Logo Ruang Menyal
Bg Block

3 Langkah Persiapan Keuangan Childfree Ini Perlu Dipahami

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 27 Februari 2023 | 779 dilihat

Article Detail

Childfree adalah istilah untuk menyebut pasangan yang tidak memiliki anak. Ada beragam hal yang perlu disiapkan jika kamu dan pasangan memilih untuk childfree, salah satunya adalah kondisi keuangan. Lantas, bagaimana langkah persiapan keuangan childfree yang bijak?

Yap, meskipun berencana tidak memiliki anak, persiapan keuangan childfree ini tak bisa asal.

Kamu tetap harus membaginya ke dalam pos keuangan rumah tangga tertentu, seperti simpanan untuk pensiun serta dana kesehatan.

Ingin tahu bagaimana tips dan trik persiapan keuangan childfree bagi pasangan muda selengkapnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Childfree?

Sebelum mengenal langkah persiapan keuangan childfree lebih lanjut, ada baiknya kamu memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Beberapa waktu belakangan, fenomena childfree memang sedang hangat diperbincangkan oleh anak muda.

Fenomena ini dipicu oleh influencer di media sosial yang mengumumkan kalau ia telah memilih untuk menerapkan childfree bersama pasangannya.

Jadi, childfree artinya adalah keputusan yang diambil oleh pasangan untuk tidak memiliki anak dalam kehidupan pernikahannya.

Ada beragam hal yang turut dipertimbangkan oleh setiap pasangan sebelum memutuskan childfree, seperti faktor keuangan, kesehatan, hingga latar belakang keluarga. 

Meski menimbulkan banyak pro dan kontra, childfree adalah keputusan yang bersifat personal.

Karena itu, apapun pilihannya, kamu dan pasangan harus sudah dalam keadaan siap dengan segala kemungkinan yang ada.

Baca juga: 4 Cara Menghadapi Keluarga yang Suka Minta Uang, Ini Tipsnya 

Langkah Persiapan Keuangan Childfree yang Perlu Diperhatikan

Tanggungan finansial ketika kamu dan pasangan memilih untuk childfree memang cenderung lebih sedikit.

Namun, hal tersebut jangan serta-merta membuatmu lupa akan persiapan finansial untuk masa depan, ya!

Yap, ada sejumlah langkah persiapan keuangan childfree yang penting untuk diperhatikan oleh pasangan muda. Apa saja itu? Yuk, simak langkah persiapannya di bawah ini!

1. Tabungan Hari Tua

Hal pertama yang termasuk ke dalam persiapan keuangan childfree adalah tabungan hari tua.

Memilih untuk childfree akan membuat kamu tidak memiliki seseorang yang bisa diandalkan ketika masa tua belum dipersiapkan secara matang.

Karena itu, penting untuk mempersiapkan tabungan hari tua sebaik mungkin agar kebutuhanmu tetap tercukupi di masa tua nanti.

Jadi, pastikan agar selalu mengalokasikan sebagian gaji kamu untuk tabungan hari tua, ya!

2. Persiapkan Dana Kesehatan

Merencanakan dana kesehatan adalah salah satu standar persiapan keuangan childfree agar kamu lebih siap menghadapi risiko penyakit di masa mendatang.

Dana kesehatan ini tentu akan sangat membantu ketika kamu memerlukan biaya besar untuk melakukan pengobatan penyakit tertentu.

Kamu bisa menyiapkan hal ini melalui dana darurat atau asuransi kesehatan. Apapun pilihanmu, siapkan dana kesehatan sematang mungkin, ya.

3. Asuransi Jiwa untuk Pasangan

Last but not least, persiapan keuangan childfree berikutnya adalah menyiapkan asuransi jiwa untuk pasangan.

Childfree akan membuatmu cenderung lebih mengandalkan pasangan untuk menemani kehidupan sehari-hari.

Karena itu, asuransi jiwa untuk pasangan perlu disiapkan untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Jika pasangan meninggal dunia, asuransi jiwa ini akan menjadi pegangan untuk kamu dalam menjalani hidup selanjutnya.

Baca juga: 5 Tips Pembagian Uang Suami Setelah Menikah, Begini Caranya

Bagaimana Persiapan Keuangan jika Ingin Memiliki Anak?

Setelah memahami langkah persiapan keuangan childfree, kamu mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana dengan perencanaan finansial jika ingin memiliki anak?

Tidak berbeda jauh dengan childfree, kamu dan pasangan tetap harus menyiapkan pos-pos keuangan rumah tangga tertentu jika berencana memiliki anak, seperti:

  • Biaya persalinan anak. Perhatikan biaya yang diperlukan sejak masa kehamilan, proses persalinan, hingga kebutuhan lain pasca-persalinan. 
  • Biaya pendidikan anak. Merencanakan biaya pendidikan anak merupakan investasi yang perlu diperhatikan agar kamu dapat membangun keluarga yang sukses dan tetap sehat secara finansial.
  • Dana kesehatan. Siapkan asuransi kesehatan untuk diri sendiri, pasangan, dan anak guna mempersiapkan kemungkinan munculnya risiko penyakit pada keluarga di masa mendatang.
  • Dana pensiun. Kamu perlu menyiapkan dana pensiun agar di masa tua nanti keluarga tetap memiliki hubungan harmonis tanpa terganggu oleh masalah keuangan. Selain itu, dana pensiun ini juga dapat memutus rantai generasi sandwich untuk keturunanmu kelak.

Setiap pos keuangan tersebut tentu perlu direncanakan dengan matang untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi selama kamu dan pasangan membesarkan anak dan membangun keluarga.

Itulah beberapa langkah persiapan keuangan childfree yang penting untuk diperhatikan oleh pasangan muda.

Apapun keputusanmu dan pasangan dalam menjalankan rumah tangga, faktor keuangan tentu menjadi hal mutlak yang perlu direncanakan sebaik mungkin.

Nah, supaya lebih aware soal kondisi keuangan rumah tangga, kamu bisa mengajak pasangan untuk check-up kesehatan finansial bersama di Financial Fitness Ruang meNYALA!

Nggak usah ragu, di Financial Fitness Ruang Menyala, kamu bisa berkonsultasi secara langsung dengan Nyala Coach dan Trainer yang sudah ahli di bidangnya.

So, yuk, cek kondisi finansialmu dan pasangan melalui Financial Fitness Checkup dan Financial Fitness Gym sekarang juga!
Baca juga: 10 Cara Mempersiapkan Tabungan Pernikahan, Simak Tipsnya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya