18 April 2022

2.CASH FLOW

10+ Contoh Peluang Usaha di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan

Kota-kota besar sering kali menjadi pilihan untuk mengembangkan bisnis mengingat penduduknya yang begitu beragam. Akan tetapi, hal ini bukan berarti tidak ada kesempatan atau peluang usaha di desa yang bisa Anda jalankan. Jangan salah, ada begitu banyak bisnis menjanjikan dan tentunya menguntungkan bahkan tanpa memerlukan modal besar.

Ingin tahu apa saja? Yuk, simak berbagai contoh peluang usaha di desa dengan modal kecil berikut ini!

Keuntungan Membuka Usaha di Desa

Terdapat beragam keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menjalankan bisnis di pedesaan, di antaranya:

1. Persaingan Belum Ketat

Jika dibandingkan dengan perkotaan, variasi bisnis di daerah pedasaan bisa dibilang masih kurang. Tak heran bila masyarakat desa harus pergi ke pusat kota demi memperoleh kebutuhan jasa ataupun barang karena tak bisa mendapatkannya di kampung. Maka dari itu, hal ini merupakan salah satu keuntungan jika Anda mulai membangun bisnis di kawasan ini lantaran persaingannya masih sedikit.

2. Memiliki Pelanggan Tetap

Mengingat tingkat keakraban dan kekeluargaan dalam masyarakat desa cukup tinggi, hal tersebut menjadikan para penduduknya mempunyai kepercayaan besar terhadap masyarakat di sekitarnya. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan produk atau jasa yang Anda jual sebab pastinya akan selalu memperoleh langganan dari warga.

3. Target Pasar Menjanjikan

Variasi usaha yang kurang menjadikan permintaan pasar menjadi cukup besar. Sebab, kebanyakan masyarakat desa enggan bersusah payah mencari jasa atau barang hingga ke perkotaan karena jarak dan waktu yang harus ditempuh. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk menjalankan sebuah bisnis sesuai kebutuhan masyarakat.

Contoh Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Lantas, apa saja contoh peluang usaha di desa yang cukup potensial dan tentunya menguntungkan? Berikut daftarnya.

1. Kios Bensin

Peluang usaha di desa yang pertama adalah kios bensin. Anda sudah pasti tahu jika menemukan pom bensin di daerah kampung tentu tidak semudah di perkotaan. Padahal, kebutuhan bensin kini merupakan salah satu hal utama bagi semua orang dalam melakukan perjalanan, entah untuk kepentingan bisnis maupun pribadi. Maka dari itu, kios bensin menjadi rekomendasi yang berpotensi menguntungkan dan patut dicoba.

2. Sewa Alat Pesta dan Sound System

Tempat persewaan peralatan pesta dan juga sound system umumnya hanya bisa ditemukan di perkotaan. Padahal, masyarakat desa sering kali mengadakan acara-acara rumahan yang juga memerlukan alat-alat tersebut. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menyewakan beragam kebutuhan pesta lengkap dengan sound system-nya agar orang-orang tidak perlu lagi repot-repot pergi ke pusat kota mencarinya.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dicoba!

3. Warung Makan

Peluang usaha makanan selalu menjadi salah satu rekomendasi jika Anda ingin membangun suatu bisnis. Adapun salah satu contohnya ialah warung makan. Tak dapat dipungkiri, makanan merupakan kebutuhan paling utama dari lainnya yang tak akan pernah berhenti dicari. Namun, tidak semua orang berkesempatan untuk terus menyediakannya sendiri setiap hari. Karena hal tersebut, membuka warung makan di desa adalah ide brilian yang bisa Anda coba.

4. Konter Pulsa

Selain peluang usaha makanan, konter pulsa juga merupakan salah satu contoh bisnis yang tak memerlukan banyak modal namun menguntungkan. Apalagi mengingat perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, kebutuhan masyarakat akan internet dan pulsa juga terus meningkat setiap waktunya, bukan hanya pada orang perkotaan namun juga di daerah kampung. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda sia-siakan kesempatan peluang usaha di desa dengan modal kecil satu ini, ya!

5. Sewa Penginapan

Jika sebelumnya menyewakan peralatan pesta dan sound system, peluang usaha di desa yang menjanjikan berikutnya adalah sewa penginapan. Bisnis satu ini cocok dikembangkan jika Anda tinggal di daerah wisata. Ya, Anda bisa menawarkan penyewaan kamar maupun rumah sebagai penginapan terjangkau untuk para wisatawan. Jangan salah, bisnis penginapan bisa meraih keuntungan harian yang cukup menggiurkan, lho!

6. Jasa Tour Guide

Selain menawarkan sewa penginapan, Anda juga bisa memanfaatkan desa wisata dengan menjadi seorang tour guide bagi para wisatawan. Peluang usaha satu ini cukup mudah dan tentunya tak membutuhkan banyak modal, bukan? Hanya dengan bermodalkan keterampilan komunikasi dan bahasa, Anda sudah dapat memperoleh penghasilan yang cukup menjanjikan!

7. Jual Produk Kerajinan Khas Desa

Menjual produk kerajinan khas desa bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, lho. Misalnya, aksesoris, souvenir, baju, atau barang oleh-oleh lainnya. Tawarkan saja pemasaran pada para pengrajin di desa untuk menjadikannya sebagai ladang bisnis. Jangan lupa manfaatkan media sosial dan berbagai market place untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga: 8 Cara Memulai Usaha Dari Nol, Ini Tipsnya yang Wajib Kamu Tahu!

8. Jual Pakaian dan Kebutuhan Bayi

Peluang usaha di desa yang menjanjikan lainnya ialah menjual pakaian serta beragam kebutuhan bayi. Jika biasanya orang-orang hanya berbisnis pakaian untuk orang dewasa, Anda bisa membuka toko khusus anak-anak yang tentunya cukup sulit ditemukan di daerah pedesaan. Umumnya, toko kebutuhan bayi hanya ditemukan di pusat kota, sehingga tak ada salahnya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memulai suatu bisnis.

9. Toko Sembako

Toko sembako merupakan contoh peluang usaha di desa lainnya yang bisa Anda coba. Seperti yang diketahui, kebutuhan masyarakat terhadap bahan-bahan pokok selalu menjadi hal utama, baik di kota maupun di kampung.

Namun, tak seperti perkotaan yang memiliki banyak tempat berbelanja, di daerah pedesaan biasanya harus menempuh jarak cukup jauh demi memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karenanya, membuka toko sembako bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan selalu laris manis.

10. Ternak Ayam

Contoh peluang usaha di desa selanjutnya adalah bisnis ternak ayam. Tahukah Anda, ayam kampung merupakan salah satu komoditas peternakan dengan prospek baik, bahkan tak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Modal awal serta biaya perawatan untuk menjalankan ternak unggas satu ini nyatanya jauh lebih murah daripada ternak lainnya, seperti sapi, kambing, atau kerbau. Selain itu, bukan cuma memperoleh keuntungan dari daging ayam saja, Anda juga sekaligus mendapat penghasilan dari telurnya.

11. Reseller

Tak hanya di kota-kota besar, menjadi seorang reseller juga bisa menjadi peluang usaha di desa dengan modal kecil yang cukup menjanjikan. Jangan salah, kini pedesaan merupakan salah satu target pemasaran berbagai brand nasional bahkan internasional. Anda bisa menjual berbagai produk, mulai dari perlengkapan rumah tangga, produk kecantikan, atau juga kesehatan.

Baca juga: 15 Contoh Usaha Modal 1 Juta Untung Besar di 2021

Itu dia berbagai peluang usaha di desa yang menjanjikan dan tentunya bisa memberikan keuntungan. Saat mulai membangun bisnis, jangan lupa untuk kelola keuanganmu dengan baik dan pantau selalu di Financial Fitness Check Up. Kamu juga bisa lho konsultasi dengan pakar keuangan terpercaya di Financial Fitness Trainer! Yuk, coba sekarang juga!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!