Logo Ruang Menyal
Bg Block

Ikigai: Konsep Jepang untuk Hidup Bahagia dan Terus Berkarya

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 03 April 2024 | 5408 dilihat

Article Detail

Ikigai adalah suatu konsep dari budaya Jepang, yang membantu manusia mencapai definisi sukses dalam menemukan makna hidup.

Konsep ini memiliki elemen penting untuk hidup bahagia dan berkarya, serta mendorong motivasi untuk bangun setiap hari dengan antusiasme tinggi.

Nah, untuk informasi selengkapnya artinya ikigai, apa saja komponennya, serta contoh penerapannya, simak terus artikel berikut, ya!

Apa itu Ikigai?

Ikigai adalah konsep Jepang yang menggambarkan alasan hidup yang memberi makna dan kebahagiaan. Secara harfiah, ikigai artinya "alasan untuk bangun setiap hari." 

Konsep ini menghubungkan empat elemen kunci dalam kehidupan, yaitu passion (gairah), mission (misi), vocation (panggilan), dan profession (profesi). 

Ketika seseorang menemukan keseimbangan antara empat elemen tersebut, maka mereka mencapai ikigai, serta mengalami kepuasan dan kebahagiaan yang mendalam. 

Konsep ikigai akan mendorongmu untuk menemukan apa yang kamu cintai, apa yang diperlukan dunia, apa yang kamu kuasai, dan apa yang dapat membantumu mencari nafkah.

Dengan demikian, esensi ikigai adalah membawa arti dan tujuan dalam setiap langkah kehidupan.

Mengenal Konsep Ikigai

Sesuai penjelasan sebelumnya, konsep ikigai adalah kombinasi dari apa yang dicintai, apa yang kamu kuasai, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang dapat memberikan penghasilan.

Ketika seseorang menemukan ikigai, mereka akan hidup dengan tujuan jelas, kebahagiaan yang mendalam, dan perasaan penuh. 

Dapat dikatakan, ikigai adalah konsep yang mengajarkan untuk mencari keseimbangan dalam kehidupan serta memahami makna dan tujuan yang mendalam dalam setiap tindakan yang diambil. 

Dengan ikigai, seseorang dapat merasa lebih puas dan mengarahkan hidup dengan lebih bermakna.

Komponen Penting Dalam Menemukan Ikigai

Seperti yang telah disinggung, terdapat 4 komponen ikigai, yaitu passion (gairah), mission (misi), vocation (panggilan), dan profession (profesi). Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Passion: What You Love

Komponen pertama dalam menemukan ikigai adalah terkait passion atau apa yang kamu cintai. 

Jadi, coba temukan aktivitas yang membuatmu bersemangat, memberikan kebahagiaan, dan memenuhi jiwamu. 

Passion akan memandumu dalam mencari tujuan yang berarti dan menciptakan keseimbangan hidup. 

Ketika hidup sesuai dengan passion, maka kamu akan merasa hidup dengan penuh arti dan kepuasan.

2. Mission: What the World Need

Selanjutnya, komponen ikigai adalah perihal mission atau apa yang dibutuhkan dunia.

Dalam konsep ikigai, memberikan kontribusi positif bagi orang lain dan dunia dapat membawa makna mendalam bagi hidup. 

Menemukan tujuan yang mendatangkan manfaat kepada sesama bisa memperkuat ikigai dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan. 

Dengan mengintegrasikan passion dan misi, kita dapat meraih kepuasan jiwa dan menyelaraskan kebahagiaan pribadi dengan kebermanfaatan yang lebih luas untuk dunia.

Baca juga: Kenali Gaya Hidup Minimalis Ala Jepang, Ini Tipsnya!

3. Vocation: What You Can be Paid For

Komponen penting ketiga dalam menemukan ikigai adalah elemen vocation atau apa yang dapat memberikanmu penghasilan. 

Yup, menemukan pekerjaan atau aktivitas yang sesuai dengan passion dan keahlian dapat membantumu mencapai keseimbangan antara tujuan hidup serta stabilitas finansial. 

Integrasi passion dengan pilihan karier memberikan rasa penuh dan arti yang lebih dalam dalam hidup. 

Dengan menggabungkan passion, misi, dan vocation, kamu akan mencapai ikigai yang memuaskan.

Di mana, kamu hidup dengan tujuan yang bermakna dan mewujudkan potensi dalam diri secara penuh.

4. Profession: What You Are Good at

Komponen penting terakhir dalam menemukan ikigai adalah profession atau apa yang kamu kuasai. 

Well, menemukan bidang atau pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bakat akan membawa kepuasan dan kesuksesan dalam hidup. Profesi yang memanfaatkan keahlianmu dapat meningkatkan rasa percaya diri. 

Dengan menggabungkan passion, misi, vocation, dan profession, kamu akan menemukan keseimbangan yang harmonis dalam hidup, dan mencapai ikigai yang membawa kebahagiaan dan kepuasan sejati.

Cara Mencapai Ikigai

Sampai di sini, mungkin kamu penasaran bagaimana cara untuk mencapai ikigai. Well, beberapa cara mencapai ikigai adalah sebagai berikut.

1. Awali dari Hal Kecil

Langkah awal untuk mencapai ikigai adalah dengan memulainya dari hal-hal kecil dalam hidup.

Pertama, coba kenali kenali passion (gairah) kamu dengan melakukan hal-hal yang membuatmu bersemangat dan bahagia. 

Kedua, temukan misi dengan mengidentifikasi apa yang ingin kamu capai dan kontribusikan untuk lingkungan sekitar. 

Ketiga, eksplorasi vocation (panggilan) kamu. Cari tahu apa yang kamu kuasai, lalu nikmati dan lakukan. 

Terakhir, kembangkan profession (profesi) yang dapat memberikan penghasilan dan mendukung impian kamu. 

Dengan memulai dari hal-hal kecil, kamu dapat merancang hidup yang lebih bermakna dan mencapai ikigai secara bertahap.

2. Membebaskan Diri

Salah satu langkah penting untuk mencapai ikigai adalah dengan membebaskan diri dari belenggu yang membatasi potensi dan kebahagiaan. 

Pertama, introspeksi diri untuk mengenali passion (gairah) dan apa yang benar-benar penting bagi kamu. 

Kedua, jadikan misi sebagai panduan, sehingga kamumemiliki tujuan yang jelas dalam kehidupan. 

Ketiga, ciptakan vocation (panggilan) dengan mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki. 

Terakhir, temukan profession (profesi) yang sesuai dengan nilai dan aspirasi kamu. Dengan melepaskan diri dari batasan, kamu akan menemukan keseimbangan dan kebahagiaan, sehingga mengarahkan hidup menuju ikigai yang penuh arti.

Baca juga: Decluttering Rumah, Tren Gaya Hidup Minimalis yang Menguntungkan

3. Kesinambungan dan Keselarasan

Hidup dengan tujuan jelas dan nilai yang kuat tentu akan membuat kita merasakan kesinambungan dan keselarasan dalam kehidupan. 

Adapun salah satu cara untuk mewujudkan kesinambungan dan keselarasan dalam ikigai adalah dengan melibatkan diri dalam kegiatan yang kita cintai dan berkontribusi pada dunia melalui rasa kebahagiaan dan kepuasan mendalam. 

Jadi, coba temukan arti hidup yang mendalam, serta raih keseimbangan antara keinginan batiniah dan tanggung jawab sosial, untuk mencapai ikigai yang penuh makna.

4. Menghargai Hal-Hal Kecil nan Sederhana

Cara sederhana selanjutnya dalam mencapai ikigai adalah dengan menemukan kebahagiaan di setiap hal-hal kecil dan sederhana di sekitar kita. 

Menghargai momen sehari-hari, ikatan dengan orang terkasih, dan menyadari betapa beruntungnya kita memiliki kesempatan untuk hidup adalah kunci utama meraih ikigai. 

Ketika kita menyelaraskan impian dengan realitas, merayakan kehidupan sederhana, serta berterima kasih atas keberlimpahan yang ada, ikigai menjadi terwujud dalam kebahagiaan dan kedamaian jiwa.

5. Memaknai dan Menikmati Momen yang Sedang Terjadi

Langkah berikutnya dalam mencapai ikigai adalah dengan menikmati dan memaknai kondisi serta momen yang sedang terjadi saat ini. Mencapai ikigai berarti menikmati kondisi dan waktu yang sedang terjadi. 

Jadi, mulailah rangkul momen sekarang dengan penuh kesadaran, menghargai keindahan dalam hal-hal sederhana, dan fokus pada tujuan yang memberi makna pada hidup. 

Dengan menghapus kekhawatiran masa lalu dan kecemasan akan masa depan, kita akan menemukan kebahagiaan sejati dalam momen ini. 

Menyadari keberuntungan memiliki waktu dan kesempatan saat ini adalah kunci untuk mencapai ikigai yang memuaskan.

Contoh Penerapan Ikigai

Contoh ikigai adalah seorang seniman yang menemukan passion dalam melukis (what they love) dan menggabungkannya dengan misi untuk menyampaikan pesan inspiratif melalui karyanya (what the world needs)

Selanjutnya, dia menjadikan melukis sebagai profesi dengan mengadakan pameran seni dan menjual karya-karyanya (what they can be paid for). 

Dengan demikian, seniman ini hidup dengan tujuan yang bermakna, merasa bahagia karena melakukan apa yang dicintainya, serta memberikan dampak positif bagi orang lain dan dunia.

Mari Capai Kebahagiaan Bersama Ruang MeNYALA

Itu tadi sederet informasi seputar apa itu ikigai, lengkap beserta konsep, komponen, dan contoh penerapannya.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ikigai adalah sebuah konsep yang menjelaskan tentang kesenangan dan makna kehidupan bagi manusia.

Selain itu, kita juga mengetahui bahwa terdapat 4 komponen ikigai yang harus saling melengkapi, yaitu passion, mission, profession, dan vocation.

Menyinggung tentang vocation atau suatu hal yang menghasilkan pendapatan, tentu kita membutuhkan kemampuan khusus untuk mengelolanya dengan baik.

Nah, salah satu cara untuk mengelola hasil pendapatan tersebut adalah dengan mengikuti kelas seputar keuangan bersama Ruang MeNYALA.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memeriksa kondisi keuangan di Financial Fitness Check Up dan mengikuti konsultasi gratis melalui layanan 1-on-1 consultation, lho!

Dengan bantuan layanan-layanan tersebut, kamu dapat belajar untuk menjadi #FinanciallyFit bersama para pelatih profesional dari Ruang MeNYALA.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo bergabung bersama Komunitas MeNYALA dan nikmati berbagai manfaatnya!

Baca juga: 8 Tips Hidup Minimalis dan Manfaatnya, Yuk Mulai Terapkan!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya