesuai waktu yang ditentukan oleh pihak HR. Dalam prosesnya, setiap karyawan bisa mengungkapkan keluh kesahnya selama bekerja.

3. Menyediakan Ruang Relaksasi di Kantor

Guna menunjukkan komitmen dalam menjunjung pentingnya kesehatan mental bagi karyawan, maka perusahaan bisa menyediakan ruang relaksasi untuk karyawan. Adanya fasilitas ini dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi karyawan yang lelah bekerja setiap harinya.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya kesehatan mental bagi karyawan. Budaya kerja setiap perusahaan memang berbeda, namun jika merasa tidak nyaman sekaligus lelah secara mental, maka bisa saja kamu membutuhkan bantuan. Cobalah untuk sharing dengan rekan kerja, ya?

Dalam menunjang produktivitas dan kualitas kerja, kesehatan mental cukup penting untuk dijaga, salah satunya dengan mencapai work life balance. Penasaran caranya?

Yuk ikuti Financial Fitness Classes “Be Happy, Successful, or Both?” by Ruang meNYALA bersama Tjokro Wimantara (Nyala Financial Fitness Coach) yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 13.00 -15.00 WIB, di Cohive 101 Kuningan!

Yuk daftar sekarang juga! Ingat, kuotanya terbatas, lho. Jadi, jangan sampai kehabisan, ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya