Logo Ruang Menyal
Bg Block

3 Jenis Asuransi yang Cocok Bagi Pemula yang Baru Bekerja

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 06 Mei 2024 | 279 dilihat

Article Detail

Asuransi adalah poin penting dari perencanaan keuangan dan termasuk cara untuk mengamankan keuangan. Namun, kamu pasti bingung asuransi apa yang cocok bagi pemula.

Fungsi utama asuransi adalah untuk melindungi arus kas keuangan dari risiko yang hadir. Seperti yang kita tahu, hidup ini banyak sekali risiko yang tidak bisa dihindari. 

Pahami risiko apa saja yang bisa kamu minimalisir dengan menggunakan asuransi di penjelasan berikut ini.

3 Jenis Asuransi yang Cocok Bagi Pemula

1. Asuransi Kesehatan

Seperti yang kita tahu, yang namanya penyakit selalu hadir di kehidupan kita. Terlebih lagi ketika kita sakit dan butuh perawatan, tentu saja kita harus merogoh kocek yang dalam untuk membayar tagihan rumah sakit. 

Alih-alih kamu bingung siapa yang akan membayar tagihan rumah sakit, ada baiknya kamu memiliki asuransi kesehatan yang bisa mengcover biaya rumah sakit kamu. 

Sehingga, saat kamu sakit, kamu hanya perlu fokus untuk masa pemulihan, bukan memikirkan biaya rumah sakit.

Baca juga: Kelebihan Asuransi Kesehatan Swasta & Bedanya dengan BPJS

2. Asuransi Kecelakaan

Bagi kamu yang sudah bekerja, maka ada risiko kecelakaan saat diperjalanan menuju dan pulang kerja. 

Hal tersebutlah yang membuat asuransi ini penting untuk kamu miliki agar pendapatanmu tidak terganggu untuk membayar pengobatan. Asuransi ini bisa mengcover biaya pengobatan dan rawat inap. 

Selain itu, terdapat beberapa asuransi yang memberikan uang pertanggungan untuk keluarga yang ditinggalkan bila terjadi risiko meninggal dunia saat kamu mengalami kecelakaan. 

3. Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis ini bisa dibilang sebagai asuransi yang cukup mahal, jika pendapatan kamu masih terbatas. 

Asuransi ini fungsinya untuk mengganti pendapatan kamu yang hilang karna tidak bisa bekerja seperti biasanya. 

Maka, dengan adanya asuransi penyakit kritis ini, kamu bisa mendapatkan penggantian pendapatan dan juga untuk biaya rawat jalan.

Baca juga: Ternyata Ini Hukum Asuransi dalam Islam,Kupas Tuntas!

Atur Keuanganmu bersama Ruang meNYALA!

Demikian penjelasan mengenai jenis asuransi yang cocok bagi pemula. Asuransi sangat penting untuk meminimalkan risiko arus kas keuangan kita, bukan sebagai investasi. 

Selain memilih produk asuransi yang tepat, kamu juga harus memastikan kesiapan kondisi keuanganmu dahulu. Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di Financial Fitness Check Up dari Ruang meNYALA.

Kemudian, hasil analisis tersebut dapat kamu diskusikan bersama Nyala Trainer melalui konsultasi 1-on-1. Dari sana, kamu berkesempatan untuk memperoleh pengetahuan lebih jauh terkait strategi keuangan beserta pemilihan produk asuransi yang dapat disesuaikan dengan kondisi finansialmu agar bisa jadi #FinanciallyFit!

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, daftar sekarang karena tidak dipungut biaya sepeser pun, lho!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya