Logo Ruang Menyal
Bg Block

14 Cara Menghemat Kuota Internet, Tips Jitu Kantong Irit

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 16 April 2024 | 26218 dilihat

Article Detail

Menekan pengeluaran bulanan bisa kamu lakukan dengan cara menghemat kuota internet.

Tanpa kamu sadari, hal ini ternyata dapat berpengaruh besar terhadap pengelolaan keuangan, lho. Apalagi mengingat hampir segala aktivitas kini memerlukan internet.

Tentu, kebutuhan akan kuota menjadi semakin besar sehingga kamu harus pintar-pintar mengelolanya.

Lantas, bagaimana cara menghemat kuota internet dengan efektif? Artikel berikut telah merangkum sejumlah tipsnya untuk kamu. Yuk, simak!

14 Cara Menghemat Kuota Internet

Agar kuota internetmu tak boros hingga mengganggu pengelolaan keuanganmu, yuk simak beberapa tips menghematnya dengan efektif berikut ini!

1. Perhatikan Pemakaian Harian

Cara menghemat kuota internet yang pertama adalah dengan memperhatikan pemakaian harianmu. 

Sebaiknya, hindari pemakaian kuota apabila tidak ada hal penting yang harus dilakukan. 

Selain itu, tiap provider pasti menyediakan berbagai paket internet dengan nominal harga yang berbeda-beda. 

Nah, kamu bisa memilih paket kuota terhemat yang ada, tetapi tetap sesuai dengan kebutuhan harianmu.

2. Manfaatkan Koneksi Wi-Fi yang Ada

Jika ada koneksi Wi-Fi yang tersedia di rumah, kampus, kafe, tempat kerja, atau ruang publik lainnya, kamu bisa menyambungkan koneksi internetnya dengan handphone-mu.

Nah, saat menggunakan Wi-Fi, kamu bisa memanfaatkannya untuk men-download file berukuran besar dan melakukan update software atau aplikasi.

Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa jaringan Wi-Fi yang kamu gunakan aman dan terpercaya sebelum menyambungkannya, ya.

3. Gunakan Fitur Data Saver

Bagi pengguna ponsel Android, salah satu cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur data saver.

Pasalnya, dengan fitur ini, semua aktivitas yang berjalan di belakang layar tidak akan bisa tersambung ke internet. Alhasil, kuota internet pun bisa lebih hemat.

Cara mengaktifkan fitur data saver berbeda-beda tergantung merek ponsel. Namun pada umumnya, fitur ini dapat diaktifkan melalui setting atau pengaturan.

4. Batasi Penggunaan Data Background

Cara menghemat kuota internet selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan aplikasi yang berjalan di belakang layar menggunakan restrict background data.

Sebenarnya, cara kerja fitur ini mirip dengan data saver. Untuk mengaktifkannya, kamu juga hanya perlu membuka setting.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Listrik Untuk Mengurangi Biaya Tagihan 

5. Atur Penggunaan Menonton Video

Beberapa aplikasi menonton video, seperti YouTube dan Netflix, mengonsumsi banyak kuota internet. Alhasil, kuota internet pun cepat habis.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi frekuensi menonton video. Jika ingin menonton video di platform OTT, pastikan untuk memilih resolusi yang rendah.

6. Batasi Streaming Online

Cara menghemat kuota internet lainnya saat menonton video adalah mengunduhnya saat sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Kemudian, kamu bisa menonton hasil unduhannya sehingga aktivitas streaming yang dilakukan pun tidak akan mengurangi kuota internet.

7. Non-aktifkan Fitur Auto Download

Pada aplikasi Play Store atau App Store, ada fitur auto download yang memungkinkan ponselmu untuk melakukan update aplikasi secara otomatis jika ada pembaharuan.

Pasalnya, jika fitur ini diaktifkan, kuota internet pun bisa banyak tersedot tanpa disadari akibat meng-update aplikasi tersebut.

Kabar baiknya, fitur auto download bisa dinonaktifkan, sehingga update pun hanya dapat dilakukan dengan persetujuan pemiliknya.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur fitur auto download untuk Wi-Fi only. Ini berarti, update aplikasi secara otomatis hanya bisa dilakukan saat ponsel sedang tersambung ke jaringan Wi-Fi.

8. Matikan Mobile Data saat Tidak Diperlukan

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah dengan menonaktifkan mobile data saat ponsel sedang tidak dipakai, seperti ketika tidur.

Hal ini dilakukan untuk mencegah pengurangan kuota internet pada penggunaan aplikasi yang tidak diperlukan. Alhasil, kuota pun dapat lebih hemat.

9. Non-aktifkan Fitur Autoplay Streaming Musik

Pada beberapa aplikasi streaming musik, baik di PC maupun ponsel, terdapat fitur autoplay yang memungkinkanmu untuk mendengarkan lagu secara terus-menerus.

Alhasil, kuota internet pun dapat banyak tersedot tanpa kamu sadari. Apalagi jika kamu ketiduran saat tengah mendengarkan musik. Bisa-bisa, musik terus berjalan sampai pagi.

Oleh karena itu, salah satu cara menghemat kuota di PC adalah dengan mematikan autoplay pada aplikasi yang menyediakan fitur ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kualitas suara agar lebih rendah dari lagu yang didengarkan. Hal ini tentu dapat mengurangi pemakaian kuota internet kamu.

10. Non-aktifkan Auto Sinkronisasi Storage

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur auto sync storage. Fitur apakah ini?

Fitur auto sync storage berfungsi untuk menyinkronkan berbagai data dari hp atau laptop ke penyimpanan cloud. Meskipun bermanfaat, fitur ini tentunya dapat menyedot banyak kuota internetmu, lho.

Menonaktifkan fitur auto sync juga dapat menjadi cara menghemat kuota di laptop. Sebab, pada laptop, terdapat auto sync drive yang jika tidak menonaktifkannya, kuotamu dapat tersedot tanpa disadari.

Baca juga: 8 Jenis Investasi untuk Anak Muda, Jadi Cuan Sejak Dini! 

11. Matikan Location Jika Tidak Diperlukan

Location merupakan salah satu fitur yang berjalan di latar belakang. Alhasil, meskipun sedang tidak menggunakan aplikasi peta, kuotamu dapat tersedot tiba-tiba.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini, kamu bisa mematikan location apabila tidak diperlukan.

12. Set Peringatan Penggunaan Data Berlebih

Pada ponselmu, kamu juga dapat mengaktifkan data warning untuk memberitahu bahwa kuota internet telah melebihi penggunaan yang semestinya.

Untuk mengaktifkannya, kamu dapat menuju Setting > Network & Internet > Data Usage > Mobile Data Usage > Tap Set Data Warning On.

Setelah itu, kamu pun bisa mengatur pada berapa banyak data internet telah dihabiskan untuk membuat peringatan tersebut akan muncul.

Misalnya, kamu mengaturnya pada ukuran 10 GB untuk tiap bulan. Jika dalam satu bulan kamu telah menggunakan lebih dari 10 GB kuota data, maka akan muncul peringatan ini.

13. Gunakan Cache Google Maps secara Offline

Apakah kamu tahu bahwa Google Maps dapat dinikmati secara offline? Caranya adalah dengan mengunduh peta pada suatu area yang ingin kamu datangi.

Setelah terunduh, kamu pun dapat menggunakan Google Maps tanpa harus menyalakan kuota internet. Hal ini tentu akan menghemat kuota internetmu.

14. Menghindari Penggunaan Desktop Mode

Pada aplikasi Google Chrome di ponsel, terdapat fitur desktop mode yang membuatmu dapat membuka page browser dengan mode seperti pada layar komputer.

Meskipun mode ini bisa memberikan kenyamanan pada pengguna yang sudah familiar dengan layar desktop, sebaiknya kamu menghindari penggunaan fitur ini.

Pasalnya, penggunaan desktop mode memerlukan tambahan kuota. Alhasil, kuota internet pun lebih banyak tersedot.

Yuk, Atur Keuangan dengan Bijak Bersama Ruang meNYALA!

Itu dia penjelasan tentang bagaimana cara menghemat kuota internet yang bisa diaplikasikan baik di PC, laptop, maupun ponsel.

Semoga cara-cara di atas bermanfaat untuk menghemat kuota agar pengeluaranmu pun tidak ikut boros.

Nah, agar bisa makin hemat dalam mengelola uang, kamu harus mulai memperhatikan manajemen finansialmu.

Step pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecek kondisi kesehatan finansialmu, apakah sudah sehat atau belum, di Financial Fitness Check Up dari  Ruang meNYALA.

Setelah itu, kamu juga bisa melakukan konsultasi 1-on-1 dengan pakar finansial Nyala terkait pengelolaan keuanganmu. Yuk, jadi #FinanciallyFit bareng  Ruang meNYALA!

Baca juga: 10 Cara Mempersiapkan Tabungan Pernikahan, Simak Tipsnya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya