Logo Ruang Menyal
Bg Block

15+ Ide Usaha Makanan Kekinian, Modal Kecil Raup Banyak Cuan

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 23 April 2024 | 28808 dilihat

Article Detail

Peluang besar masih terbuka untuk membuka bisnis di bidang kuliner. Di tengah ramainya peminat, ide usaha makanan kekinian terus bertambah banyak.

Trend bisnis ini terus berkembang dan berinovasi dan menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan dalam beberapa waktu terakhir.

Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang minim. Kali ini, Ruang meNYALA memberikan list tentang ide usaha makanan kekinian yang cocok bagi kamu. Simak artikelnya di bawah ini, yuk! 

Ide Usaha Makanan Kekinian

Bisnis di bidang kuliner menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Pasalnya, makanan adalah salah kebutuhan pokok manusia yang diperlukan setiap harinya. 

Nah, jika kamu tertarik dengan bisnis kuliner, ada banyak contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu: 

1. Makaroni Telor

Contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil yang pertama adalah makaroni telor atau lebih akrab disebut dengan maklor. 

Makanan satu ini termasuk jenis jajanan yang cukup populer di kalangan anak-anak. 

Makanan ringan ini dibuat dengan cara menggoreng makaroni ditambah campuran telur, sehingga menciptakan cita rasa yang lembut dan gurih.

Untuk penyajiannya, kamu bisa menyediakan berbagai bumbu, seperti barbeque, keju, saus, dan lainnya.

2. Pisang Nugget

Contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil berikutnya adalah pisang nugget. Pisang adalah buah yang memiliki rasa manis dan lembut, sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu membalut pisang dengan adonan telur serta tepung roti, kemudian digoreng.

Nah, agar tampilannya lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan berbagai jenis saus, seperti keju, matcha, taro, coklat, dan lain sebagainya.

Baca juga: 8 Jenis Investasi Untuk Anak Muda, Jadi Cuan Sejak Dini!

3. Dessert Box

Dessert box juga termasuk salah satu contoh ide usaha makanan kekinian yang banyak digemari oleh berbagai kalangan karena rasa manisnya.

Dessert box terbuat dari campuran antara kue dan krim yang memiliki varian rasa, sehingga menciptakan tekstur lembut serta lezat.

4. Croffle

Croffle adalah jajanan populer yang berasal dari Dublin, Prancis. Makanan ringan ini telah populer di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 2021.

Croffle terbuat dari gabungan antara croissant dengan waffle. Dalam penyajiannya, croffle biasa diberikan berbagai jenis topping, seperti es krim, madu, hingga buah-buahan.

5. Baso Aci

Contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil berikutnya adalah baso aci. Makanan ini menjadi salah satu kuliner populer di Indonesia.

Selain itu, pembuatan baso aci juga membutuhkan modal yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan bahan dasar daging. Kamu juga bisa menjual baso aci siap saji atau frozen food.

6. Sate Taichan

Contoh ide usaha makanan kekinian selanjutnya adalah sate taichan. Kuliner satu ini berbeda dengan sate pada umumnya yang biasa menggunakan saus kacang.

Untuk membuat sate taichan, kamu hanya perlu membakar tusukan daging ayam, lalu disajikan dengan menambah perasan jeruk nipis, sedikit taburan garam, dan sambal pedas.

7. Seblak

Seblak adalah makanan khas Jawa Barat yang kini mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Ciri khas dari seblak adalah rasanya yang pedas dan gurih.

Dengan kepopulerannya, seblak menjadi salah satu ide usaha makanan kekinian modal kecil yang cukup menjanjikan.

Untuk membuatnya lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan berbagai varian topping, seperti baso, sayuran, ceker ayam, sosis, dan lainnya.

Baca juga: Dana Darurat: Pengertian, Cara Menghitung & Tips Menyimpan

8. Sosis Kentang

Kamu mungkin lebih akrab dengan sajian sosis yang digoreng atau dibakar. Nah, olahan lain dari sosis ini bisa menjadi contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil yang cukup menjanjikan.

Sosis kentang memiliki bentuk mirip corndog. Bedanya, jajanan ini terbuat dari sosis yang dibalut oleh adonan perekat dengan campuran kentang.

Sosis kentang biasa disajikan dengan saus dan mayones untuk menciptakan cita rasa yang gurih dan lezat.

9. Ramen

Contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil yang selanjutnya adalah ramen. Mi kuah khas Jepang dan Tiongkok ini telah populer di Indonesia sejak lama.

Bisnis ramen juga cukup menjanjikan. Pasalnya, berbagai olahan mi menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Selain itu, ramen juga memiliki berbagai varian yang bisa menjadi pilihan.

10. Dimsum

Dimsum menjadi makanan kekinian yang populer beberapa tahun ke belakang. Jajanan satu ini sangat nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat.

Selain itu, dimsum memiliki berbagai varian yang disukai banyak heran. Tak heran jika dimsum menjadi salah satu contoh ide usaha makanan kekinian yang diminati oleh berbagai kalangan.

Kamu bisa membuka bisnis dimsum yang bisa disajikan langsung atau dalam bentuk frozen food.

11. Rice Bowl

Contoh ide usaha makanan kekinian dan praktis berikutnya adalah rice bowl. Sajian rice bowl sangat variatif dan banyak diminati oleh orang-orang karena bisa dimakan di mana saja.

Selain itu, dalam kemasan mangkuk, rice bowl mampu menampung banyak pilihan menu makanan, misalnya nasi dengan topping olahan ayam, sayur, telur, dan lain sebagainya.

12. Makanan BBQ

Contoh ide usaha makanan kekinian yang selanjutnya adalah All You Can Eat atau AYCE BBQ. Kuliner BBQ ini tengah naik daun beberapa waktu ke belakang.

AYCE mengusung konsep makan sepuasnya maksimal selama 90 menit. Dalam waktu 90 menit, pelanggan bebas memilih berbagai varian BBQ dan bisa memasaknya sendiri.

Nah, jika ingin tampil beda, kamu bisa membuka usaha makanan BBQ dengan memberikan pilihan paket khusus kepada pelanggan. 

Dengan begitu, setiap pelanggan tidak perlu mengkhawatirkan batas waktu dan bisa menyantap makanan dengan santai.

Baca juga: Ketahui Take Profit dan Stop Loss serta Cara Menentukannya!

13. Pizza Mini

Pizza mini adalah salah satu contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil yang digemari banyak kalangan. 

Apabila pizza pada umumnya memiliki ukuran besar dan harga mahal, jajanan satu ini lebih kecil, sehingga ramah di kantong.

Kamu bisa membuat pizza mini dengan topping sederhana, seperti jamur, sosing, jagung, serta keju. 

Dengan modal kecil dan harga murah, pizza mini bisa menjadi makanan yang digemari anak-anak.

14. Bomboloni

Contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil selanjutnya adalah bomboloni. Makanan satu ini memiliki bahan dasar mirip donat dengan tampilan lebih menarik.

Ciri khas dari bomboloni adalah tidak memiliki lubang di tengah, tetapi memiliki isi di dalamnya. Biasanya, bomboloni diisi dengan vla atau krim yang memiliki varian rasa.

Makanan khas Italia ini bisa mendatangkan keuntungan besar apabila kamu mampu berkreasi sekreatif mungkin.

15. Toast

Contoh ide usaha makanan kekinian berikutnya adalah toast. Toast adalah roti yang bisa disajikan dengan rasa gurih atau manis.

Biasanya, toast berisi selai, keju, daging, hingga sayuran. Kamu juga bisa membuat kreasi isian lainnya untuk menarik minat pelanggan.

16. Bruule Bomb

Bruule bomb adalah contoh ide usaha makanan kekinian yang tengah naik daun beberapa waktu ke belakang. Makanan ini juga dapat dijual dalam bentuk frozen food, lho.

Bruule bomb terbuat dari campuran bawang putih, bawang bombai, sosis atau smoked beef, keju mozarella, tepung terigu, dan susu cair.

17. Martabak Manis Berbagai Topping

Kamu pasti sudah tidak asing dengan makanan bernama martabak manis. Jajanan satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah.

Nah, martabak manis bisa menjadi ide usaha makanan kekinian modal kecil yang cukup menjanjikan apabila memiliki tampilan berbeda dibandingkan lainnya.

Kamu bisa membuat martabak manis dengan berbagai varian topping, seperti matcha, nutella, kitkat, hingga red velvet.

Tips Memulai Usaha Makanan

Untuk memulai usaha makanan kekinian, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar bisnis lancar. Adapun tips memulai usaha makanan adalah sebagai berikut:

1. Rencanakan Usaha dengan Matang

Ketika akan membuat sebuah bisnis, kamu bisa memulainya dengan merencanakan usaha yang diinginkan. 

Misalnya, jika ingin membuat usaha makanan, coba pertimbangkan apakah kamu ingin memulai semuanya sendiri atau menggunakan model bisnis franchise

2. Hitung Modal yang Diperlukan

Ketika sudah tahu mau memulai bisnis apa, maka langkah selanjutnya adalah menghitung modal yang diperlukan. 

Pertimbangkan juga, apakah kamu akan mengumpulkan modal dengan cara menabung atau mungkin memerlukan pinjaman dari bank? 

Apapun pilihanmu, kamu bisa merencanakan bisnis pertama kamu melalui ONe Mobile. Jika ingin mulai menabung, kamu bisa menggunakan fitur Life Goals untuk mengumpulkan modal usaha.

3. Buat Rencana Pengembangan Bisnis 

Selain modal, pastikan juga untuk membuat rencana keuangan dan proyeksi tentang bagaimana kamu akan mengembangkan bisnis ke depannya. 

Langkah ini meliputi bagaimana teknik marketing yang akan diaplikasikan serta strategi tertentu untuk membuat bisnis terus berkembang.

Mari Cek Kesehatan Finansialmu bersama Ruang meNYALA

Demikian sederet contoh ide usaha makanan kekinian modal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukan.

Selain menambah pemasukan, kamu juga bisa memeriksa kesehatan finansialmu melalui layanan Financial Fitness Check Up dari Ruang meNYALA.

Dengan memanfaatkan Financial Fitness Check Up, kamu bisa mengetahui kondisi keuangan hingga memperbaiki kesehatan finansial.

Tunggu apa lagi, yuk, mulai perhatikan kondisi finansialmu dan mencapai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: 5 Jenis Investasi Aman Dan Menguntungkan Beserta Tipsnya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya