Logo Ruang Menyal
Bg Block

Sukuk Ritel: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Jual Belinya

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 14 Maret 2024 | 139 dilihat

Article Detail

Dari berbagai jenis investasi, Sukuk Ritel adalah salah satu produk yang semakin populer dengan penawaran menariknya. Sukuk Ritel adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh negara kepada Warga Negara Indonesia (WNI). 

Bagi sejumlah orang, sukuk ritel juga dianggap sebagai obligasi syariah. Hal ini dikarenakan kategorisasi dari Sukuk Ritel yang juga bagian dari Surat Berharga Negara, tepatnya adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Penerbitan investasi ini bertujuan mengajak warga negara Indonesia untuk terlibat dalam pembangunan nasional.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan instrumen investasi syariah ini, simak dulu pengertian Sukuk Ritel, keuntungan, dan cara jual belinya di pembahasan berikut ini.

Pengertian Sukuk Ritel

Sukuk Ritel adalah jenis surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah melalui perusahaan atau lembaga perbankan dan bisa dibeli oleh masyarakat luas. Instrumen investasi ini menerapkan prinsip syariah Islam sehingga membutuhkan akad dalam proses jual belinya. 

Tujuan diterbitkannya sukuk ritel adalah untuk membiayai proyek pembangunan nasional dan APBN di Indonesia. Dengan kata lain, masyarakat Indonesia diajak untuk turut serta dalam proyek pembangunan infrastruktur dan memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukan. 

Berbeda dari obligasi yang menggunakan sistem kupon untuk berbagi keuntungan, sukuk ritel menerapkan skema bagi hasil dari ujrah (uang sewa) dan imbalan lainnya sesuai dengan prinsip syariah. 

Karakteristik Sukuk Ritel

Selain penggunaan prinsip syariah dalam pengelolaannya, Sukuk Ritel memiliki beberapa karakteristik umum lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

  • Diperuntukkan untuk individu Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Imbalan akan dibayarkan setiap bulan.
  • Menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaannya.
  • Pemesanan bisa dimulai dari Rp1 juta.
  • Instrumen bisa diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik.
  • Tenor 3 tahun untuk seri SR020T3 dan 5 tahun untuk seri SR020T5.

Baca juga: Mengenal Keuntungan Investasi Obligasi, Ini Cara Membelinya!

Keuntungan Sukuk Ritel

Seperti investasi lainnya, Sukuk Ritel juga menawarkan sejumlah keuntungan. Adapun keuntungan Sukuk Ritel adalah sebagai berikut:

Modal Investasi Terjangkau

Modal awal yang dibutuhkan untuk mulai investasi Sukuk Ritel adalah Rp 1 juta. Nominal ini biasanya didesain terjangkau sehingga memungkinkan partisipasi dari masyarakat dengan dana terbatas dan memperluas akses ke pasar keuangan syariah kepada mereka yang mungkin tidak mampu berinvestasi dalam jumlah besar.

Keuntungan Terjamin dan Kompetitif

Sukuk Ritel adalah instrumen yang dinilai rendah risiko karena keuntungannya terjamin oleh pemerintah. Imbalan akan dibagikan secara tetap kepada investor di setiap bulannya, sesuai dengan kesepakatan. Dengan adanya jaminan dari negara, kamu tidak perlu khawatir risiko gagal bayar. 

Jaminan dari Pemerintah

Keamanan investasi Sukuk Ritel juga telah dijamin oleh pemerintah yang berarti tidak ada risiko penipuan dalam pengelolaannya. Jaminan tersebut termuat dalam Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan Undang Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Melalui peraturan tersebut, pemerintah menjamin bahwa investor berhak atas 100% modal atau nilai investasi yang mengalami pengurangan, sesuai dengan kesepakatan saat akad pembelian. 

Cocok untuk Investasi Jangka Menengah

Investasi pada Sukuk Ritel menjanjikan return dalam kurun waktu 3-5 tahun. Artinya, Sukuk Ritel adalah investasi yang cocok apabila kamu ingin mengamankan dana untuk jangka pendek sampai menengah. 

Cara Membeli dan Menjual Sukuk Ritel

Akses untuk membeli dan menjual Sukuk Ritel terbilang mudah karena bisa dilakukan secara online. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Beli Sukuk Ritel

Pembelian Sukuk Ritel dilakukan dengan memilih Mitra Distribusi (Midis) terlebih dahulu, baik itu perusahaan maupun lembaga perbankan. Kamu juga bisa membeli obligasi di OCBC Mobile. Berikut caranya:

1. Masuk ke OCBC Mobile (jika sudah memiliki akun OCBC). 

2. Pada dashboard, klik menu investasi lalu klik menu Retail SBN. 

3. Klik Order, lalu pilih Sukuk Ritel yang ingin dibeli, apakah mau membeli SR020T3 atau SR020T5. 

4. Silahkan lanjutkan pembelian Sukuk Ritel dengan mengikuti langkah-langkah di aplikasi.

5. Setelah pembayaran diverifikasi, calon investor akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order.

Cara Jual Sukuk Ritel

Penjualan Sukuk Ritel juga bisa dilakukan dengan mudah melalui Midis terkait. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke OCBC Mobile, lalu klik menu Financial. 

2. Klik Investment dan klik Bonds atau produk investasi yang kamu miliki. Klik tombol “Sell” untuk menjual.

3. Menunggu proses konfirmasi terkait permintaan penjualan.

4. Jika berhasil, kamu akan mendapatkan hasil penjualan invetasi Obligasi kamu.

Baca juga: Ini Cara Investasi Surat Berharga Negara (SBN) untuk Pemula

Perbedaan Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan

Sukuk tabungan adalah jenis lain dari sukuk yang sering kali disamakan dengan Sukuk Ritel. Lantas, apa perbedaan Sukuk Ritel dan sukuk tabungan? Berikut penjelasannya:

Karakteristik Imbalan

Karakteristik imbalan pada Sukuk Ritel adalah tetap di mana investor akan memperoleh jumlah yang sama setiap bulannya. Sebaliknya, imbalan pada sukuk tabungan bersifat floating with floor atau mengambang dengan batas minimal.

Tenor Investasi

Pilihan tenor pada Sukuk Ritel dan sukuk tabungan juga berbeda. Sukuk Ritel memberikan penawaran tenor selama 3 tahun atau 5 tahun. Adapun lama tenor pada sukuk tabungan adalah 2 tahun dan 4 tahun.

Potensi Return Rate

Investor Sukuk Ritel berpotensi mendapatkan capital gain saat melakukan penjualan sukuk di pasar sekunder. Berbeda dengan sukuk tabungan di mana pemilik tidak dapat memperoleh capital gain dari penjualannya. 

Fleksibilitas Jual Beli di Pasar Sekunder

Sukuk Ritel memiliki karakteristik yang bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Hal ini tidak berlaku untuk sukuk tabungan yang tidak memiliki sifat "tradable" atau tidak bisa dijualbelikan.

Itulah pembahasan seputar Sukuk Ritel beserta karakteristik, keuntungan, dan cara jual belinya. Pada dasarnya, Sukuk Ritel adalah instrumen investasi yang memungkinkan masyarakat Indonesia turut serta dalam proses pembangunan nasional dan mendapat keuntungan dari hal tersebut. 

Nah, bagi kamu yang masih kepo bagaimana cara mendapatkan keuntungan optimal dari investasi Sukuk Ritel, ikuti kelas “Investasi Bermanfaat untuk Finansial Tetap Kuat” dari Ruang meNYALA. 

Kelas ini akan diselenggarakan secara online pada 14 Maret 2024 pukul 16:00 WIB. Dengan mengikuti kelas ini, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang konsep Sukuk Ritel dan apa yang membuat instrumen ini berbeda dari lainnya. 

Setelah mengikuti kelas, kamu juga bisa mengecek kesehatan finansialmu dengan menggunakan Financial Fitness Check Up dari Ruang meNYALa. Melalui layanan ini kamu bisa memastikan apakah keuanganmu sudah dalam keadaan sehat atau belum.

Dari hasil tersebut, kamu bisa melakukan konsultasi secara 1-on-1 dengan Nyala Trainer untuk mendapatkan rekomendasi dan saran keuangan dari pihak profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cek kesehatan keuangan dan jadwalkan konsultasimu sekarang juga!

Baca juga: Strategi Investasi Saat Suku Bunga Naik, Simak Peluangnya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya