03 Agustus 2022

10. INVESTASI

Coba 10 Cara ini Tuk Capai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Mencapai kebebasan finansial di usia muda sepertinya merupakan impian hampir setiap orang di dunia.

Sebab, financial freedom mengartikan bahwa kamu sudah bisa mencukupi segala kebutuhan hidup tanpa harus aktif bekerja lagi.

Hal ini kerap dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan, di mana biasanya kamu memiliki persiapan dana, entah itu dari investasi, hasil bisnis, atau aset lainnya.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara bebas finansial di usia muda? Untuk itu, kamu bisa simak tips-tips dari Ruang meNyala berikut ini. Simak sampai habis ya!

Cara Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial di usia muda, kamu harus menerapkan aturan atau strategi tertentu dalam kehidupan, terutama pada aspek keuangan.

Namun, bukan cuma sekedar memiliki perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik, gaya hidup juga bisa memengaruhi keberhasilan kamu mencapai tujuan tersebut.

Tak perlu panjang lebar, yuk langsung saja simak baik-baik cara bebas finansial di usia muda dari Ruang meNyala berikut ini!

1. Tentukan Tujuan Finansial dengan Jelas

Hal pertama yang patut kamu lakukan adalah membuat suatu tujuan finansial. Hal ini untuk membantu kamu menyusul langkah-langkah spesifik dalam prosesnya.

Dengan memiliki tujuan dan arah yang jelas, kamu juga bisa jadi lebih fokus dan terus termotivasi menjalani setiap hal demi mencapai target tersebut.

Misalkan, kamu menargetkan mempunyai rumah pada usia 35 tahun, di mana tujuan tersebut diraih dalam kurun waktu 8 tahun.

2. Jangan Terlalu Fokus pada Tren

Sebagai anak muda, kamu mungkin tergiur dengan segala hype tren terbaru yang terjadi dan tak ingin tertinggal dari teman lainnya.

Namun, demi bisa meraih kebebasan finansial di usia muda, sebaiknya kamu fokus pada tujuan dan jangan mudah terjebak dalam tren tersebut.

Sebelum itu, cobalah pikirkan kembali apakah sesuatu yang sedang tren tadi benar-benar kamu butuhkan atau tidak

3. Buat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan dan menjalankannya dengan konsisten merupakan salah satu cara terbaik untuk meraih kebebasan finansial di usia muda.

Anggaran bulanan membantu kamu merencanakan keuangan sebaik mungkin, sehingga pemasukan maupun pengeluaran dapat diatur dengan tepat.

Dengan demikian, kamu pun tak perlu bingung membayar tagihan, membeli kebutuhan, ataupun menyisihkan simpanan untuk keperluan lainnya.

4. Siapkan Tabungan dan Dana Darurat

Ketika membuat anggaran, pastikan kamu membuat rencana keuangan untuk tabungan dan juga dana darurat.

Pastikan kamu memisahkan kedua hal ini pada pos berbeda agar tujuan utama tabungan tidak akan terganggu bila terjadi sesuatu di luar dugaan.

Kamu bisa menggunakan dana darurat jika sewaktu-waktu terdapat keperluan mendadak yang tak direncanakan.

Sementara, pos tabungan dikhususkan untuk kebutuhan di masa mendatang yang memang menjadi tujuan awal.

Baca juga: 10 Cara Sukses di Usia Muda, Ini Dia Tips Mudahnya

5. Cari Penghasilan Tambahan

Apabila pendapatanmu saat ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, cobalah cari pekerjaan sampingan agar memiliki penghasilan tambahan.

Well, ada berbagai pilihan usaha sampingan yang dapat kamu coba untuk membantu meraih kebebasan finansial di usia muda.

Kamu bisa jadi freelancer, berjualan online, membuka katering, menawarkan jasa desain, dan masih banyak lagi.

Kamu tinggal sesuaikan saja dengan keterampilan yang kamu punya, lalu manfaatkan skill tersebut sebagai peluang bisnis menguntungkan.

6. Investasi

Investasi adalah cara bebas finansial di usia muda lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif dalam menambah penghasilan.

Kamu bisa mulai dari modal dan risiko kecil di awal, lalu meningkatkannya secara bertahap kepada jenis investasi dengan return besar.

Dengan begitu, kamu pun memiliki passive income yang bisa membantu kamu mewujudkan kebebasan finansial di usia muda.

7. Memiliki Asuransi

Tahukah kamu, asuransi merupakan salah satu hal penting jika ingin mencapai financial freedom, terutama asuransi kesehatan.

Dengan memilikinya, kamu tak perlu lagi khawatir mengenai apapun kejadian tak terduga di masa depan.

Kamu bisa tenang tanpa harus bingung memikirkan solusi bila secara tiba-tiba memerlukan dana dalam jumlah besar sebab asuransi akan menanggungnya..

8. Hindari Berhutang

Cara mencapai kebebasan finansial selanjutnya adalah menghindari berhutang. Ya, apalagi jika cuma karena tergiur gaya hidup mewah.

Namun, bila memang kamu memerlukan bantuan dana sebagai credit healthy untuk memulai bisnis dan mengembangkannya, mungkin hal ini bukan masalah.

Namun, pastikan kamu memang benar-benar membutuhkannya dan bertekad membayarkan cicilan tersebut tepat waktu.

9. Hindari Belanja dengan Kredit/Cicilan

Selain berhutang, kamu juga disarankan untuk menghindari berbelanja secara kredit atau mencicil.

Meskipun hal tersebut terasa meringankan, namun pada dasarnya kebiasaan ini kurang sehat bagi keuangan.

Selain karena adanya bunga cukup tinggi, berbelanja dengan kartu kredit juga membuat pengeluaran kamu lebih menumpuk dan tak ada habisnya

10. Terapkan Frugal Lifestyle

Tips terakhir untuk meraih kebebasan finansial di usia muda adalah terapkan frugal lifestyle atau hidup sederhana dan tak berlebihan.

Walaupun sebetulnya kamu mampu dan memiliki uang lebih, namun tak ada salahnya menjadi hemat, bukan?

Dalam hal ini, kamu harus membedakan mana kebutuhan dan keinginan, sehingga dapat menghindari kebiasaan impulsive buying yang membuat pengeluaran membengkak.

Baca juga: 20 Peluang Usaha Anak Muda Bermodal Kecil yang Menjanjikan

Itu dia sejumlah cara mencapai kebebasan finansial di usia muda yang bisa kamu coba. 

Meski terasa sulit, namun percayalah segalanya akan memberikan hasil bila kamu bertekad menjalaninya dengan konsisten.

Jika ingin mempelajari lebih dalam, kamu bisa ikuti kelas finansial dari Ruang meNyala yang mengangkat topik Free to Choose Your Own (Financially) Freedom pada 11 Agustus 2022 jam 19.00 - 20.00 WIB melalui ZOOM.


Yuk kupas tuntas seputar tips & trick serta pentingnya mencapai kebebasan finansial dengan bergabung di kelasnya sekarang juga!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!