Logo Ruang Menyal
Bg Block

5 Aplikasi Pengelola Keuangan Keluarga Gratis Terbaik

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 06 Juni 2023 | 1014 dilihat

Article Detail

Mencatat arus kas adalah salah satu tips mengatur keuangan yang efektif. Agar lebih mudah, aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis bisa kamu manfaatkan.

Selain mempermudah kamu melakukan tracking pemasukan dan pengeluaran, financial manager digital juga akan membuat perencanaan keuangan jadi lebih efisien.

Ada banyak banget lho aplikasi pengatur keuangan keuangan gratis yang dapat kamu gunakan. Well, artikel berikut punya beberapa rekomendasinya. Simak, yuk!

Rekomendasi Aplikasi Pengelola Keuangan Keluarga Gratis 

Tahukah kamu, berdasarkan studi pada jurnal Feminism and Couple Finance, jika pasangan dalam keluarga mengelola keuangan secara bersama, hal ini bisa membuat hubungan menjadi lebih bahagia dan stabil, lho.

Dengan demikian, apabila kamu dapat mengatur keuangan keluarga secara baik, maka hal ini bisa memengaruhi kualitas hubungan di dalam rumah tangga.

Jika dahulu mengatur finansial biasanya dilakukan dengan membuat catatan menggunakan buku kas, kini mengelola keuangan menjadi lebih mudah melalui smartphone.

Nah, berikut adalah sejumlah rekomendasi aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis terbaik, antara lain yaitu:

1. Dompet Manager 

Aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis yang pertama adalah Dompet Manajer, dengan berbagai penawaran fitur menarik.

Melalui aplikasi pengatur keuangan ini, kamu bisa membuat rencana pembelanjaan dan menetapkannya berdasarkan kategori sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk transfer antar akun bank, grafik aktivitas keuangan, sampai bisa mem-backup dan import data finansial keluargamu.

2. Catatan Keuangan Harian 

Aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis ini mempunyai fitur berupa laporan yang dapat menghitung seluruh pengeluaranmu setiap bulannya.

Yup, kamu bisa melihat pengeluaran berdasarkan kategori, serta mengetahui selisih antara pemasukan dengan biaya yang dibelanjakan.

Selain itu, kamu juga dapat menghilangkan pengeluaran yang dirasa tidak diperlukan, hingga membuat jadwal tagihan ke depannya.

Baca juga: 4 Cara Menghadapi Keluarga yang Suka Minta Uang, Ini Tipsnya 

3. Money Lover 

Money lover adalah aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis berikutnya yang sudah banyak dikenal untuk mengurus manajemen finansial terbaik.

Melalui aplikasi ini, kamu akan lebih mudah dalam membuat batasan budget pengeluaran sesuai dengan yang diinginkan.

Nantinya, akan ada pengingat berupa notifikasi yang muncul saat kamu mengeluarkan dana melebihi penentuan anggaran.

Aplikasi Money Lover juga memiliki fitur yang memudahkanmu dalam mencatat pemasukan atau pengeluaran sesuai kategori tertentu berdasarkan kebutuhan.

Tak hanya itu, aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis ini juga memiliki beberapa fitur utama lainnya, seperti Linked dan Goal Wallet, Reporting, Budget Planner, hingga Money Manager.

4. Sepran 

Sepran atau Expense Manager adalah aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis yang bisa membantumu membuat catatan pengeluaran dan pemasukan harian dengan mudah.

Perlu diketahui, aplikasi ini juga bisa digunakan meskipun tanpa koneksi internet, lho.

Selain itu, Sepran merupakan aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis yang memiliki fitur input data sederhana, sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh pemula.

5. Spandee 

Terakhir, aplikasi pengelola keuangan keluarga gratis lainnya adalah Spandee, yang dapat memonitor berapa banyak pemasukan dan pengeluaranmu.

Selain itu, aplikasi pengatur keuangan ini juga bisa menghubungkan akun bank milikmu dengan aman, serta membuat perencanaan finansial per bulannya.

Misalnya, dalam sebulan kamu ingin menetapkan budget makanan untuk keluarga sebanyak Rp1 juta, nantinya akan muncul notifikasi yang mengingatkan apabila pengeluaran sudah lebih dari jumlah tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mengontrol diri karena sudah menetapkan rencana pengeluaran sebelumnya.

Baca juga: Yuk, Saatnya Belajar Cara agar Tidak Menjadi Beban Keluarga!

Atur Keuanganmu Lebih Mudah Bersama Ruang meNYALA

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi keuangan keluarga gratis yang bisa kamu coba. 

Dari sejumlah rekomendasi tersebut, aplikasi mana yang ingin kamu coba untuk mengatur keuangan keluarga?

Well, selain memiliki aplikasi keuangan keluarga, kamu juga perlu mempersiapkan rekening untuk mengetahui budgeting secara tepat.

Salah satu alternatifnya, kamu bisa buka rekening Nyala untuk mempermudah kamu dalam mengelola keuangan dan tentunya bisa membantu kamu lebih cuan!

Yup, tak perlu datang langsung ke kantor cabang, kamu hanya perlu meng-install aplikasi One Mobile OCBC NISP melalui smartphone untuk mengelola akunnya. 

Dengan membuka rekening Nyala melalui One Mobile, kamu akan mendapatkan berbagai fitur menarik, seperti tersedia 11 mata uang asing, dapat mengajukan pinjaman KTA dan kartu kredit, serta investasi reksadana hingga obligasi.

Selain itu, jika membuka rekening Nyala OCBC NISP sekarang, kamu bisa mendapatkan Cashback sampai Rp1.000.000, dengan menggunakan kode promo menyalacashback200.

Tunggu apalagi? Yuk, dapatkan solusi untuk teknologi keuangan digital dengan membuka rekening Nyala melalui One Mobile OCBC NISP sekarang juga! 

Jika kamu tertarik, jangan lupa baca Syarat dan Ketentuan lebih lanjut melalui website RuangmeNYALA, ya.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga Jika Suami Istri Bekerja


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya