Logo Ruang Menyal
Bg Block

Fantastis, Ini Total Kekayaan Elon Musk & Berbagai Sumbernya

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 14 April 2024 | 12976 dilihat

Article Detail

Saat ini, kekayaan Elon Musk membuatnya menempati urutan kedua sebagai orang terkaya di dunia menurut data The Real-Time Billionaires List milik Forbes.

Meski sepanjang tahun 2022 ia kehilangan banyak hartanya, salah satu pendiri sekaligus pemegang saham terbesar Tesla ini masih berada di posisi 3 besar. 

Lantas, berapa kekayaan Elon Musk dalam rupiah? Yuk temukan jawabannya pada pemaparan berikut!

Siapa itu Elon Musk?

Nama Elon Musk kerap menggemparkan dunia dengan berbagai tindakan yang dilakukannya. 

Mulai dari soal inovasi teknologi, bisnis, hingga kehidupan pribadi, Elon Musk selalu sukses memberikan kekaguman sekaligus kejutan pada banyak orang.

Elon Musk semakin mencuri perhatian pada September 2021 karena dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya nomor 1 di dunia.

Gelar tersebut rupanya tak bertahan lama karena di sepanjang tahun 2022 kekayaannya menurun secara signifikan dan posisinya digantikan oleh CEO dari Louis Vuitton, Bernard Arnault.

Elon Musk menjadi satu-satunya orang dalam sejarah yang mengalami kehilangan kekayaan hingga Rp3.112 triliun hanya pada kurun waktu satu tahun.

Kendati demikian, posisinya tidak menurun drastis karena sampai dengan pertengahan bulan Januari 2023, Elon Musk masih menempati urutan kedua sebagai orang terkaya di dunia. 

Kerugian tersebut rupanya tidak benar-benar menguras total kekayaan Elon Musk yang diketahui berasal dari berbagai sumber. 

Sebelum sejauh ini, Elon Musk melewati perjalanan karier di dunia bisnis yang cukup panjang.

Karier awalnya dimulai dengan merintis Zip2, perusahaan perangkat lunak pada tahun 1995 bersama adiknya Kimbal Musk yang mereka jual empat tahun kemudian ke Compaq.

Di tahun 1999 Elon Musk kemudian memanfaatkan hasil penjualan perusahaannya untuk membangun X.com yang berganti nama menjadi PayPal setelah bergabung dengan Confinity.

eBay pun kemudian mengakuisisi PayPal pada 2002. Setelah itu, di tahun yang sama ia mendirikan SpaceX dan dua tahun berikutnya menjadi pemegang saham terbesar Tesla Motors.

Elon Musk kemudian melanjutkan inovasi teknologi dan bisnisnya dengan mendirikan SolarCity, Neuralink, OpenAI, serta The Boring Company.

Selama tahun 2022, Elon Musk juga sibuk mengurusi investasi saham hingga pembelian Twitter. 

Akhirnya kesepakatan mengenai Twitter ditutup dan Musk berhasil memiliki sekitar 74% perusahaan.

Pembelian Twitter ditambah kicauannya yang terus-menerus dan sikap tidak menentu Elon Musk menyulut kemarahan investor Tesla.

Bersamaan dengan huru-haranya terkait Twitter, para investor merespon negatif tindakan Musk yang mengakibatkan saham Tesla anjlok sebesar 37% pada bulan Desember 2022.

Baca juga: Penyebab Harga Saham Turun, Ini Cara Bijak Menghadapinya!

Sumber Kekayaan Elon Musk

Berikut adalah beberapa sumber kekayaan Elon Musk saat ini yang membuat jumlah hartanya sangat banyak, di antaranya yakni:

1. SpaceX

Berdirinya perusahaan SpaceX membuktikan bahwa Elon Musk adalah sosok pengusaha yang sangat inovatif.

SpaceX bergerak dalam bidang produksi roket yang menawarkan pengalaman menjelajah luar angkasa.

SpaceX diharapkan dapat memangkas biaya penerbangan antariksa karena roketnya yang reusable atau memiliki kemampuan mendarat di bumi kembali dengan selamat.

2. Tesla

Tesla dikenal sebagai sumber kekayaan Elon Musk yang paling besar dan telah berhasil menaikkan namanya di kancah dunia.

Dengan Tesla, Musk menampilkan inovasi mobil listrik kelas atas yang ramah lingkungan menggunakan mode autopilot.

Maka dari itu, banyak investor yang tidak ragu menyuntikkan dananya untuk saham di perusahaan otomotif ini.

3. SolarCity

Selain Tesla, sumber kekayaan Elon Musk yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan adalah SolarCity. 

Bisnis ini memungkinkan adanya penghematan pemakaian sumber energi yang semakin menipis di dunia dengan menggunakan tenaga surya berskala besar.

4. Neuralink

Neuralink adalah bisnis Elon Musk yang dirintis untuk mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan. 

Berdirinya bisnis Neuralink juga bertujuan untuk menghadirkan inovasi teknologi pemulih gejala kelainan saraf pada manusia.

5. The Boring Company

Meskipun terdengar nyentrik, The Boring Company adalah sumber kekayaan Elon Musk di bidang infrastruktur yang tidak main-main.

Terinspirasi dari kemacetan yang dialaminya,Musk mendirikan The Boring Company untuk menyediakan moda transportasi kereta bawah tanah dengan kecepatan 700 mil per jam.

6. Twitter

Sumber kekayaan Elon Musk yang terbaru adalah Twitter. Ia berhasil mengakuisisi perusahaan ini sebesar Rp683 triliun.

Proses pengambil alihan Twitter diketahui melibatkan drama berkepanjangan. Setelah diambil alih, Musk membuat geger para pengguna Twitter dengan berbagai kebijakannya.

Total Kekayaan Elon Musk

Lantas, dari berbagai sumber hartanya tersebut, berapa total kekayaan Elon Musk dalam rupiah?

Tercatat hingga pertengahan bulan Januari 2023, kekayaan bersih Elon Musk adalah sekitar $143, 8 miliar atau sebesar Rp2.226 triliun.

Itu tadi pembahasan mengenai sumber dan jumlah kekayaan Elon Musk yang terbilang sangat luar biasa.

Meskipun demikian, dari Elon Musk kita juga perlu belajar untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan finansial, terutama terkait dengan investasi dan bisnis.

Nah, berbicara mengenai persoalan finansial yang perlu ditangani dengan cermat, apakah kamu sudah memahami bagaimana mengatur keuangan agar #FinanciallyFit?

Jika belum, yuk coba cek bagaimana kondisi keuanganmu melalui Financial Fitness Checkup bersama Ruang meNyala.

Setelah itu, kamu bisa berkonsultasi dengan Nyala Trainer dan pakar finansial untuk mengelola keuangan secara efektif sesuai kondisi pribadi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk coba layanannya sekarang!

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Susah Kaya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya