Logo Ruang Menyal
Bg Block

Kelebihan Asuransi Kesehatan Swasta & Bedanya dengan BPJS

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 09 Maret 2023 | 4493 dilihat

Article Detail

Teman-teman, sudahkah kamu mendengar isu bahwa BPJS Kesehatan akan mulai menghapuskan kelas-kelas layanan dalam waktu dekat?

Hal ini tentu menjadi kabar kurang sedap bagi kamu yang merupakan peserta asuransi kesehatan dari BPJS.

Namun, kamu tak perlu khawatir, sebab kamu tetap bisa menikmati benefit asuransi kesehatan sesuai dengan keinginan kamu. 

Supaya kamu tetap mendapatkan fasilitas kesehatan dan layanan yang terbaik, tidak ada salahnya untuk turut mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi kesehatan swasta.

Layanan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan swasta memiliki banyak pilihan, sehingga calon nasabah asuransi dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan. 

Artikel kali ini akan membahas kelebihan asuransi kesehatan swasta. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu Asuransi Kesehatan Swasta?

Asuransi kesehatan swasta adalah perusahaan swasta yang menjamin dan menanggung akibat biaya dari sebuah risiko yang terjadi di bidang kesehatan. 

Dalam polis asuransi terdapat perjanjian mengenai rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan pihak asuransi, serta penyakit apa saja yang termasuk dalam penanganan asuransi tersebut. 

Sehingga, apabila pihak tertanggung sedang dalam kondisi sakit atau membutuhkan perawatan, maka biaya akan ditanggung oleh pihak penanggung sesuai dengan kesepakatan polis yang ada.

Asuransi kesehatan swasta adalah produk dari perusahaan asuransi kesehatan swasta yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, dengan persentase hampir 80%. 

Hal ini disebabkan karena asuransi kesehatan swasta dinilai memiliki pelayanan yang baik, serta memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan dapat dipergunakan di luar negeri.

Kelebihan asuransi kesehatan swasta ini pada akhirnya membuat masyarakat tertarik. 

Sebab, biaya premi yang dibayarkan sepadan dengan layanan yang didapatkan, sesuai yang tertulis di polis asuransi.

Baca juga: Mengenal Asuransi Jiwa, Manfaat, hingga Jenis-Jenisnya

Kelebihan Asuransi Kesehatan Swasta

Kelebihan asuransi kesehatan swasta mungkin tak dimiliki oleh asuransi kesehatan umum. Lantas, apa saja kelebihan asuransi kesehatan swasta itu? Berikut ini pembahasannya!

1. Tidak Memerlukan Surat Rujukan

Salah satu kelebihan asuransi kesehatan swasta adalah tidak memerlukan surat rujukan. Seperti yang kamu tahu, peserta asuransi umum seperti BPJS Kesehatan harus melalui sistem fasilitas kesehatan yang berjenjang. 

Supaya peserta asuransi dapat berobat atau dirawat di faskes tingkat dua, surat rujukan dari faskes tingkat satu harus ada.

Berbeda dengan asuransi kesehatan swasta, peserta bisa langsung mendatangi rumah sakit pilihan yang diinginkan, selama rumah sakit yang dipilih merupakan rumah sakit yang bekerjasama dengan penyedia asuransi.

2. Mudah dalam Mengajukan Klaim Ganda

Kelebihan asuransi kesehatan swasta yang selanjutnya adalah kemudahan dalam mengajukan klaim ganda.

Klaim ganda adalah salah satu keuntungan terbaik yang didapatkan peserta asuransi kesehatan swasta. 

Dengan adanya klaim ganda, peserta asuransi bisa mendapatkan manfaat dari dua asuransi yang berbeda. 

Contohnya jika kamu mempunyai asuransi swasta dan BPJS Kesehatan, perusahaan asuransi kesehatan swasta tetap menerima klaim yang kamu ajukan.

Bahkan, klaim ganda tetap berlaku walaupun hanya menggunakan kuitansi yang dilegalisir. Umumnya, kuitansi asli berguna untuk mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi lain.

3. Pelayanan Lebih Lengkap

Pelayanan yang lebih lengkap menjadi salah satu manfaat asuransi kesehatan swasta. 

Dibandingkan dengan asuransi kesehatan umum, asuransi swasta memberikan pelayanan yang cepat dan lebih lengkap. 

Kelebihan asuransi kesehatan swasta yang satu ini membuat peserta asuransi tidak perlu membuang waktu untuk antri panjang untuk mendapatkan jatah pelayanan fasilitas kesehatan. 

Fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan asuransi kesehatan swasta memberikan beberapa fasilitas tambahan, seperti: ruang tunggu yang nyaman, serta pelayanan terbaik tanpa perlu menunggu lama.

Baca juga: Bingung? Ini Cara Klaim Asuransi Rumah KPR dengan Benar

4. Dapat Dipergunakan di Luar Negeri

Kelebihan asuransi kesehatan swasta yang terakhir adalah dapat dipergunakan di luar negeri.

Saat ini, perusahaan asuransi swasta  telah banyak menjalin kerjasama dengan rumah sakit dari berbagai negara. 

Ketika kamu sedang berada di luar negeri, dan tiba-tiba mengalami kondisi yang membuatmu harus mendapatkan perawatan tertentu, kamu bisa menggunakan asuransi jika menemukan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi kamu.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Swasta dengan BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui kelebihan asuransi kesehatan swasta, kini tiba saatnya kamu mengetahui apa saja perbedaan antara asuransi kesehatan swasta dengan BPJS Kesehatan.

Berikut ini pembahasannya.

1. Faskes Rekanan

Ketika memilih asuransi swasta terbaik, memilih rumah sakit pilihan yang sesuai keinginan dan kebutuhan dapat dilakukan oleh peserta asuransi. 

Umumnya, perusahaan asuransi mempunyai jaringan rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. 

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi peserta asuransi, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang hanya menganjurkan peserta untuk memilih faskes terdekat dari rumahnya. 

Asuransi swasta memberikan kebebasan untuk memilih rumah sakit mana yang ingin dituju. 

Fungsinya agar peserta asuransi mendapatkan kemudahan apabila harus menjalani perawatan dan pengobatan, sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Rencana Keuangan Keluarga, Ini Manfaatnya!

2. Cara Klaim

Asuransi kesehatan swasta terbaik menyediakan dua sistem proses klaim, yakni reimbursement cashless. 

Cashless mampu mempermudah peserta asuransi, karena mereka tidak perlu membayar biaya pengobatan menggunakan uang pribadi, dan perusahaan asuransi akan membayar dengan catatan polis masih aktif.

Sementara itu, reimbursement merupakan proses pembayaran dengan cara mengganti sejumlah biaya yang sudah dikeluarkan selama di rumah sakit. 

Sistem ini memungkinkan kamu untuk membayar terlebih dahulu, kemudian perusahaan akan mengganti seluruh biaya setelah kamu mengajukan klaim.

3. Besaran Premi

Pada umumnya, biaya premi asuransi kesehatan swasta lebih mahal dibandingkan premi BPJS Kesehatan. 

Namun, hal ini tentu saja berkaitan dan sepadan dengan benefit yang akan diterima oleh nasabah asuransi.

Kamu tetap dapat memilih biaya premi asuransi bulanan yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

Dalam sistem BPJS Kesehatan, biaya premi pun dibagi menjadi 3 kelas, yakni:

  • Kelas 1: Rp 150.000 per bulan
  • Kelas 2: Rp 100.000 per bulan
  • Kelas 3: Rp 35.000 per bulan

Fasilitas dan layanan yang dibayarkan oleh nasabah pun juga akan disesuaikan dengan kelasnya.

Baca juga: 14 Manfaat Menabung untuk Jangka Panjang yang Lebih Baik

Contoh Asuransi Kesehatan Swasta di Indonesia

Berikut ini contoh asuransi kesehatan swasta di Indonesia yang bisa jadi referensi kamu.

1. PT Great Eastern Life Indonesia

PT Great Eastern Life Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi swasta rekanan OCBC NISP yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1996.

Perusahaan ini merupakan bagian dari Great Eastern Holdings Limited yang telah mengawali jejaknya di Singapura dan Malaysia pada tahun 1908,

Kini, Great Eastern terhitung telah melayani pemegang polis lebih dari 14.5 juta dengan total nilai aset di atas S$100 Miliar.

Bukan cuma produk asuransi kesehatan, Great Eastern juga menawarkan asuransi penyakit kritis, rencana hari tua dan pendidikan anak, hingga asuransi jiwa sebagai solusi perlindungan keluarga sejak dini.

Cek laman Asuransi OCBC NISP untuk mengetahui selengkapnya mengenai informasi produk, persyaratan, hingga proses pengajuan.

2. PT Sompo Insurance Indonesia

Selain Great Eastern, PT Sompo Insurance Indonesia juga menjadi salah satu rekomendasi perusahaan asuransi kesehatan swasta rekanan OCBC NISP.

Dengan manfaat perlindungan kesehatan hingga USD 3,000,000, Sompo Insurance menawarkan berbagai macam paket perlindungan lengkap yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih lagi, asuransi ini dapat berlaku di seluruh dunia karena memiliki Rumah Sakit rekanan di berbagai negara termasuk Amerika.

Sebagai nasabah, kamu pun akan mendapatkan layanan customer service 24/7 dan permintaan akan ditanggapi dalam 1 hari kerja saja.

Cek Asuransi Kesehatan WorldCare untuk informasi selengkapnya!

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan asuransi kesehatan swasta, perbedaannya dengan BPJS Kesehatan, hingga contoh perusahaan asuransi kesehatan swasta di Indonesia.

Asuransi kesehatan swasta memang bisa membuatmu peduli dengan kondisi kesehatan fisikmu. Tapi, bagaimana dengan kondisi kesehatan finansialmu?

Yuk, jangan malas cek kondisi kesehatan finansial kamu di Financial Fitness Checkup dari Ruang MeNYALA!

Cuma 15 menit aja, setelah itu kamu bisa langsung konsultasi secara 1-on-1 dengan NYALA Trainer yang siap bantu mencapai tujuan finansial kamu!

Baca juga: 3 Langkah Persiapan Keuangan Childfree Ini Perlu Dipahami


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya