Logo Ruang Menyal
Bg Block

15 Jenis Industri Kreatif yang Bisa Jadi Ladang Cuan, Catat!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 19 April 2024 | 2230 dilihat

Article Detail

Di Indonesia, ada beragam jenis industri kreatif dengan gagasannya yang inovatif. Kini, industri kreatif memang merupakan salah satu bidang yang tengah berkembang pesat. 

Apabila kamu memiliki passion di bidang industri kreatif, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengasah bakatmu. Siapa tau, passion-mu itu bisa menghasilkan uang.

Namun sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui dahulu apa saja jenis industri kreatif di Indonesia yang tentunya potensial menjadi ladang cuan. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

15 Jenis Industri Kreatif di Indonesia

Industri kreatif dapat didefinisikan sebagai sebuah sektor yang dihasilkan dari bakat, kreativitas, dan keterampilan individu sehingga bisa berdampak pada penciptaan lapangan pekerjaan.

Terdapat banyak jenis industri kreatif di Indonesia yang bisa menjadi sebuah usaha untuk hasilkan banyak cuan. Adapun contoh jenis industri kreatif adalah sebagai berikut.

1. Film, Animasi, dan Video

Industri kreatif film, animasi, dan video berkaitan dengan proses produksi sebuah gambar yang bergerak, dimulai dari proses pembuatan hingga pemasaran karya.

Jenis industri kreatif ini merupakan salah satu bidang yang potensial saat ini, apalagi dengan banyaknya kehadiran situs online streaming.

Selain itu, respon masyarakat Indonesia terhadap film buatan dalam negeri pun semakin positif dan membuat industri ini makin meroket. 

Menurut Menko PMK, total penonton di bioskop untuk film Indonesia mencapai lebih dari 54 juta orang. Jumlah itu adalah sebuah pencapaian yang sebelumnya tak pernah terjadi.

Tak jarang, sudah banyak hasil produksi perfilman Indonesia yang berhasil tembus ke kancah internasional dan mendapat berbagai penghargaan tinggi.

2. Periklanan dan Pemasaran

Industri periklanan dan pemasaran dapat dikatakan sebagai sektor yang menjadi tombak utama bisnis apa pun. Sebab, iklan yang bagus dapat menaikkan penjualan produk secara signifikan.

Apalagi di era ini, periklanan dan pemasaran digital makin digemari dibandingkan dengan metode konvensional karena dapat lebih terukur serta berdampak signifikan.

Perlu diketahui, banyaknya pengguna digital di Indonesia saat ini mencapai 200 juta orang. Jumlah ini tentunya merupakan peluang pasar periklanan digital yang sangat tinggi di Indonesia.

3. Desain Produk

Desain produk merupakan sektor yang berkaitan dengan proses penciptaan produk baru, mulai dari merancang dan mencari ide hingga memproduksinya untuk menghasilkan daya jual tinggi.

Menurut Global Industrial Design Market, nilai pasar dari desain produk industri secara global mencapai 45,35 miliar dolar pada tahun 2019.

Angka tersebut diproyeksikan akan terus meningkat hingga 65,41 miliar dolar pada akhir tahun 2026.

Melihat laporan tersebut, tentunya desain produk merupakan salah satu jenis industri kreatif di Indonesia yang potensial untuk dikembangkan.

4. Fashion Designer

Jenis industri kreatif di Indonesia yang potensial selanjutnya adalah fashion designer. Sebab, tren fesyen yang terus berkembang dan dinamis tentunya mendorong pertumbuhan jenis industri kreatif ini.

Selain itu, industri fesyen juga merupakan salah satu sektor manufaktur di Indonesia yang pengembangannya diprioritaskan untuk memasuki era industri 4.0.

Perkembangan industri fesyen di Indonesia yang paling potensial ada pada ranah produk busana muslim. Di tahun ini saja, industri fesyen muslim Indonesia termasuk dalam 3 besar konsumen dunia.

Tentunya, hal ini merupakan peluang besar untuk para desainer fesyen agar dapat tampil dan bersaing di kancah dunia.

5. Kuliner

Tahukah kamu bahwa jenis industri kreatif di bidang kuliner merupakan penopang terbesar perekonomian kreatif Indonesia?

Meskipun adanya pandemi Covid-19 secara global, sektor kuliner masih mampu tumbuh dan berkontribusi sebesar 37,82 persen terhadap PDB industri nonmigas pada triwulan III tahun 2022.

Jika dapat dimaksimalkan dengan baik, industri kuliner tentunya bisa sangat potensial dan menjadi ladang cuan yang besar untukmu.

6. Seni Kriya

Seni kriya merupakan proses pembuatan barang dari hasil kerajinan tangan. Untuk pembuatannya, seni kriya dapat berasal dari bahan batu, kayu, keramik, hingga logam.

Nah, jenis industri kreatif ini juga merupakan salah satu sektor yang memiliki andil besar dalam perkembangan perekonomian Indonesia, lho.

Sebab, melalui produk seni kriya, Indonesia bisa lebih mudah dikenal di kancah internasional.

Baca juga: 23 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Cuan, Coba Yuk! 

7. Musik

Industri musik berkaitan dengan proses produksi, distribusi, hingga pemasaran yang bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya promosi melalui live music performance.

Jenis industri kreatif di bidang musik ini juga tak kalah potensialnya. Sebab saat ini, sudah banyak musisi dan penyanyi Indonesia yang go international.

Alhasil, hal ini pun dapat membuka jalan dan kesempatan untuk pemuda di tanah air yang memiliki passion di bidang musik untuk dapat mengembangkan skill-nya di industri ini.

8. TV dan Radio

Jenis industri kreatif yang satu ini berkaitan dengan proses produksi hingga pengemasan acara TV dan radio.

Meskipun jumlah stasiun TV dan radio terus bertambah, nyatanya pertumbuhan ini tak diimbangi dengan kualitas program yang ditayangkan.

Oleh karena itu, peluang industri TV dan radio ke depannya bisa difokuskan pada merancang program-program berkualitas, tetapi tetap dapat menarik minat konsumen.

9. Kesenian dan produk Antik

Jenis industri kreatif yang satu ini merujuk pada penjualan kreasi benda seni dan barang-barang antik dengan nilai jual tinggi.

Beberapa ide produk kesenian dan barang antik yang berpeluang memiliki daya jual tinggi contohnya adalah mebel, kamera analog, jam kuno, mobil lama, hingga lukisan.

10. Percetakan atau Penerbitan

Jenis industri kreatif percetakan dan penerbitan berfokus pada proses menulis, mencetak, hingga mendistribusikan produk buku secara massal.

Namun, tak hanya buku, beberapa produk yang dihasilkan juga dapat berupa majalah, brosur, flyer, undangan, dan lain sebagainya.

Di saat-saat mendekati pemilu atau pilpres, bisnis percetakan dan penerbitan tentunya akan menjadi peluang besar. Sebab biasanya, bisnis percetakan dibutuhkan untuk mencetak alat kampanye atau surat suara.

11. Fotografi

Dengan adanya pergantian teknologi analog menjadi serba digital, jenis industri kreatif di bidang fotografi mulai banyak dijadikan salah satu ladang usaha yang potensial.

Bagaimana tidak, dengan adanya kamera digital, kegiatan fotografi makin mudah dan praktis tak seperti dulu. Bahkan, bisnis ini kini bisa dijalankan secara perseorangan.

12. Teknologi Informasi

Di zaman yang serba digital ini, jenis industri kreatif di bidang teknologi informasi menjadi sangat krusial.

Apalagi, penggunaan teknologi internet akan memunculkan peluang kerja baru dalam bidang analisis data, cyber security, hingga software engineering.

Oleh karena itu, industri teknologi informasi menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni sekarang ini.

13. Game Developer

Sejak beberapa tahun terakhir, jenis industri kreatif di bidang pengembangan game juga mulai tumbuh pesat dan konsisten.

Untuk trennya sendiri, di tahun ini, game berjenis multiplayer kian diminati. Sebab, mulai banyak orang bermain game karena pengaruh temannya untuk dimainkan secara bersamaan.

Berdasarkan data dari EVOS Esport, di tahun 2021, Indonesia adalah negara pendorong utama pertumbuhan e-sport di Asia Tenggara dengan total sebanyak 43 persen.

Angka ini tentunya membuka peluang yang besar bagi industri gaming di Indonesia untuk dikembangkan ke depannya.

Baca juga: 4 Tahap Sukses Membuat Bisnis Autopilot yang Menguntungkan 

14. Desain Interior

Masifnya pembangunan gedung, mulai dari fasilitas umum dari pemerintah maupun milik swasta, tentunya akan berdampak signifikan terhadap pelaku desain interior.

Apalagi, banyaknya pembangunan properti beberapa tahun terakhir ini tak hanya terjadi di Jawa, tetapi juga pulau lainnya.

Selain itu, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menggunakan jasa desainer interior untuk menata ruangan rumah dan apartemen mereka juga mulai meningkat.

15. Arsitektur

Selain desain interior, masifnya pembangunan gedung di Indonesia beberapa tahun terakhir juga berdampak positif pada industri arsitektur.

Meskipun begitu, salah satu kendala yang dialami adalah masih minimnya jumlah arsitek di Indonesia. 

Pada tahun 2017, menurut data dari Ikatan Arsitek Indonesia, hanya ada 15 ribu orang yang berprofesi sebagai arsitek.

Oleh karena itu, jika ditekuni lebih dalam, jenis industri kreatif ini dapat memiliki potensi yang besar untuk menjadi ladang cuan.

Makin Cuan bareng Ruang meNYALA!

Itu dia 15 jenis-jenis industri kreatif di Indonesia yang bisa menjadi ladang cuan. Apabila kamu tertarik ke salah satunya, pastikan untuk memperdalam bakatmu di bidang itu, ya.

Nah, selain itu, kamu juga bisa makin cuan apabila membiasakan diri untuk melatih otot finansial bareng Ruang meNYALA.

Buat step pertama, kamu bisa cek dulu kondisi finansialmu, apakah sudah sehat atau belum, di Financial Fitness Check Up.

Setelah itu, kamu bisa berkonsultasi secara 1-on-1 dengan Nyala Trainer agar kamu bisa membantu mencapai tujuan finansialmu. Mudah sekali, ‘kan?

Yuk, raih #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: 10+ Contoh Peluang Usaha di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya