Logo Ruang Menyal
Bg Block

Tips Atur Pengeluaran Saat Liburan Agar Kantong Nggak Bolong

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 28 April 2022 | 341 dilihat

Article Detail

Hai Sobat Nyala! nggak kerasa nih sebentar lagi akan memasuki Hari Raya Lebaran dan akhirnya bisa libur panjang sekalian juga mudik deh! Pasti udah nggak sabar banget dong buat liburan dan merayakan Lebaran bareng keluarga, tapi sudah di persiapkan belum budget buat liburan panjangnya Sobat Nyala? Jangan sampai boncos ya Sobat Nyala karena kebablasan beli ini itu tanpa mengatur keuangan kamu! 

Biar kamu bisa mengatur keuangan kamu buat liburan dan tentunya nggak bikin kantong jebol, simak 5 tips atur keuangan agar kantong kamu nggak kosong melompong!

1.              Memburu Promo

Memasuki liburan anjang pastinya banyak banget promo-promo yang bisa kamu gunain Sobat Nyala. Kamu bisa mendapatkan promo-promo tersebut di platform-platform yang menyediakan tiket hiburan, dan informasi tentang promo tambahan lainnya. Dengan begitu kamu akan bisa jauh lebih hemat untuk liburan kamu, dan pastinya tetep asyik deh!

2.              Membuat Budget Khusus 

Kamu bisa membuat budget khusus untuk liburan, mulai dari transportasi, akomodasi, biaya makan, sampai oleh oleh untuk teman-teman terdekat. Kamu juga bisa menyiapkan budget untuk THR jika di perlukan. Dengan kamu menyiapkan budget dengan rapih, kamu tidak akan bingung lagi tentang biaya-biaya nya dan juga kamu akan terhindar dari boncos karena berlebihan mengeluarkan uang saat liburan nanti. 

 

3.              Eksplorasi Tempat Wisata dengan harga terjangkau

Ketika liburan tentunya yang kamu butuhkan adalah refreshing. Keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari saat bekerja. Agar bisa menikmati refreshing kamu bisa mengunjungi tempat wisata dengan konsep alam, selain harga tiket masuknya terbilang terjangkau, dengan konsep alam refreshing kamu akan terasa lebih menyenangkan. Selain alam, kamu juga bisa mencara beberapa tempat  wisata uang terbilang terjangkau atau bahkan gratis. Dengan begitu pengeluaran kamu tidak akan semakin bengkak deh!

4.              Hobi yang Bikin Cuan

Untuk bisa menambah budget kamu liburan, kamu juga bisa loh membuat hobi kamu menjadi cuan. Kamu bisa meraih pendapatan tambahan dari hobi kamu misalnya kamu suka fotografi, kamu bisa menjual hasil foto kamu di platform tertentu untuk menambah budget kamu liburan. Kalau kamu suka traveling dan membuat video, kamu bisa membuat vlog dan upload di youtube dan penghasilan dari youtube bisa kamu gunakan untuk liburan lagi deh!

 

5.              Buat budget oleh-oleh!

Ketika kita pergi liburan pasti yang kamu pikirkan adalah harus membawa oleh-oleh. Tapi terkadang ketika membeli oleh-oleh kamu akan mengambil secara impulsive semua yang di lihat mata dan menyebabkan pengeluaran kamu menjadi bengkak. Jangan sampai begitu ya Sobat Nyala! Kamu harus tetap membuat budget khusus untuk membeli oleh-oleh. Dengan membuat budget, kamu jadi tau berapa oleh-oleh yang bisa kamu beli saat liburan nanti, tanpa ada pengeluaran berlebih saat membeli oleh-oleh.

Nah itu dia Sobat Nyala tips yang bisa kamu praktikan untuk persiapan liburan kamu biar kantong kamu nggak bolong! Jadi bisa di investasikan deh sebagian uang kamu dan nggak habis semua untuk liburan!

 

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya