Logo Ruang Menyal
Bg Block

7 Cara Membuat Planning Masa Depan Anda dengan Mudah

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 19 Februari 2024 | 2165 dilihat

Article Detail

Bagaimana cara membuat planning masa depan? Kalau hal ini menjadi pertanyaanmu, ketahui bahwa kamu sudah berada di jalan yang tepat. Pasalnya, membuat rencana masa depan merupakan salah satu hal penting untuk mencapai kesuksesan.

Di antaranya, kamu perlu mengenali diri serta menyusun tujuan keuangan dan karier. Hal ini pun sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin agar memiliki lebih banyak waktu dalam mencapai targetnya satu per satu.

Untuk mengetahui cara membuat planning masa depan selengkapnya, yuk simak langkah-langkah berikut ini!

Cara Membuat Planning Masa Depan

Untuk menyusun rencana masa depan, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah cara membuat planning masa depan yang bisa kamu tiru.

1. Mengenal Diri Sendiri

Dalam membuat rencana masa depan, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengenal diri sendiri lebih dalam. Hal ini bertujuan untuk membantumu mengetahui bakat dan minat yang dimiliki.

Dengan mengenali passion dan potensi diri sejak dini, kamu akan memperoleh gambaran yang lebih jelas terkait cita-cita atau hal yang ingin kamu capai di masa depan. Dari sini, kamu jadi lebih mudah menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk bisa berhasil meraih cita-cita tersebut.

2. Menyusun Langkah-Langkah untuk Mencapai Tujuan dengan Detail

Selanjutnya, langkah-langkah tersebut harus disusun secara detail. Hal ini diketahui dapat mengurangi ketidakpastian dan mengantisipasi hambatan yang mungkin muncul di masa depan. Kemudian, efisiensi mencapai tujuan juga meningkat karena kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Penyusunan langkah-langkah ini mencakup hal-hal yang harus kamu lakukan dalam waktu dekat maupun dalam beberapa waktu kedepan dan hal-hal yang bisa kamu lakukan sekarang dan tidak bisa dilakukan karena faktor tertentu beserta solusinya.

Contoh, kamu bercita-cita menjadi pebisnis skincare. Maka, hal fundamental yang harus kamu siapkan dari sekarang adalah pengetahuan terkait bisnis dan skincare. Dalam waktu 1-2 tahun ini, kamu harus mendalami pengetahuan bisnis terlebih dahulu. Maka, salah satu hal yang bisa dilakukan sekarang adalah mengikuti berbagai kelas bisnis, seperti kelas bisnis dari Ruang meNYALA.

Baca juga: Pentingnya Sehat Keuangan untuk Masa Depan, Catat Tipsnya!

3. Merencanakan Pendidikan dan Karier

Saat menyusun langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya, pastikan kamu juga sudah membuat rencana pendidikan guna menunjang karier atau tujuan masa depanmu. Meski hal ini sebaiknya ditentukan sejak kamu duduk dibangku sekolah, ingat bahwa tidak ada kata terlambat untuk pendidikan.

Kamu dapat memulainya dari sekarang. Jika dirasa kamu perlu melanjutkan studi, maka lakukanlah hal tersebut. Buatlah daftar studi apa yang harus kamu dalami untuk dapat membantumu mencapai target masa depan. Contohnya, melanjutkan studi S2 dan S3 di bidang bisnis.

Selanjutnya, jika kamu tengah berkarier di bidang yang bukan target masa depanmu, maka buatlah plan mengenai hal tersebut. Misalnya, kamu tetap berkarier di bidang tersebut sembari mempersiapkan diri untuk bisa terjun ke target kariermu atau melepaskan karier tersebut agar bisa berfokus dan mempersiapkan target karier dengan matang.

Hal-hal seperti itu perlu kamu susun dengan detail beserta berbagai pertimbangan dan plan B apabila rencana awal belum berhasil direalisasikan.

4. Mengelola Keuangan dengan Baik

Cara membuat planning masa depan selanjutnya adalah mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan ini merupakan aspek penting, mengingat beberapa langkah yang perlu kamu ambil untuk mencapai target masa depan memerlukan dana yang tidak sedikit, contohnya saat hendak melanjutkan studi.

Pastikan kamu memiliki strategi perencanaan keuangan yang tepat agar setiap langkah dari planning masa depan bisa dilalui tanpa hambatan dana.

Misalnya, sesuai planning yang telah dibuat, tahun depan kamu harus melanjutkan studi S2 dan juga mengikuti kursus public speaking yang sama-sama memerlukan biaya tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu mulai merencanakan keuangan dengan berinvestasi di obligasi pada tahun ini yang keuntungannya bisa diambil di tahun depan untuk membiayai kursus public speaking

Sementara itu, kamu memutuskan mengambil beasiswa S2 untuk menekan pengeluaran, sehingga gaji dari pekerjaan saat ini bisa digunakan untuk tabungan atau dana darurat serta memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: 8 Jenis Passion yang Menghasilkan Uang dan Cara Melakukannya

5. Menjaga Kualitas Hidup

Menjaga kualitas hidup merupakan contoh planning masa depan yang perlu dipertimbangkan. Ketika merencanakan bagaimana masa depanmu, menjaga kualitas hidup harus menjadi salah satu prioritas.

Pada setiap langkah yang ingin dilakukan, kamu harus mempertimbangkan manfaatnya dalam memenuhi kebutuhan serta keinginan, baik untuk pribadi maupun keluarga. Tidak hanya itu, pikirkan pula pengaruhnya terhadap kesehatan fisik dan mental. Dengan memastikan kesehatan, kamu dapat menjalankan rencana-rencanamu secara maksimal. 

6. Sensitif terhadap Tren

Sensitif terhadap tren merupakan salah satu cara menyusun rencana masa depan yang sebaiknya dipertimbangkan. Pasalnya, teknologi akan terus berkembang dari hari ke hari, sehingga kamu bisa mempertimbangkan kemungkinan peluang yang muncul di masa depan untuk mencapai tujuan. Jangan takut mencoba hal baru, terlebih jika hal tersebut berpotensi membantumu meraih cita-cita.

7. Rutin Mengevaluasi Diri

Rutin mengevaluasi diri juga termasuk ke dalam cara membuat planning masa depan. Evaluasi ini bertujuan untuk menghindari kamu dari kesalahan-kesalahan yang sama serta meningkatkan efisiensi di setiap langkahnya.

Perlu diketahui, hasil evaluasi ini bisa saja menyebabkan perubahan pada rencana masa depanmu. Jika terdapat langkah yang dirasa terlalu sulit dilakukan, tidak ada salah untuk beradaptasi dan mengubahnya agar tujuan tetap bisa tercapai.

Tips Mengatur Keuangan untuk Masa Depan

Di atas telah disebutkan bahwa mengelola keuangan dengan baik merupakan salah satu cara membuat planning masa depan. Terkait hal ini, kamu bisa mengikuti tips berikut dalam mengatur keuangan untuk masa depan.

1. Rutin Menabung

Dari sekian banyak langkah-langkah yang telah dibuat, tentunya hampir semua memerlukan sejumlah dana. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mulai membangun kebiasaan rutin menabung dari sekarang untuk menghindari risiko keuangan yang berpotensi menghambat plan tersebut.

Jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulan tergantung dari kondisi keuanganmu. Kamu pun bisa mencoba berbagai metode, seperti metode 50/30/20, menabung sistem amplop, atau menabung di bank dengan sistem autodebet, seperti pada tabungan berjangka OCBC

Bukan tanpa alasan, tabungan berjangka OCBC menawarkan beberapa macam produk yang bisa kamu pilih sesuai tujuan keuanganmu di masa depan. Meski begitu, semuanya memiliki keuntungan menarik seperti suku bunga kompetitif, asuransi jiwa, dan lain-lain.

Sistem autodebet pada produk ini juga menghindari kamu dari kebiasaan lupa menabung karena setiap bulannya dana dalam rekening utama kamu akan dipotong secara otomatis untuk dipindahkan ke dalam rekening tabungan berjangka.

2. Membuat Skala Prioritas Keuangan

Tips yang kedua adalah membuat skala prioritas keuangan untuk kebutuhan pokok. Caranya, kamu perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan terlebih dahulu.

Apabila segala kebutuhan telah terpenuhi, termasuk menabung, dan masih menyisakan sejumlah uang, maka kamu dapat memanfaatkannya untuk membelanjakan hal-hal yang termasuk dalam kategori keinginan.

3. Tingkatkan Literasi Keuangan

Mungkin hal ini terkesan sepele, namun skill literasi keuangan yang mumpuni dapat membantumu dalam menjaga kondisi finansial tetap stabil. Lantas, bagaimana cara meningkatkan literasi keuangan?

Mulailah dengan mengekspos diri terhadap konten edukasi keuangan dan mengikuti kelas finansial dari Ruang meNYALA. Dari sini pun kamu berkesempatan menjadi lebih melek finansial.

Selain itu, lakukan juga pengecekan finansial secara rutin guna mengetahui seberapa sehat kondisi keuanganmu saat ini. Mudah saja, langsung daftar Financial Fitness Check Up by Ruang meNYALA. Cukup meluangkan waktu 3 menit, kamu sudah bisa mengetahui bagaimana kondisi finansialmu.

Kemudian, kamu juga dapat melakukan konsultasi keuangan secara 1-on-1 secara gratis. Dengan bantuan Nyala Trainer, langkah-langkah finansial selanjutnya dapat direncanakan secara maksimal.

Simple yet really useful, right? Maka dari itu, yuk konsultasikan keuangan untuk merencanakan masa depan dan raih #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: 9 Cara Menjadi Investor Muda Sukses, Dijamin Mudah & Untung!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya