Logo Ruang Menyal
Bg Block

Mengenal Kartu Sultan, Ini Pemilik Black Card di Indonesia

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 15 April 2024 | 50123 dilihat

Article Detail

Tidak bisa dimiliki oleh semua orang, black card adalah kartu eksklusif terbitan American Express yang diberikan kepada orang-orang tertentu. Selain berfungsi sebagai media pembayaran, pemilik black card di Indonesia bisa mengakses fasilitas-fasilitas premium serta menutup toko saat berbelanja di dalamnya. Penasaran? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa itu black card?

Apakah Anda sudah tahu apa itu black card? Black card adalah kartu kredit yang hanya diterbitkan oleh American Express Bank dan American Express Centurion Bank. Meskipun disebut dengan kartu kredit, tetapi black card tidak dapat dimiliki sembarang orang.

Cara mendapatkan black card pun tidak mudah, pihak bank melakukan seleksi terhadap nasabahnya yang bukan hanya kaya, tetapi juga super kaya dan termasuk ke dalam catatan VIP or VVIP mereka. Dapat dikatakan bahwa black card bisa menunjukkan status sosial seseorang.

Pemilik black card di Indonesia bisa mendapatkan kartu tersebut dengan melakukan transaksi keuangan senilai USD 250.000 menggunakan kartu Amex Gold atau minimal Platinum.

Selain pembayaran penuh tiap bulan, pemilik black card adalah mereka yang sanggup membayar biaya keanggotaan sebesar USD 5.000 atau hampir setara dengan Rp66 juta. Namun, hal ini sebanding dengan fitur pada black card berupa transaksi tanpa batas.

Fungsi black card

Lalu apa saja fungsi black card bagi pemegangnya? Selain sebagai alat pembayaran, black card adalah free pass untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas premium baik di anak usaha American Express maupun tempat lain. Fungsi black card ini tentu sesuai dengan besarnya biaya bulanan serta rumitnya cara mendapatkan black card yang akan kita bahas selanjutnya.

Baca juga: 12 Ide Usaha Sampingan Karyawan, Untung Meski Minim Modal!

Cara mendapatkan black card

Pemilik black card di Indonesia mendapatkan black cardnya dengan cara sebagai berikut.

1. Terdaftar di bank American Express

Karena dikeluarkan oleh American Express, tentu langkah pertama guna masuk ke dalam daftar pemilik black card di Indonesia adalah dengan cara menjadi nasabahnya terlebih dulu. Saat mendaftar, Anda mungkin akan diberi beberapa syarat dan ketentuan bank pada umumnya. Namun untuk memiliki black card adalah perkara lain lagi.

2. Memiliki kartu kredit dan aktif menggunakannya dalam waktu satu tahun

Bukan hanya wajib terdaftar sebagai pemegang kartu kredit American Express, tetapi kartu kredit Anda juga harus memiliki track record yang baik dan aktif menggunakannya dalam waktu satu tahun.

3. Melakukan transaksi hingga mencapai pengeluaran USD250.000 atau setara dengan Rp3.6 miliar per tahun

Syarat yang satu ini mungkin akan membuat beberapa orang mundur teratur guna mencapai ambisi untuk masuk dalam daftar pemilik black card di Indonesia. Pasalnya, Anda wajib melakukan pengeluaran minimal Rp3.6 miliar per tahunnya. Wow, apakah Anda masih tertarik memiliki black card?

Keuntungan memiliki black card

Nah, setelah membahas mengenai apa itu black card dan bagaimana cara mendapatkannya, berikut adalah keuntungan memiliki black card yang penting untuk Anda ketahui.

1. Menjadi tamu VIP di toko

Kesusahan berbelanja di toko yang ramai pengunjung? Jika Anda masuk dalam daftar pemilik black card di Indonesia, Anda memiliki hak untuk menutup toko ketika sedang berbelanja. Apakah menurut Anda fasilitas ini sebanding dengan sulitnya cara mendapatkan black card?

2. Penyewaan fasilitas mewah

Selain menjadi tamu VIP toko, keuntungan bila Anda adalah salah satu pemilik black card di Indonesia yakni Anda bisa menyewa fasilitas elit seperti mobil elit sekelas Aviz, Bentleys, Lamborghini, serta Hertz. Penyewaan mobil mewah ini tentunya disertai dengan asuransi dan bantuan pinggir jalan.

3. Menjadi tamu dalam acara brand terkenal

Menjadi pemilik black card artinya juga menikmati kesempatan untuk diundang dalam acara brand dunia terkenal seperti Victoria’s Secret.

4. Mendapatkan kamar VIP di kapal pesiar

Nah, pemilik black card tidak akan repot-repot mendaftarkan diri guna menikmati kamar VIP saat berada di kapal pesiar. Sebab mereka akan menjadi tamu prioritas untuk mendapatkan kamar mewah tersebut.

5. Mengakses centurion lounge

Centurion lounge adalah tempat mewah di seluruh bandara sekaligus yang terbaik di kelasnya. Nah, pemilik black card di Indonesia dapat menikmati akses ini dengan mudah menggunakan kartu kredit miliknya.

6. Pelayanan eksklusif pada berbagai event

Jika keuntungan-keuntungan di atas tidak berhasil membuat Anda tertarik untuk menjadi salah satu dari daftar pemilik black card di Indonesia, mungkin yang ini bisa. Anda dapat diistimewakan pada berbagai event dengan pelayanan eksklusif dengan menunjukkan black card milik Anda.

Daftar pemilik black card di Indonesia

Nah, kira-kira, siapa saja ya yang ada dalam daftar pemilik black card di Indonesia dan mempergunakan fungsi black card guna mendapatkan layanan-layanan eksklusif?

Mengingat black card adalah kartu kredit yang butuh syarat nominal transaksi tertentu, tak heran bila hanya ada segelintir orang saja yang memilikinya.

Salah satu pemilik black card di Indonesia yang paling terkenal adalah Nagita Slavina. Dikenal sebagai istri Raffi Ahmad, ternyata Nagita Slavina adalah anak dari pemilik salah satu rumah produksi sinetron di Indonesia juga pemilik bisnis properti.

Daftar pemilik black card lainnya

Selain Nagita Slavina, beberapa artis dan musisi asal Korea Selatan yang diketahui memiliki black card adalah G-Dragon. Dikenal dengan penampilannya pada boyband Bigbang, G-Dragon adalah penulis lagu serta solois yang sangat populer.

Selain G-Dragon, Suho, leader dari Exo, juga diketahui memiliki black card. Kesuksesan Exo membuatnya memiliki black card dengan mudah. Selain itu, Jungkook dari BTS juga menambah panjang deretan artis Korea Selatan yang memiliki black card.

Walaupun mendatangkan keuntungan seperti kemudahan berbelanja serta pelayanan VIP, tetapi pemilik black card di Indonesia harus membayar biaya bulanan senilai 250.000 dolar AS. Apakah menurut Anda fasilitas tersebut sebanding dengan besarnya biaya bulanan?

Baca juga: 7 Passive Income Sederhana : Pengertian dan Cara Mendapatkannya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya