Logo Ruang Menyal
Bg Block

15 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan dengan Efektif

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 03 Mei 2024 | 2809 dilihat

Article Detail

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan adalah memperhatikan cara meningkatkan motivasi kerja karyawan. 

Pasalnya, motivasi kerja karyawan berhubungan dengan hasil kinerja yang pada akhirnya turut memengaruhi capaian perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan bisa membangun lingkungan kerja yang baik sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi karyawan. 

Nah, untuk mengetahui sejumlah cara meningkatkan motivasi kerja diri sendiri, yuk simak artikel berikut!

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan 

Berikut adalah cara meningkatkan motivasi kerja bagi karyawan yang bisa kamu terapkan, di antaranya yaitu:

1. Perhatikan Kesejahteraan Karyawan 

Hal utama dalam cara meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan memperhatikan kesejahteraannya. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja yang satu ini? 

Well, jika kamu seorang HR perusahaan, maka hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memastikan karyawan memiliki waktu istirahat cukup.

Selain itu, perusahaan perlu menanamkan bahwa kesehatan karyawan adalah yang paling utama. Dengan memperhatikan hal ini, motivasi para pegawai dalam bekerja akan semakin meningkat.

2. Ciptakan Ruang untuk Berkembang 

Sebagai perusahaan yang ingin menciptakan ekosistem kantor baik, cara meningkatkan motivasi kerja karyawan bisa dilakukan dengan menyediakan ruang untuk mereka berkembang.

Caranya yaitu, perusahaan bisa menyediakan berbagai pelatihan baik dari internal maupun eksternal. Tak hanya berguna dalam meningkatkan skill karyawan, namun hal ini juga memiliki dampak yang positif bagi perusahaan.

3. Bangun Lingkungan Kerja yang Baik 

Salah satu faktor kenyamanan karyawan dalam bekerja adalah lingkungan yang mendukung di sekitarnya. Yup, membangun lingkungan yang positif dan nyaman bisa menjadi cara meningkatkan motivasi kerja bagi karyawan.

Jika memungkinkan, kamu bisa menciptakan lingkungan kerja yang terasa seperti akrab bagi para karyawan, misalnya memberikan fasilitas ruang santai atau game untuk beristirahat.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan lingkungan kantor memiliki sirkulasi udara, serta sistem pencahayaan yang akan memberikan kenyamanan pada setiap karyawan dalam bekerja.

4. Rutin Mengadakan Employee Gathering 

Setelah setiap hari berkutat dengan rutinitas pekerjaan, tak ada salahnya lho, sekali-kali kamu mengadakan employee gathering untuk refreshing diri dan para karyawan.

Tak hanya bermanfaat sebagai waktu healing bagi mereka, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang untuk para karyawan saling mengenali satu sama lain.

Dengan demikian, saat hubungan semakin erat antar karyawan, hal tersebut mampu membuat kerjasama tim di perusahaan akan berjalan lancar.

5. Berikan Apresiasi pada Karyawan 

Selain employee gathering, cara meningkatkan motivasi kerja karyawan berikutnya adalah dengan memberikan apresiasi atas hasil kinerja mereka.

Terlebih lagi, ketika karyawan menunjukkan hasil kerja yang semakin berkembang, atau telah mencapai target tertentu bagi perusahaan.

Bentuk apresiasi ini menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan menghargai kinerja setiap karyawannya, dapat berupa bonus gaji, voucher belanja, atau mengizinkan mereka liburan.

Baca juga: 7 Tanda Lingkungan Kerja yang Baik dan Ideal bagi Karyawan

6. Bekerja Sesuai Minat 

Salah satu cara meningkatkan motivasi kerja diri sendiri yang perlu dilakukan sejak awal adalah memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan keahlianmu.

Apabila melakukan pekerjaan sesuai minat dan keahlian yang dimiliki, kamu tidak akan melihat tugas-tugas dari perusahaan sebagai beban.

7. Terapkan Komunikasi yang Efektif 

Cara meningkatkan motivasi kerja diri sendiri ini bisa dimulai dengan membangun komunikasi yang efektif dan baik antara sesama tim atau rekan kerja.

Dengan memastikan bahwa komunikasi yang terbuka dan efektif di antara karyawan sudah tercipta, hal ini akan memudahkan perusahaan jika ingin membuat kerjasama dalam tim.

Selain itu, menerapkan komunikasi yang efektif juga bisa mengurangi terjadinya perselisihan di dalam lingkungan kerja.

8. Tentukan Tujuan Hidup dan Target Kerja 

Menentukan tujuan hidup serta target kerja ternyata menjadi cara meningkatkan motivasi kerja karyawan yang sangat penting, lho.

Yup, misalnya, kamu sudah menentukan impian serta cita-cita yang akan dicapai dalam pekerjaanmu, maka hal ini dapat meningkatkan semangat dan motivasimu ketika bekerja.

9. Berikan Upah Sesuai Keahlian dan Beban Kerja 

Umumnya, bagi beberapa karyawan, upah yang mereka terima adalah salah satu motivasi dalam bekerja 

Maka dari itu, perusahaan dapat menyediakan fasilitas berupa bonus atau tunjangan sesuai dengan hasil kinerja yang ditunjukkan karyawan.

Dengan demikian, para karyawan akan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya. 

10. Beri Kesempatan Karyawan untuk Berpendapat 

Cara meningkatkan motivasi kerja karyawan berikutnya yaitu, seorang atasan di perusahaan perlu memberikan kesempatan para pegawai untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang positif. 

Melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan dapat memberikan rasa kepemilikan lebih besar terhadap perusahaan, sehingga mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Baca juga: Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Karyawan, Wajib Diperhatikan

11. Memberikan Jenjang Karier yang Jelas 

Memberikan jenjang karier yang jelas juga bisa menjadi cara meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam bekerja.

Apabila perusahaan menyediakan jenjang karier yang jelas, misalnya memberikan posisi atau jabatan terjamin jika karyawan menunjukkan hasil cukup baik dalam pekerjaannya, hal ini bisa menambah motivasi mereka.

Dengan begitu, karyawan akan semakin semangat menunjukkan kemampuan dan prestasinya untuk mencapai promosi dalam perusahaan tersebut.

12. Tawarkan Pilihan Kerja yang Fleksibel 

Melansir dari Semos Cloud, sebagai besar karyawan dalam perusahaan menginginkan pengalaman bekerja secara jarak jauh, atau dikenal sebagai Work From Home (WFH).

Perusahaan bisa memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk sesekali melakukan WFH, mungkin saja mereka membutuhkan suasana kerja yang baru, untuk bisa termotivasi mengerjakan tugasnya.

Selain itu, memberikan kesempatan bagi karyawan WFH juga bisa menciptakan work life balance bagi para karyawan.

13. Bersikap Transparan 

Salah satu faktor utama dalam membangun hubungan kerja adalah terciptanya kepercayaan antara perusahaan dengan karyawannya.

Untuk itu, menciptakan transparansi dalam setiap kegiatan perusahaan mampu menumbuhkan rasa kepercayaan bagi setiap karyawan.

Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa tidak ada hal-hal yang ditutupi oleh perusahaan dalam segala tindakan bisnis.

14. Hindari Sistem Micromanage 

Cara meningkatkan motivasi kerja karyawan menurut para ahli adalah menghindari kepemimpinan dengan melakukan sistem micromanage.

Berdasarkan International Journal of Business and Management Invention, micromanage adalah salah satu cara kepemimpinan seorang atasan yang mengamati kinerja para karyawannya secara berlebihan.

Sebagai pemimpin, sebaiknya kamu menghindari melakukan sistem micromanage, karena hal ini hanya akan membuat karyawan menjadi tidak nyaman dan merasa terintimidasi dalam melakukan pekerjaannya.

15. Mendorong Kerja Tim 

Selain memberikan kesempatan untuk berpendapat, cara memotivasi karyawan juga bisa dilakukan dengan mendorong keterlibatan mereka untuk bekerja sama dalam tim.

Dengan begitu, cara ini mampu membentuk motivasi karyawan dalam bekerja dengan tim dan membentuk inovasi baru bagi perusahaan.

Mari Tingkatkan Motivasi Kerja bersama Ruang meNYALA

Nah, itulah sederet informasi terkait cara meningkatkan motivasi kerja karyawan, mulai dari memperhatikan kesejahteraannya hingga mendorong team work.

Selain melalui sederet cara di atas, kamu juga bisa meningkatkan motivasi kerja dengan rutin memeriksa kesehatan finansial agar tujuan hidup lekas tercapai.

Lantas, bagaimana caranya? Kamu tak perlu khawatir, karena Ruang meNYALA menyediakan layanan Financial Fitness Check Up untuk membantu mengecek kesehatan keuanganmu.

Kamu hanya membutuhkan waktu selama 3 menit saja untuk tahu perkembangan kondisi finansialmu. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan konsultasi secara 1-on-1 dengan Nyala Trainer yang bisa bantu mencapai tujuan keuanganmu.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk tingkatkan motivasi kerja dan capai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: 12 Ide Usaha Sampingan Karyawan, Untung Meski Minim Modal!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya