Logo Ruang Menyal
Bg Block

Investasi Leher ke Atas: Pengertian, Contoh, dan Manfaatnya

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 29 April 2024 | 10784 dilihat

Article Detail

Penanaman modal guna mendapatkan imbal hasil tidak hanya dapat dilakukan pada bidang properti dan saham, tetapi juga pada diri sendiri. Nah sejatinya, kita juga dapat memulai berinvestasi kepada diri sendiri dengan cara belajar hal-hal baru agar menambah value. Investasi ini dapat disebut investasi leher ke atas.

Pengertian Investasi Leher ke Atas

Investasi leher ke atas adalah bentuk investasi di mana diri sendiri adalah modal utamanya. Investasi jenis ini dapat dilakukan melalui berbagai hal dengan maksud menambah pengetahuan ataupun pengalaman.

Salah satu contohnya adalah menuntut ilmu di sekolah atau mengikuti kursus serta pelatihan. Keuntungan dari investasi ini tidak akan kamu dapatkan dalam jangka pendek. Sebaliknya, kamu akan mendapatkan return ketika skill mu sudah terasah dengan baik.

Baca juga: 8 Jenis Investasi untuk Anak Muda, Jadi Cuan Sejak Dini!

Mengapa Investasi Leher ke Atas itu Penting?

Arti investasi leher ke atas bagi seseorang sangat penting mengingat ia sedang meningkatkan nilai jual atau value dalam dirinya. Jika ada instrumen investasi seperti saham dan obligasi, maka investasi bagi pengembangan diri adalah yang paling menguntungkan karena hasil akhirnya dapat kita nikmati sendiri dan tidak ada risiko apapun.

Manfaat Investasi Leher ke Atas

Lalu jika berinvestasi kepada diri sendiri, apa saja manfaat-manfaatnya? 

Menekuni Karir yang Diinginkan 

Ketika berinvestasi kepada diri sendiri, kita akan mendapatkan return berupa ilmu yang dapat diaplikasikan pada bidang pekerjaan kita. Oleh sebab itu, belajar dan membekali diri dengan pengetahuan apapun akan selalu menguntungkan.

Memiliki Kualitas Hidup Baik

Jika telah mengembangkan diri dalam rangka menyiapkan karir yang baik untuk masa depan, kita juga bisa melakukan investasi pada spiritualitas, sehingga kebahagiaan dan ketenangan mampu kita raih semaksimal mungkin.

Prospek Karir

Nah, apabila kamu sudah sangat mahir dalam bidang pekerjaanmu, jangan khawatir terhadap masa depan, karena menambah kualitas diri dapat membuahkan hasil manis berupa prospek karir cemerlang di masa mendatang.

Macam-Macam Investasi Leher ke Atas

Sudah paham apa itu investasi leher ke atas? Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam investasi leher ke atas yang dapat membuatmu memahaminya dengan lebih baik.

1. Keterampilan

Nah, jika kamu ingin mencoba berinvestasi untuk pengembangan diri, kamu dapat memilih untuk mengembangkan keterampilan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Selain keterampilan teoritis di sekolah, kamu juga perlu mempelajari bidang-bidang lain yang tidak diajarkan, baik secara otodidak maupun dengan pengawasan tenaga ahli.

2. Spiritual

Manusia akan merasakan hidup tenang apabila sadar bahwa ia memiliki tempat untuk bersandar. Oleh sebab itu, bagi mereka yang percaya pada Tuhan, memperbaiki ibadah dan hubungan baik dengan pencipta dapat membuat diri merasa aman serta bahagia.

3. Sosial

Investasi leher ke atas adalah investasi yang tidak hanya berfokus pada skill di tempat kerja, melainkan juga kemampuan bersosial dengan baik. Kemampuan bersosial akan mendatangkan banyak manfaat berupa lebih tahan terhadap stres dan kesepian serta dapat membantumu dalam mencapai karir yang diinginkan.

Baca juga: 7 Tips Memilih Obligasi Agar Untung Maksimal, Yuk Coba!

Cara Investasi Leher ke Atas

Nah, setelah mengetahui macam-macam investasi sebagai pengembangan diri, lalu bagaimana cara melakukannya? Simak tips berikut.

1. Terus Mengenali Diri

Pertama-tama, kamu harus selalu menggali potensi diri dan menemukan kelebihan serta kekuranganmu. Bersamaan dengan proses membangun keterampilan baru, hal ini wajib dilakukan agar kamu yakin bahwa proses tersebut adalah proses terbaik dengan mempertimbangkan kelebihan serta kelemahan dalam diri sendiri.

2. Menemukan Mentor dan Forum yang Tepat

Tidak semua kemampuan dapat kamu pelajari sendiri dan tidak semuanya juga membutuhkan mentor, terutama bila kamu memiliki anggaran terbatas. Pastikan bahwa kamu mempunyai penilaian objektif mengenai kapan seharusnya menemukan mentor.

Sementara itu kamu dapat bergabung pada forum dengan minat yang sama melalui komunitas online.

3. Berinvestasi dengan Peralatan Memadai

Meskipun tak semua orang memiliki anggaran besar untuk melakukan pengembangan diri, tetapi tidak ada salahnya meluangkan sedikit uang guna menyediakan peralatan. Contoh investasi leher ke atas yang membutuhkan peralatan tertentu semisal melukis, berolahraga, atau lainnya.

4. Berada pada Lingkungan yang Membantu untuk Maju

Berada dalam lingkungan yang memberi dorongan kuat untuk terus belajar dapat memberi dampak baik bagi perkembangan seseorang. Meski kadang tidak bisa dipilih, tetapi lingkungan belajar dapat diupayakan, salah satunya adalah memiliki teman-teman dengan minat belajar yang sama.

Contoh Investasi Leher ke Atas

Berikut contoh-contoh investasi yang dapat kita lakukan guna mengembangkan skill.

1. Mengikuti Kursus atau Pelatihan

Salah satu cara mengembangkan diri adalah menemukan kursus atau pelatihan sesuai skill yang kamu inginkan. Melalui kursus tersebut, kamu tidak perlu menyusun kurikulum atau materi.

2. Belajar di Sekolah

Cara mengembangkan diri berikutnya yang paling sederhana adalah menekuni dengan baik pelajaran dan keterampilan yang ada di sekolah atau kampus. Kamu dapat mengikuti kelas dan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat.

3. Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia. Kamu bisa mengunjungi tempat apapun dan menceritakan bagaimana suasananya tanpa harus pergi ke sana. Buku juga dapat memberitahumu informasi yang sama yang dipelajari oleh orang di berbagai belahan dunia.

4. Mempelajari Bahasa Asing

Untuk kamu yang suka bepergian ke tempat baru atau travelling, mempelajari bahasa asing adalah pilihan tepat karena di tempat baru nanti kamu dapat berkomunikasi dengan orang lain secara lancar. Tidak melulu bahasa internasional, kamu juga dapat belajar berbagai bahasa daerah di Indonesia. Tertarik menjadi polyglot?

Setelah menyimak artikel di atas, apakah kamu sudah tahu jenis investasi leher ke atas jenis apa yang ingin kamu lakukan? Tentu untuk memulainya kamu perlu mengetahui bagaimana kondisi finansialmu mendukung atau tidak. Kalau masih bingung, yuk ikuti program Financial Fitness Check Up supaya rencanamu untuk berinvestasi ilmu tidak sembarangan dan menjadi terencana. Ayo daftar sekarang!

Baca juga: Pemegang Saham: Pengertian, Jenis, Hak, Serta Kewajiban


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya