Logo Ruang Menyal
Bg Block

Sektor Investasi Potensial 2024, Simak Mana yang Paling Cuan!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 06 Desember 2023 | 919 dilihat

Article Detail

Menjelang tahun baru, evaluasi instrumen investasi beserta riset sektor investasi potensial 2024 sering menjadi hal yang dinantikan oleh para investor. Pasalnya, tidak jarang akan muncul perubahan aturan maupun suku bunga ketika pergantian tahun.

Secara garis besar, analis mengungkapkan bahwa iklim investasi di tahun 2024 masih relatif baik dengan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang fluktuatif. Nah, bagi kamu yang ingin mengulik sektor investasi yang paling diminati di tahun 2024, simak artikelnya sampai habis, ya!

Peluang Investasi di Tahun 2024

Berbicara tentang sektor investasi potensial 2024 di Indonesia tidak lepas dari topik yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat, yaitu pelaksanaan Pemilu 2024. Lantas, apa dampak pelaksanaan Pemilu terhadap peluang investasi saham dan IHSG?

Ditinjau dari sisi historis, beberapa bulan sebelum pemilu dan selama prosesnya, pasar saham dalam negeri biasanya menunjukkan kinerja yang positif. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 membuka peluang untuk kenaikan performa pasar modal dalam negeri. 

Salah satu alasan dari fenomena tersebut adalah meningkatnya daya beli masyarakat dan anggaran pemerintah. Selain itu, kesuksesan Pemilu juga mendorong investasi asing ke pasar saham dan sektor riil (Foreign Direct Investment).

Sejumlah analis memproyeksikan IHSG akan menyentuh angka Rp7.700 sampai Rp8.100 di tengah tahun politik dan ekonomi global yang cenderung belum stabil. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti potensi pelonggaran kebijakan moneter bank sentral global dengan The Fed yang menurunkan suku bunga acuannya. 

Sejalan dengan hal tersebut, inflasi juga dinilai akan lebih terkendali dan membuka peluang turunnya suku bunga oleh BI. Berdasarkan kondisi tersebut, analis mengungkapkan bahwa tahun 2024 membuka iklim investasi positif untuk pasar saham, emas, dan pasar obligasi

Baca juga: Apa itu Bursa Efek? Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Sektor Invetasi Potensial 2024

Menanggapi kondisi tahun politik dan ekonomi global, terdapat beberapa sektor investasi potensial 2024 yang biasanya akan lebih diuntungkan daripada lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Sektor FMCG (Fast Moving Consumer Goods)

Sektor investasi potensial 2024 yang pertama adalah Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang merupakan produsen dan distributor kebutuhan sehari-hari, seperti minuman, makanan, kosmetik, rokok, dan lainnya. 

Terdapat beberapa alasan yang membuat sektor FMCG paling diuntungkan daripada sektor lainnya, yaitu:

  • Daya beli masyarakat akan meningkat di tahun Pemilu, terutama untuk segmen menengah ke bawah dengan adanya anggaran besar untuk pelaksanaan Pemilu, seperti logistik, kampanye, dan honorarium petugas. 
  • Pelaksanaan Pemilu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan sosial, seperti diskusi, debat, dan survei di mana kegiatan tersebut membutuhkan produk FMCG, terutama makanan dan minuman.
  • Produk-produk FMCG sering menjadi bahan untuk menarik simpati masyarakat dalam proses kampanye untuk Pemilu. Biasanya, partai politik akan membagikan bantuan sosial atau sembako yang merupakan produk FMCG.

Sektor Telekomunikasi

Telekomunikasi menjadi sektor investasi potensial 2024 berikutnya menanggapi kondisi tahun politik di tengah maraknya penggunaan media sosial. Pada momen ini, internet menjadi media yang dinilai efektif untuk pelaksanaan kampanye politik. 

Hal itu pula yang membuka potensi naiknya nilai saham sektor telekomunikasi seiring dengan peningkatan pemakaian selama tahun politik.

Sektor Media

Selain telekomunikasi, emiten media sering dikaitkan sebagai sektor investasi potensial 2024 yang diunggulkan sejumlah investor. Pasalnya, peran media sangat dibutuhkan dan penting untuk penyebaran informasi, terutama di tahun politik. 

Media menjadi saran komunikasi bagi partai politik dan anggotanya untuk menciptakan branding dan membangun citra publik sebagai calon pemimpin. Hal tersebut mendorong peningkatan pendapatan iklan yang cukup signifikan dibandingkan musim lainnya. 

Sektor Infrastruktur dan Konstruksi

Peluang investasi di bidang infrastruktur dan konstruksi juga dinilai positif di tahun 2024. Pasalnya, sektor ini mempunyai alokasi belanja yang cukup tinggi jika dibandingkan sektor investasi potensial 2024 lainnya. Oleh karena itu, emiten di sektor ini juga akan bergerak naik.

Sektor Perbankan (Keuangan)

Tingginya suku bunga acuan saat ini dapat memberikan keuntungan marjin yang lebih tinggi bagi sektor perbankan. Tahun politik sering kali memicu peningkatan permintaan kredit karena Pemilu cenderung menciptakan optimisme di sektor usaha dan perekonomian secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, perbankan menjadi salah satu sektor investasi potensial 2024 yang patut dipilih. Momen tahun politik juga menjadi momentum penting bagi sektor jasa keuangan seperti perbankan untuk meningkatkan kinerjanya, khususnya dalam hal penyaluran kredit yang dapat menjadi lebih dinamis dan meluas.

Sektor Properti

Tahun politik juga biasanya berpengaruh pada kebijakan properti komersial dan perumahan di mana perusahaan akan mendapatkan manfaat dari perubahan tersebut. Oleh karena itu, properti menjadi sektor investasi potensial 2024 dengan adanya potensi berakhirnya siklus kenaikan suku bunga dan rotasi sektor.

Baca juga: Cara Membaca Analisis Fundamental Saham Bagi Investor Pemula

Strategi Investasi di Tahun Pemilu 2024

Secara historis, IHSG mencatat adanya pertumbuhan positif selama pelaksanaan tiga Pemilu terakhir, pada tahun 2009, 2014, dan 2019. Meski demikian, investor tetap harus siaga dalam memperhatikan pergerakan pasar saham. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

Diversifikasi Portofolio

Strategi ini mengurangi risiko dengan menyebarkan investasi ke berbagai instrumen keuangan seperti saham, obligasi, properti, dan aset lainnya. Dengan demikian, ketika salah satu sektor mengalami penurunan nilai, potensi kerugian dapat dikurangi oleh kinerja positif dari sektor lainnya. 

Oleh karena itu, diversikasi portofolio sangat dianjurkan untuk melindungi investasi dari fluktuasi yang mungkin terjadi selama tahun politik.

Mempertimbangkan Investasi Jangka Panjang

Fokus pada investasi jangka panjang memungkinkan investor untuk tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan harga saham yang bersifat sementara selama periode pemilu. 

Dengan memiliki tujuan jangka panjang, investor dapat lebih tenang dalam menghadapi volatilitas pasar karena investasi tidak sepenuhnya terpengaruh oleh perubahan jangka pendek.

Memanfaatkan Volatilitas

Volatilitas pasar selama tahun politik dapat menjadi peluang bagi investor yang mampu memanfaatkan kesempatan. Saat harga saham turun tajam karena ketidakpastian politik, investor dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membeli saham dengan harga yang lebih rendah. 

Selain itu, saat pasar naik tajam karena optimisme politik, beberapa investor mungkin memilih untuk melakukan penjualan dengan harga yang menguntungkan.

Melakukan Riset Mendalam

Riset menyeluruh tentang sektor investasi potensial 2024 adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini termasuk mengamati rencana kebijakan pemerintah terkait sektor tertentu, mempelajari dampak kebijakan politik terhadap pasar, serta memantau sentimen investor. 

Informasi ini membantu dalam membuat keputusan investasi yang lebih terarah dan cerdas selama periode politik yang penuh ketidakpastian.

Itulah informasi tentang sektor investasi potensial 2024 beserta strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi tahun politik dan ketidakpastiannya. Hal yang terpenting adalah senantiasa bersikap bijak dalam mengambil keputusan investasi.

Nah, kamu juga bisa mengikuti kelas meNYALA Stock Outlook 2024untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan bermanfaat untuk peluang investasi di tahun 2024 bersama ahlinya. 

Kelas ini akan dilaksanakan secara online pada tanggal 7 Desember 2023 pukul 19.00 WIB. Di sini kamu mendapatkan informasi evaluasi tren pasar tahun ini dan memproyeksikan peluang investasi di tahun 2024 agar tetap cuan.

Selain mengikuti kelas, kamu juga bisa mengecek kesehatan keuanganmu dalam satu tahun melalui Financial Fitness Check Up secara gratis bersama Ruang meNYALA. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkonsultasi secara 1-on-1 bersama Nyala trainer untuk mencapai tujuan keuangan secara efektif. Yuk, segera jadwalkan konsultasimu agar  #FinanciallyFit sekarang juga!

Baca juga: Strategi Investasi Saat Suku Bunga Naik, Simak Peluangnya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya