Bg Block

20 Peluang Usaha Anak Muda Bermodal Kecil yang Menjanjikan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Januari 2022 | 5 dilihat

Article Detail

Merintis berbagai ide bisnis sendiri merupakan pilihan terbaik kalau kamu sedang merasa kesulitan menemukan pekerjaan. Apalagi kini, semakin banyak hal yang sebenarnya bisa dilirik sebagai peluang menjanjikan. Nah kira-kira, apa saja ya ide usaha anak muda dengan modal kecil yang lagi hits dan menguntungkan?

Buat kamu yang sedang bingung namun punya keinginan kuat untuk mulai berbisnis, berikut Ruang meNyala kupas tuntas selengkapnya dalam artikel berikut. Yuk simak!

20 Peluang Usaha Anak Muda

Sebenarnya, di zaman serba canggih seperti sekarang ada banyak sekali peluang usaha anak muda modal kecil atau bahkan tidak butuh modal sama sekali.

Nah, supaya kamu dapat sedikit pandangan soal usaha anak muda, berikut telah kami rangkum peluang usaha anak muda yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Dropship

Ide usaha anak muda yang pertama adalah bisnis dropship. Bisnis ini dirasa sangat cocok untuk anak muda ataupun pemula karena hanya perlu modal kecil dan kamu tidak butuh stok barang.

Hal tersebut karena dalam menjalani bisnis dropship, fokus utamanya adalah pada kemampuan memahami produk dan bagaimana cara memasarkannya dengan baik. Setelah toko online kamu terbangun, kamu bisa terus melakukan optimasi agar reputasinya naik dan mendapat banyak order.

2. Bisnis Thrift/Preloved

Kamu punya banyak pakaian masih bagus yang sudah tak terpakai? Kalau iya, kamu bisa menjualnya kembali dengan membuka bisnis thrift atau preloved. Bahkan, bisnis thrift shop ini cukup populer dan trending di kalangan anak muda.

Mengingat kini minat thrifting semakin meningkat, tak hanya pakaian, kamu juga bisa menjual item fashion lainnya, seperti topi, tas, sepatu, dan semacamnya. Selengkapnya tentang cara memulai usaha preloved bisa kamu simak di Cara Jual Barang Preloved.

3. Jasa Ketik

Bagi kamu yang sedang bersekolah dan kuliah hampir bisa dipastikan mempunyai laptop dan jaringan internet, betul tidak? Apalagi ketika semua pembelajaran dilakukan daring seperti sekarang.

Ternyata, hanya dengan laptop dan internet, kamu bisa memulai usaha anak muda tanpa modal berupa jasa pengetikan. Untuk memasarkannya, kamu dapat melakukannya secara online melalui berbagai media sosial ataupun offline jika kamu kebetulan bertempat tinggal dekat sekolah atau kampus.

4. Jual Pulsa dan Paket Data

Peluang usaha anak muda selanjutnya adalah berjualan pulsa dan token listrik. Bukan tanpa alasan, di zaman serba digital ini hampir semua orang membutuhkan pulsa dan paket data untuk keperluan sehari-hari.

Maka dari itu, membuka usaha jual pulsa dan paket data memiliki peluang besar, meskipun memang keuntungan yang didapat sedikit demi sedikit.

5. Frozen Food

Sejak pandemi, orang-orang cenderung membatasi kegiatan di luar rumah dan memanfaatkan berbagai layanan praktis tak terkecuali soal makanan. Nah, menjawab peluang tersebut, kamu bisa nih memulai bisnis frozen food.

Selain bisa dikirimkan secara online, kini banyak orang juga cenderung menyukai frozen food karena mampu tahan lama. Ada banyak sekali makanan yang bisa dijadikan frozen food, seperti donat, cimol, nugget, dimsum, dan lain-lain.

6. Jasa Translate/Translator

Kamu punya kelebihan di bidang bahasa asing? Jika iya, kamu bisa nih mulai membuka jasa translate atau menjadi translator sebagai usaha anak muda tanpa modal.

7. Blogger

Ide usaha anak muda selanjutnya adalah menjadi seorang blogger. Bagi kamu yang hobi menulis, tak ada salahnya mencoba bisnis ini. Apalagi modal yang kamu butuhkan untuk menjadi blogger hanya berupa laptop, situs blog, dan jaringan internet.

Setelah kamu membangun blog dan rutin menulis konten, kamu bisa mendatangkan penghasilan dari berbagai sumber, seperti iklan berbayar, kerjasama dengan brand, hingga memasarkan jasa atau produk kamu sendiri.

8. Freelance Writer

Kamu hobi nulis tapi tak punya waktu untuk belajar dan membangun situs blog sendiri? Kalau begitu, alternatifnya kamu bisa menjadi freelance writer atau penulis artikel lepas.

Digitalisasi juga membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba menggaet atensi calon pelanggan lewat berbagai platform tak terkecuali website. Maka dari itu, menjadi penulis artikel lepas mempunyai peluang yang besar.

Kamu hanya perlu memahami dasar kepenulisan terutama Search Engine Optimization (SEO) dan membuat beberapa contoh artikel untuk portofolio.

 

9. Freelance Desain Grafis

Selain menjadi freelance writer, kamu juga bisa menjadi freelance desain grafis jika memiliki kemampuan dalam editing hingga ilustrasi gambar, seperti untuk pembuatan poster, logo, kartu nama, konten, dan lain-lain.

Freelance desain grafis menjadi salah satu peluang usaha anak muda yang populer karena memang banyak dibutuhkan oleh bisnis maupun perusahaan.

10. Fotografer

Apa kamu salah satu orang yang gemar fotografi dan punya kamera? Jika iya, tak ada salahnya kamu coba mulai usaha anak muda sebagai fotografer. Misalnya jasa foto panggilan untuk beberapa acara seperti wisuda, prewedding, atau yang lebih sederhana seperti jasa foto produk.

11. Videografer

Nah, selain fotografer kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan bermain dengan kamera menjadi seorang videografer, lho! Apalagi, menurut Cisco Inc, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar, menyatakan bahwa sebanyak 82% traffic bersumber dari konten video, dan kemungkinan besar akan terus meningkat.

12. Jasa Les atau Guru Privat

Teruntuk kamu yang memiliki kelebihan atau pengetahuan mendalam di bidang akademis, kamu bisa nih membuka jasa les atau bahkan menjadi guru privat untuk mengajar anak-anak dari SD, SMP, hingga SMA di rumah atau bahkan secara online.

13. Admin Sosial Media

Berkembangnya digitalisasi erat kaitannya dengan penggunaan media sosial yang semakin meningkat pula. Namun, meskipun banyak bisnis sudah mulai merambah pemasaran ke media sosial, banyak dari mereka tidak memiliki waktu untuk mengelola akunnya.

Maka dari itu, menjadi admin sosial media bisa menjadi peluang usaha anak muda tanpa modal yang bisa kamu coba.

 

14. Jasa Penitipan Hewan

Tak hanya seputar dunia digital, kamu bisa mulai usaha anak muda di rumah saja dengan menawarkan jasa penitipan hewan. Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang juga memiliki hewan peliharaan di rumah, karena hanya perlu modal beberapa alat perawatan dan makanan hewan.

15. Jasa Titip

Sempat jadi tren beberapa tahun lalu, ternyata usaha jasa titip masih punya peluang bagus hingga sekarang, lho! Tak melulu soal jasa titip beli barang di luar negeri, kini kamu juga bisa membuka jasa titip untuk barang-barang diskon atau yang dijual di mall ketika orang malas membelinya langsung, apalagi saat kondisi pandemi seperti saat ini.

16. Catering Diet

Ide usaha anak muda selanjutnya yaitu membuka catering diet atau makanan sehat, sebab adanya pandemi membuat kesadaran orang-orang akan pentingnya kesehatan meningkat. Kamu juga bisa menjalankan bisnis ini sesuai pesanan yang ada saja, sehingga meminimalisir bahan baku atau produk terbuang karena tidak laku.

17. Custom Case HP

Selain pulsa dan paket data, tingginya pengguna smartphone juga meningkatkan permintaan atas aksesori pelengkap seperti case untuk melindungi gadget mereka. Supaya inovatif, kamu bisa menawarkan pembuatan case sesuai keinginan pelanggan.

18. DIY Slime

Peluang usaha anak muda dengan modal kecil selanjutnya adalah menjual DIY slime. Usaha ini masih berpeluang bagus karena melibatkan kreativitas pembeli secara langsung dalam membuat berbagai bentuk karya.

19. Kedai Kopi

Tak bisa dipungkiri, perkembangan bisnis kopi cukup pesat beberapa tahun terakhir. Apalagi jika kamu memiliki ketertarikan dengan kopi dan hobi nongkrong, membuka kedai kopi bisa jadi salah satu pilihan usaha.

Tak harus langsung besar, kamu bisa memulainya dengan membuka kedai kopi kecil-kecilan seperti warung kopi yang menyediakan fasilitas wifi gratis dan berbagai macam makanan ringan.

20. Jasa Cuci Kendaraan

Peluang usaha anak muda terakhir adalah jasa cuci kendaraan, terutama jika kamu punya lahan tak terpakai di teras rumah misalnya. Jangan lupa untuk selalu memberikan layanan terbaik dan menarik guna menggaet pelanggan baru dan menjaga loyalitas mereka.

Itu dia 20 peluang usaha anak muda dengan modal kecil yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis. Selain beberapa ide di atas, cobalah lihat hal-hal di sekitarmu yang mungkin saja potensial dan dapat dikembangkan. Untuk tips menarik lainnya, cari tahu selengkapnya di Ruang meNyala ya, semoga membantu!

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya