Logo Ruang Menyal
Bg Block

Kenali Apa Itu Investasi Syariah, Jenis Hingga Manfaatnya!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 26 April 2024 | 373 dilihat

Article Detail

Siapa sih disini yang ngga ingin berinvestasi dan mendapatkan berkah ? Pasti, kamu mau kan mulai berinvestasi. Ada salah satu investasi yang tidak hanya memberikan kamu kecuanan tapi bisa memberikan keberkahan ke hidup kamu, namanya adalah investasi syariah. Investasi syariah adalah jenis investasi yang mengedapnkan prinsip syariah. 

Ini tidak hanya diperuntukkan untuk orang muslim, tetapi siapapun boleh berinvestasi Syariah. Investasi Syariah ini muncul karena banyaknya permintaan dari masyarakat terhadap investasi Syariah. Investasi Syariah ini memiliki prinsip-prinsip yang sesuai dengan agama Islam, diman dalam investasi tersebut tidak boleh mengandung gharar (penipuan), maysir (perjudian), haram dan riba. Pengen tahu apa aja investasi Syariah di Indonesia, yuk kita simak artikel di bawah ini!

Pengertian Investasi Syariah

Investasi syariah adalah bentuk investasi yang didasarkan pada prinsip-prinsip Syariah dalam agama Islam. Prinsip-prinsip tersebut mengatur bagaimana investasi harus dilakukan secara etis dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Salah satu tujuan utama dari investasi Syariah adalah untuk memastikan bahwa dana investasi digunakan dalam kegiatan yang halal dan sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah.

Investasi syariah bertujuan untuk menghindari praktik riba (bunga), spekulasi berlebihan, serta bisnis yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah seperti perjudian, minuman keras, dan industri yang terkait dengan babi atau produk-produknya. Selain itu, investasi Syariah juga mengutamakan keadilan, transparansi, dan tanggung jawab sosial.

Dalam praktiknya, investasi Syariah melibatkan pemilihan instrumen investasi yang memenuhi kriteria-kriteria Syariah, seperti saham-saham dari perusahaan yang beroperasi sesuai dengan prinsip Syariah, obligasi Syariah, dan investasi properti yang sesuai dengan hukum Islam. Dengan demikian, investasi Syariah tidak hanya memberikan keuntungan finansial, tetapi juga memberikan kepuasan moral bagi para investor yang ingin menjalankan investasi sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam.

Baca Juga: 3 Alasan Investasi Syariah Membawa Berkah Di Bulan Ramadhan

Jenis Investasi Syariah

Investasi syariah mempunyai beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan terbaik. Beberapa jenis investasi syariah ini sering menjadi pilihan bagi investor yang ingin mengedepankan prinsip syariah dalam aktifitas keuangannya. Simak beberapa jenis investasi syariah berikut ini!

1. Reksa Dana Syariah

Reksa dana adalah sebuah wadah dimana akan dikumpulkan uang dari para pemodal (investor), dimana modal tersebut akan dikelola oleh manajer investasi yang akan diinvestasikan ke portfolio investasi, seperti saham, obligasi dan pasar uang. Bedanya, pada reksa dana Syariah pemilihan produknya pasti sudah terhindar dari gharar, maysir , haram dan juga riba. Selain itu, di reksa dana Syariah ini ada sebuah proses yang tidak terdapat di reksa dana konvensional. Yaitu, proses cleansing, sebuah proses dimana membersihkan reksa dana dari pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip Syariah. Jadi, bisa dipastikan bahwa keuntungan yang kita dapatkan ini sudah bisa dipastikan sesuai dengan prinsip Syariah.

2. Saham Syariah

Selain reksa dana, jenis investasi syariah adalah saham syariah. Tentu saja, saham Syariah ini dipilih perusahaan yang tidak mengandung keempat hal yang sudah disebutkan. Selain itu, pada saham Syariah pun tidak bisa meminjam uang ke sekuritas, Ketika modal kita habis. Maka dari itu, saham Syariah ini bisa dikatakan investasi Syariah yang paling Syariah, karena konsepnya seperti kita menanam modal ke usaha teman/saudara yang kemudian uang tersebut akan digunakan sebagai modal kerja dan keuntungannya didapatkan dari bagi hasil perusahaan tersebut.

3. Emas

Siapa sih yang ngga tahu investasi emas ? Pasti kamu udah tahu dong ya investasi emas ini menjadi primadona di kalangan ibu rumah tangga. Bagaiaman tidak ? Emas ini memiliki kenaikan per tahun yang cukup menggiurkan, tetapi memang harus berinvestasi dalam jangka yang Panjang. Emas ini memang sudah menjadi salah satu investasi yang ada dari jaman Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, kamu bisa nih memilih investasi emas sebagai investasi Syariah pertama kamu.

Itulah pengertian hingga jenis investasi syariah yang bisa kamu pilih. Investasi syariah adalah jenis investasi yang banyak dipilih oleh banyak orang saat ini. Wah ternyata sekarang sudah banyak ya investasi Syariah yang ada di Indonesia. Kamu juga bisa loh cek Fatwa DSN MUI untuk tahu bagaimana investasi-investasi Syariah di Indonesia ini diperbolehkan. Buat kamu yang masih bingung untuk berinvestasi, yuk tanyakan langsung ke Rachel ya!

Baca Juga: Sukuk Ritel: Pengertian, Keuntungan, Dan Cara Jual Belinya

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya