Logo Ruang Menyal
Bg Block

8 Macam Cashless (Alat Pembayaran Nontunai) & Keuntungannya!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 30 November 2023 | 777 dilihat

Article Detail

Di tengah era digital saat ini, ada macam-macam cashless atau alat pembayaran nontunai yang semakin menjadi pilihan utama untuk melakukan transaksi keuangan. Metode cashless memang memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan pembayaran tunai, seperti transaksi yang cepat, mudah, dan fleksibel.

Selain itu, metode pembayaran cashless sekarang tidak hanya mencakup bentuk fisik seperti penggunaan kartu debit, tetapi juga dapat diakses melalui internet, misalnya e-Wallet. Supaya lebih paham, yuk cari tahu apa saja macam-macam cashless beserta keuntungannya di bawah ini!

Apa itu Cashless?

Metode pembayaran cashless adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Dengan kata lain, jika melakukan pembayaran cashless, kamu tidak perlu repot mengeluarkan sejumlah uang tunai sehingga transaksi pun dapat berjalan lebih cepat dan efisien.

Macam-Macam Cashless

Dengan bantuan teknologi yang canggih, transaksi cashless dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti kertas, perangkat elektronik, aplikasi mobile, dan kartu. Selengkapnya, macam-macam cashless terdiri dari:

1. e-Money

e-Money atau uang elektronik adalah salah satu dari macam-macam cashless yang cukup populer belakangan ini. Jenis alat pembayaran nontunai ini bisa digunakan dalam bentuk kartu, yang mana saldonya harus diisi terlebih dahulu. Biasanya, e-Money digunakan untuk keperluan transaksi, seperti biaya parkir, tiket transportasi umum, dan pembayaran tol.

2. Kartu Debit & Kredit

Alat pembayaran nontunai berbasis kartu lainnya adalah kartu debit dan kredit. Kedua jenis kartu ini sama-sama diterbitkan oleh bank, namun memiliki manfaat dan cara kerja yang berbeda.

Kartu debit digunakan untuk mengakses dana yang sudah ada di rekening bank. Sementara itu, kartu kredit memungkinkan kamu untuk meminjam uang (utang) dari bank dengan batasan tertentu. Nantinya, kamu harus membayar tagihan kartu kredit sesuai tenggat waktu.

Adapun contoh dari kartu debit dan kredit yang memiliki fitur dan penawaran menarik adalah Nyala Global Debit dan Nyala Kartu Kredit. Sebab, kedua jenis kartu ini dapat dipakai untuk melakukan transaksi secara global. Jadi, tentunya akan mempermudah kamu selama liburan di luar negeri. Menarik, bukan? 

3. Virtual Account

Macam-macam cashless selanjutnya adalah Virtual Account (VA), di mana kamu akan melakukan transaksi dari bank berdasarkan perpaduan angka yang unik. Kode unik pada setiap VA dapat membantu meminimalkan risiko kesalahan transaksi, terutama dari sisi nominal yang dicantumkan.

 

Baca juga: Pengertian Instrumen Keuangan dan Jenisnya di Indonesia

4. Cek & Bilyet Giro

Macam-macam cashless berbasis kertas adalah cek dan bilyet giro, yang melibatkan catatan elektronik atau pernyataan tertulis untuk memasukkan jumlah nominal transaksi. Perbedaan utama antara kedua jenis cashless ini dapat dilihat dari pihak penerbit dan cara pencairannya.

Cek akan dikeluarkan oleh individu atau perusahaan kepada penerima. Lalu, penerima bisa mencairkan nominal uang yang tertera di cek secara tunai melalui bank. Di sisi lain, bilyet giro hanya bisa dilakukan melalui transfer dana antar rekening bank.

5. e-Wallet

Salah satu jenis alat pembayaran nontunai adalah e-Wallet atau dompet digital. e-Wallet bisa diakses melalui ponsel di mana dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet. Pembayaran dengan e-Wallet dinilai lebih praktis, sehingga orang-orang tidak perlu lagi membawa sejumlah uang tunai dan kartu di dompetnya.

6. QRIS

Pada 17 Agustus 2019, Bank Indonesia (BI) meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS). QRIS termasuk satu dari macam-macam cashless yang cukup populer karena transaksi bisa dilakukan hanya dengan memindai satu kode yang terintegrasi dengan segala aplikasi pembayaran.

7. Nota Debit & Kredit

Nota debit dan kredit juga termasuk macam-macam cashless yang berbasis kertas. Nota debit adalah surat yang diterbitkan untuk menagih nasabah bank melalui sistem kliring. Sebaliknya, nota kredit adalah surat yang diterbitkan untuk mengirimkan atau memindahkan dana kepada nasabah bank.

8. Internet & Mobile Banking

Terakhir, internet banking dan mobile banking juga termasuk macam-macam cashless yang bisa diakses melalui koneksi internet. Kedua jenis pembayaran cashless ini memiliki fitur yang hampir sama.

Perbedaan utamanya terletak di cara aksesnya. Internet banking diakses melalui browser secara langsung, sedangkan mobile banking atau sering disingkat sebagai m-banking hanya dapat diakses melalui sebuah aplikasi yang perlu diunduh terlebih dahulu dari smartphone

Baca juga: Kartu Kredit vs Pinjaman Online, Lebih Baik yang Mana?

Keuntungan & Kekurangan Metode Pembayaran Cashless

Mengetahui apa saja macam-macam cashless tidak akan cukup untuk mengoptimalkan pemahamanmu terkait keuangan. Kamu juga harus tahu beberapa keuntungan dan kerugian dari metode pembayaran nontunai ini, di antaranya yaitu:

1. Keuntungan Metode Pembayaran Cashless

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa keuntungan utama dari alat pembayaran nontunai adalah kemudahan dan efisiensi transaksi keuangan sehari-hari. Lebih jelasnya, berikut adalah keuntungan dari pembayaran cashless:

  • Bisa melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja sehingga lebih fleksibel.
  • Bisa melakukan transaksi untuk nominal yang besar dengan cepat.
  • Dilengkapi sistem keamanan berbasis teknologi canggih.
  • Terdapat berbagai macam fitur tambahan untuk menjadikan transaksi lebih mudah dan praktis.
  • Memudahkan evaluasi keuangan, sehingga pengeluaran bisa lebih terkontrol.
  • Tersedia berbagai macam diskon, promo, dan reward untuk menghemat uang.

2. Kekurangan Metode Pembayaran Cashless

Sebetulnya, ada beberapa kerugian dari metode cashless yang harus diperhatikan. Namun, perlu diingat, kerugian tersebut bisa dicegah, asalkan kamu bisa menggunakan pembayaran cashless secara bijak. Kerugian tersebut di antaranya yaitu:

  • Secara tidak langsung dapat mendorong seseorang menjadi lebih boros karena tergiur promo yang tersedia.
  • Rentan terkena cyber crime apabila tidak memasang keamanan ganda.
  • Transaksi bisa terhambat jika ada gangguan teknis atau pemadaman listrik.
  • Setiap transaksi memiliki batasan pengeluaran dalam nominal tertentu, tergantung kebijakan penyedia layanan.
  • Beberapa transaksi bisa dikenakan biaya administrasi.

Tips Keuangan untuk Metode Pembayaran Cashless

Pada dasarnya, metode pembayaran cashless dapat membuat transaksi keuangan menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, ada juga beberapa tips keuangan yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan keuntungan pembayaran cashless, yaitu:

1. Membuat Anggaran Keuangan dengan Cermat

Kemudahan pembayaran cashless dapat mendorong tumbuhnya sifat konsumtif jika kamu tidak menyesuaikan batas pengeluaran dengan pendapatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat anggaran keuangan dengan cermat supaya bisa membatasi pengeluaran dari pembayaran cashless sehari-harinya.

2. Menghemat Uang dengan Promo

Salah satu keuntungan menggunakan macam-macam cashless adalah terdapat banyak promo yang menarik. Jadi, sebelum belanja, kamu bisa cek dulu apa saja promo yang sedang ditawarkan di aplikasi atau situs web pembayaran supaya bisa menghemat pengeluaran. 

 

Contohnya, kalau kamu menggunakan OCBC Mobile, kamu juga bisa bertransaksi sambil menambah poin seru. Di mana, semakin banyak transaksi yang kamu lakukan menggunakan OCBC Mobile, maka semakin banyak pula Poinseru yang bisa kamu peroleh. Nantinya, Poinseru tersebut bisa kamu tukar dengan hadiah menarik, lho. Nggak percaya? Cobain yuk sekarang!

3. Membuka Tabungan Online

Selain pembayaran, ada juga macam-macam cashless yang bisa digunakan untuk menyimpan dana secara online, seperti e-Wallet dan mobile banking. Dengan begitu, selain memudahkan transaksi, kamu juga bisa mengelola keuangan dan mengoptimalkan jumlah dana secara praktis dan efisien.

Sekian informasi terkait macam-macam cashless beserta informasi penting lainnya, mulai dari pengertian, keuntungan, kekurangan, dan tips keuangannya. Selain menerapkan tips keuangan di atas, jangan lupa untuk rutin memeriksa kesehatan keuangan di Financial Fitness Check Up, ya.

Financial Fitness Check Up adalah layanan dari Ruang meNYALA, di mana kamu bisa memeriksa kondisi keuangan dengan cepat selama 3 menit. Setelah melakukan pemeriksaan, kamu bisa konsultasi 1-on-1 dengan Nyala Trainer untuk menyusun strategi keuangan yang lebih efektif. Yuk, kelola finansialmu dengan Ruang meNYALA sekarang juga supaya bisa mencapai #FinanciallyFit!

Baca juga: Cara Lapor Pajak Online Lewat E-Fliring dengan Mudah dan Cepat!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya