Bg Block

Rekomendasi Peluang usaha rumahan dengan modal kecil

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Oktober 2021 | 14 dilihat

Article Detail

Berbisnis kini kian menjadi tren yang makin tinggi peminatnya. Tidak harus membuka toko, kamu bisa mencoba peluang usaha rumahan modal kecil sebagai langkah awal memulai bisnis. Ingin tau apa saja peluang bisnis rumahan yang bisa kamu coba? Intip rekomendasinya berikut ini!

11 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil 

Usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga merupakan ide bisnis sampingan berpenghasilan menarik untuk para ibu-ibu yang ingin menambah uang belanja atau ingin tetap berkarir tanpa mengesampingkan kegiatan keseharian di rumah. Kalau kamu tertarik, coba simak beberapa inspirasinya di sini ya

1. Dropship

Dropship adalah bisnis bermodal minim dengan cara menjajakan produk kepada pihak lain atau pembeli. Hanya saja proses penyetokan, penjualan, dan pengiriman produknya dilakukan secara manual. Jadi penting sekali untuk selalu memperhatikan setiap produk yang akan dijual hingga pemilihan supplier yang terpercaya. Contoh usaha rumahan modal kecil dari dropship yaitu kosmetik, skin care, sembako, dan perlengkapan rumah tangga.

2. Afiliasi

Tengah populer akhir-akhir ini, afiliasi adalah salah satu teknik marketing dengan mendaftar ke perusahaan atau lembaga yang sedang membuka peluang usaha untuk memasarkan kembali produknya. Keuntungan afiliasi yang kompetitif membuatnya dapat dikatakan sebagai salah satu usaha rumahan modal kecil untung besar.

 

Terdapat 2 jenis affiliasi diantaranya yaitu affiliate marketers yang umumnya hanya memerlukan laptop dan koneksi internet serta affiliate merchant dengan perjanjian keuntungan dari komisi penjualan.

3. Aksesoris

Sudah jadi rahasia umum, aksesoris merupakan perlengkapan pendukung penampilan agar lebih menarik, baik untuk pria maupun wanita. Nah hal tersebut juga bisa kamu lirik sebagai salah satu peluang usaha rumahan modal kecil untung besar. 

 

Contoh usaha modal kecil dari aksesoris adalah scrunchie handmade, jedai, jepit rambut mutiara ala Korea, bando, bandana, ikat rambut dengan karakter lucu, dan lain sebagainya. Bisnis aksesoris sendiri dinilai punya lebih banyak peminat karena bentuknya yang tidak pasaran serta harganya relatif murah.

4. Jual kerudung

Siapa sangka, jual kerudung juga bisa menjadi peluang usaha modal kecil lho! Jika tertarik, kamu bisa mulai bekerja sama dengan pihak konveksi lalu membuat desain kerudung hingga mencetak merek sendiri. Ide usaha rumahan modal kecil ini cocok untuk ibu rumah tangga ataupun pegawai yang ingin punya bisnis sampingan.

5. Makanan ringan

Usaha makanan ringan termasuk bisnis yang memiliki banyak peminat. Misalnya saja kripik singkong, seblak, baso aci, pempek, basreng, dan lain sebagainya. Usaha modal kecil berikut  mampu meraup omzet fantastis setiap bulannya bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

6. Snack import

Sesuai namanya, snack import adalah makanan ringan yang di produksi di luar negri. Biasanya, untuk mendapatkan produk tersebut kamu harus berkunjung langsung ke negara produsen atau perusahaan dalam negeri yang sudah bekerja sama. Nah dari sini, kamu bisa mengambil peluang sebagai jastip atau jasa titip.

 

Snack import umumnya diminati masyarakat karena berawal dari rasa penasaran berkat tayangan iklan di film atau drama luar negri. Apalagi di zaman sekarang ini, semakin banyak pemasaran di media sosial yang turut menjadi salah satu pendukungnya.

 

Contoh usaha rumahan modal kecil snack import ini yaitu selai coklat bermerek luar negeri, banana milk, mie ramen atau ramyeon, yoghurt, biskuit stick, dan lain sebagainya. 

7. ATK

ATK atau alat tulis kantor juga merupakan salah satu peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu kembangkan secara mudah. Apalagi dengan target pasaran anak sekolah hingga perkantoran, bisnis ATK menjadi usaha yang tak habis termakan zaman. Pasalnya, ATK adalah kebutuhan utama penunjang bagi siswa untuk belajar.

8. Peralatan rumah tangga unik

Jarang terpikirkan, bisnis peralatan rumah tangga unik merupakan ide usaha rumahan modal kecil yang cemerlang. Mulai dari jar atau wadah bumbu unik, rak minuman untuk kulkas, hanger yang bisa menggantung banyak pakaian namun hemat tempat, storage sepatu, tempat sabun cuci piring modern, hingga tudung saji susun 4. Selain bermanfaat, aneka peralatan rumah tangga ini juga punya tampilan elok untuk pajangan rumah. 

9. Kerajinan tangan resin

Sesuai namanya, kerajinan tangan resin ini memang dibuat menggunakan bahan kimia atau senyawa alami. Bila diperhatikan, hasta karya dari resin ini sering kali mampir di beranda instagram atau tiktok sehingga cocok dilirik sebagai ide usaha yang kreatif, unik, dan simple. 

 

Meski membutuhkan banyak ketelatenan dan kesabaran, bahan dan alat yang diperlukan ternyata mudah dicari. Misalnya saja epoxy, cetakan silikon, wadah, sendok, gelas ukur, pinset, dan bahan hiasan. Beberapa contoh usaha rumah kecil kerajinan tangan resin yaitu kalung bunga, anting-anting, gelang glitter, tatakan gelas hingga piring, dan hiasan pajangan rumah. 

10. Minuman bubuk instan

Disadari atau tidak, minuman bubuk instan merupakan usaha rumahan yang sedang hits saat ini. Berbekal aneka bahan yang mudah dicari, ternyata kamu bisa coba mix and match campuran tersebut menjadi cita rasa unik untuk segala kalangan usia. Contoh bisnis minuman bubuk instan ini adalah milkshake, es kepal rasa, dan masih banyak lagi.

11. Pulsa, kuota dan e-wallet

Sepertinya bukan rahasia umum lagi jika bisnis isi ulang pulsa dan kuota memang sudah diminati sejak lama dan tidak kalah saing dengan jenis usaha lain. Apalagi mengingat hal tersebut merupakan kebutuhan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya saja kuota yang sudah menjadi komponen utama koneksi internet untuk pendukung segala macam aktivitas.

 

Selain pulsa, kuota, dan e-walet, saat ini kebutuhan wifi serta jasa pembayaran air juga menjadi salah satu usaha rumahan modal kecil untung besar untuk kamu coba. Sama halnya dengan pulsa atau kuota, sistem transaksi dan pembayarannya pun mudah dan aman.

 

Seperti yang telah kita ketahui, peluang usaha rumahan modal kecil untung besar saat ini adalah dengan berbisnis online. Dari sekian banyak rekomendasi di atas, ketekunan tetap menjadi kuncinya. Seberapa besar kegigihan kamu untuk menjalani usaha tersebut akan berdampak pada hasil yang kamu nikmati nantinya.


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya