Logo Ruang Menyal
Bg Block

3 Alasan Investasi Syariah Membawa Berkah di Bulan Ramadhan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 06 Maret 2024 | 473 dilihat

Article Detail

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tentu saja kita ingin meningkatkan keimanan dan juga keberkahan. Salah satu cara untuk bisa membawa keberkahan adalah dengan mengatur keuangan kita sebaik mungkin, jangan sampai uang tersebut kamu pergunakan ke tempat yang salah. 

Dengan pengaturan keuangan yang tepat, tentu saja akan membawa kesejahteraan di hidup kamu. Salah satu instrument dalam perencanaan keuangan adalah investasi. 

Apakah ada investasi yang bisa membawa berkah di bulan Ramadhan ini ? tentu 

saja ada, semakin berkembangnya zaman, kebutuhan orang-orang untuk berinvestasi semakin tinggi, sehingga produk-produk investasi Syariah semakin banyak bermunculan. 

Lalu, apa sih sebenarnya keuntungan dari berinvestasi Syariah ini ? Yuk cek keuntungan berinvestasi Syariah di artikel ini.

3 Keuntungan Investasi Syariah

Apakah ada investasi yang bisa membawa berkah di bulan Ramadhan ini ? tentu saja ada, semakin berkembangnya zaman, kebutuhan orang-orang untuk berinvestasi semakin tinggi, 

sehingga produk-produk investasi Syariah semakin banyak bermunculan. Lalu, apa sih sebenarnya keuntungan dari berinvestasi Syariah ini ? Yuk cek 3 keuntungan berinvestasi Syariah di artikel ini.

1. Sebagai Investor, Kamu Bisa Ikut Terlibat Dalam Kegiatan Sosial

Bagi kamu yang belum tahu ke dahsyatan dari berinvestasi Syariah, investasi ini sebenarnya digunakan sebagai sarana aktivitas kegiatan sosial. Keuntungan dan manfaat dari investasi 

yang dilakukan ini tidak hanya akan dirasakan oleh para nasabah, melainkan juga untuk orang lain yang membutuhkannya. Salah satunya bisa kamu temukan di proses cleansing dalam 

reksa dana Syariah, harta yang bukan hak kita dan perlu dibersihkan akan diberikan ke orang yang membutuhkan dalam bentuk zakat, infak maupun sedekah. Jadi, investasi syraiah ini bisa menjadi penggerak kualitas bidang ekonomi.

Baca juga: Investor Relations - Fungsi, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

2. Investasi yang dilakukan mengedepankan transparansi

 

 

Dalam investasi Syariah, kamu tidak perlu khawatir mengenai bagaimana uang kamu akan dikelola. Uang kamu dikelola dengan mengedepankan transparansi. Kamu tahu kemana uang 

kamu akan diinvestasikan dan kamu juga tahu apa saja risiko dan keuntungannya. Dengan mengetahui apa saja yang akan dihadapi, tentu membuat kita menjadi lebih tenang dan merasa aman ketika berinvestasi.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan Beserta Tipsnya

3. Halal dan Bebas Riba

 

Sebagai syarat utama, tentu saja investasi kamu sudah pasti halal dan bebas riba. Halal yang artinya kamu akan berinvestasi pada instrumen atau perusahaan yang memang 

diperbolehkan dalam Islam. Misalnya, kalau kamu beirnvestasi saham, kamu tidak boleh berinvestasi di perusahaan penjual minuman alkohol, rokok dan hal lainnya yang diharamkan. 

Nggak hanya itu saja, tetapi di investasi Syariah ini, kamu bisa dipastikan bebas dari kegiatan spekulasi dan manipulasi, dimana di dalamnya mengandung unsur gharar, riba, maysir, 

maksiat dan kezaliman. Selain itu, investasi kamu juga akan bebas dari riba. Seperti yang kita tahu, investasi Syariah ini tidak akan bertemu dengan bunga bank yang bisa dikatakan pasti, ternyata dalam investasi pasti ada untung dan ruginya, maka kamu bisa terhinda dari riba dengan berinvestasi Syariah.

Berinvestasi Syariah ini ternyata membawa banyak kebaikan baik di kehidupan kita maupun di kehidupan orang lain. Sebelum investasi, pastikan kamu sudah tahu investasi yang kamu lakukan ya. Jangan lupa untuk selalu menanyakan ke orang yang ahli dalam keuangan atau kamu bisa langsung bertanya langsung ke Rachel ya !

Tak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Life Goals pada aplikasi ONe Mobile untuk membantu merencanakan dan memantau proses pencapaian tujuan keuangan.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk bangun keluarga sejahtera dan capai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Investasi Syariah Bodong, Ini Tips Menghindarinya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya