Logo Ruang Menyal
Bg Block

Kenali Passion dalam Bekerja, Ini Pentingnya Bagi Karier!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 11 April 2024 | 2065 dilihat

Article Detail

Pernahkah kamu mendengar kalau bekerja sesuai passion itu menyenangkan? Atau sebaliknya, pernahkah kamu mendengar bekerja tidak sesuai passion bisa mengganggu kesehatan mental? Ya, passion dalam bekerja memang sangat penting.

Lantas, apa itu passion dalam bekerja dan mengapa sangat diperlukan untuk karier? Kamu bisa menemukan jawabannya dengan menyimak artikel di bawah ini!

Apa Itu Passion dalam Bekerja?

Arti passion dalam bekerja adalah kecenderungan diri dalam melakukan pekerjaan yang disukai dan dianggap penting. 

Passion kerja adalah hal yang bisa menimbulkan kebahagiaan dan mengurangi stres dalam melakukannya.

Contoh passion dalam bekerja misalnya terdapat seorang akuntan yang merupakan lulusan dari program studi akuntansi dan memang tertarik pada bidang tersebut. 

Dalam kesehariannya, ia bekerja sesuai passion sehingga merasa senang dan memiliki kinerja bersifat progresif.

Cara Menemukan Passion dalam Bekerja

Jika kamu belum menemukan passion kerja, kamu bisa mencari tahu sendiri atau bahkan meminta bantuan orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara menemukannya:

1. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Diri

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan diri. Dengan mengetahui hal tersebut pada diri sendiri, kamu sudah memulai tahapan awal untuk menemukan passion kerja apa yang dimiliki.

Cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri bisa menggunakan analisis SWOT. Jika diperlukan, kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menilai kelebihan dan kekurangan dirimu.

Jika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan, kamu dapat melihat hal apa saja yang menonjol selama ini dari dirimu sehingga akan terlihat passion tersebut.

2. Ketahui Hobi dan Aktivitas yang Disukai

Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti memiliki hobi ataupun aktivitas yang disukai. Tinjau kembali apa saja hal tersebut. 

Kegiatan apa yang memberikan dampak kesenangan dan membuatmu bersemangat dalam melakukannya? Lalu, apakah kegiatan tersebut juga penting bagimu? 

Jawabanmu bisa jadi adalah passion kerja yang kamu cari.

Baca juga: Keali Quarter Life Crisis dan Bagaimana Cara Melewatinya

3. Ketahui Harapan Terbesar Saat Ini

Kamu pasti memiliki harapan di masa depan atau cita-cita. Harapan atau cita-cita ini tentunya berbeda dengan yang kamu miliki saat waktu kecil. 

Saat ini, kamu mungkin bisa mencari tahu apa yang akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan. 

Jika sudah mengetahuinya, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengenal passion dalam bekerja apa yang dimiliki.

4. Tanyakan Kepada Orang-Orang Terdekat

Jika kamu kesulitan menemukan passion kerja secara mandiri, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain.

Kamu bisa menanyakan pada orang-orang terdekat tentang hal spesial yang ada dalam dirimu. Jawaban mereka bisa kamu pertimbangkan untuk menemukan passion kerjamu.

Pentingnya Passion dalam Bekerja

Pentingnya passion dalam bekerja berkaitan dengan kinerjamu saat melakukan tugas-tugas yang harus diselesaikan. 

Jika tidak ada passion, kamu tidak akan termotivasi dan malah bisa merasa tertekan saat bekerja.

Rendahnya motivasi dan adanya perasaan tertekan bisa menurukan kinerjamu yang akhirnya membawa dampak buruk dalam karier. Kamu bisa sulit menaiki jenjang karier bahkan gagal dalam melakukan pekerjaan. 

Passion ini bisa membantumu lebih bersemangat. Pekerjaan bisa terasa lebih ringan atau bahkan menyenangkan untuk dikerjakan. 

Untuk dampak yang lebih baiknya, passion ini bisa memudahkanmu dalam peningkatan dan mencapai keberhasilan saat bekerja.

Demikian penjelasan mengenai passion dalam bekerja dan peran pentingnya. Passion dalam bekerja adalah hal yang esensial, terutama terkait dengan motivasi kerja dan cara merespon tekanan di dalamnya. Oleh sebab itu, passion ini perlu kamu pahami dengan baik.

Tertarik untuk tahu lebih banyak terkait cara bekerja sesuai passion? Yuk ikuti kelas Ruang meNYALA “Passion, Money, Or Both?” bersama Minyo yang akan diselenggarakan via Zoom pada tanggal 15 September 2022 Pukul 19.00–20.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya!

Baca juga: 10 Cara Sukses di Usia Mudah, Ini Dia Tips Mudahnya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya