Logo Ruang Menyal
Bg Block

Apa itu Freelancer? Pengertian dan Bedanya dari Pekerja Lain

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 02 Desember 2021 | 745 dilihat

Article Detail

Dewasa ini, freelancer adalah istilah yang sudah sangat familiar terdengar. Bagaimana tidak, sebagian besar mahasiswa bahkan memanfaatkan jenis pekerjaan tersebut untuk menambah penghasilan mereka.

 

Memiliki waktu yang lebih fleksibel dan tidak terikat oleh suatu perusahaan, menjadi kelebihan tersendiri bagi seorang freelancer. Jadi, sebenarnya apa itu freelancer? Yuk simak pengertian serta tipe-tipe freelancer dan pengertiannya dalam artikel berikut.

Apa itu Freelancer?

Freelancer adalah istilah yang disematkan kepada pekerja yang tidak terikat kontrak jangka panjang terhadap perusahaan. Meski begitu, seorang freelancer masih memiliki ikatan kuat dengan perusahaan, sehingga harus mematuhi segala peraturan yang disepakati.

 

Freelancer atau pekerja lepas adalah pekerjaan yang tidak mengharuskan kamu untuk berada di kantor. Kamu bisa melakukan pekerjaan sesuai arahan perusahaan di tempat lain. Jam kerja yang dimiliki juga sangat fleksibel. Namun, ini seiring dengan gaji tidak tetap.

 

Biasanya, suatu perusahaan membutuhkan freelancer ketika akan mengerjakan sebuah proyek. Sehingga freelance adalah pekerjaan yang akan berakhir ketika suatu proyek telah selesai. Kecuali, jika perusahan ingin memperpanjang kontrak atau kesepakatan.

Perbedaan Freelancer dan Pekerja Lainnya

Selain freelancer, kamu juga pasti sering mendengar istilah part time atau full time. Full time merupakan pekerja biasa yang harus berada di kantor sesuai jam kerja, yaitu 8 jam perhari. Full time terikat dengan kontrak, biasanya minimal 1 tahun, sehingga memiliki gaji tetap.

 

Ada juga part time, istilah ini digunakan untuk pekerja yang hanya bekerja dalam waktu 5-6 jam. Hampir sama dengan full time, bedanya waktu kerja yang diberikan lebih fleksibel dan singkat. Namun, tetap terikat kontrak dengan perusahaan.

 

Sementara, seperti yang telah dijelaskan di atas, freelancer adalah suatu pekerjaan tidak terikat kontrak. Tidak seperti dua jenis pekerjaan di atas, freelancer tidak diwajibkan untuk berada di kantor dan selalu stand by sepanjang jam kerja.

Syarat Menjadi Freelancer

Kerja freelance adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh pelajar. Hal ini, karena fleksibelnya waktu jam kerja freelancer memungkinkan mereka tetap memiliki banyak waktu untuk belajar.

 

Nah, jika kamu mahasiswa dan tertarik untuk bekerja secara freelance, maka ada beberapa syarat yang setidaknya harus kamu perhatikan. Berikut penjelasannya.

Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Freelancer adalah pekerja yang dituntut untuk bekerja cepat dan dibawah tekanan. Biasanya, seorang freelance langsung dihadapkan dengan sebuah proyek. Selain itu, pekerjaan ini juga mungkin selalu dihadapkan dengan proyek baru yang bervariasi.

Memiliki Spesialisasi Tertentu

Freelancer adalah pekerjaan yang mengharuskan pelakunya untuk menguasai skill tertentu. Hal ini karena suatu perusahaan hanya mencari seseorang yang bisa diandalkan dalam suatu proyek sehingga bisa selesai lebih cepat dengan hasil yang maksimal.

Memiliki Komitmen yang Tinggi dan Profesional

Meski tidak terikat oleh kontrak kerja, namun freelancer tetap saja pekerjaan yang mengharuskan kamu memiliki komitmen tinggi. Biasanya, pekerjaan freelance membuat pelakunya bekerja di beberapa perusahaan. Karena itu, diperlukan komitmen dan profesionalitas tinggi untuk bisa mengerjakan semuanya tanpa hambatan.

Kelebihan dan Kekurangan Freelancer

Meski terlihat mudah, tetap perlu Anda ingat bahwa freelancer adalah pekerjaan yang memiliki kelebihan maupun kekurangan. Sebelum terjun, ada baiknya kamu memahaminya.

Kelebihan

Menjadi seorang freelancer masih memungkinkan kamu untuk untuk melakukan kegiatan lain. Di luar itu, masih banyak lagi kelebihan dari freelance. Berikut diantaranya.

Tidak Terikat Waktu dan Kontrak

Terkadang, waktu yang dihabiskan di kantor seharian membuat kita tidak sempat untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan lain. Namun, kelebihan dari kerja freelance adalah kamu tidak terikat kontrak apapun, sehingga bisa mengambil pekerjaan lagi di tempat lain. 

Bebas Bekerja Dimana Saja

Freelancer adalah pekerjaan yang memungkinkan kamu bisa bekerja dimana saja. Karena tidak diharuskan di kantor, kamu bisa bekerja dengan suasana baru setiap harinya, misal di cafe atau co-working space. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan deadline dan timeline pekerjaan, ya.

Fokus Pada Keahlian yang Dimiliki

Tidak ada salahnya memiliki banyak keahlian. Tetapi, ada baiknya untuk menentukan mana skill yang paling kamu kuasai. Hal ini, karena biasanya perusahaan mempekerjakan orang yang memang menguasai satu hal untuk membantu berjalannya proyek tertentu.

Kekurangan

Meski memiliki lebih banyak kelebihan, namun ada pula beberapa kekurangan dari pekerjaan ini yangs sekiranya kamu perhatikan.

Tidak Mendapat Gaji Tetap

Mengingat freelancer adalah pekerjaan yang tidak terikat kontra, maka jangan heran bila kamu mendapat gaji sesuai dengan tugasmu. Dalam artian, kamu hanya akan digaji apabila telah menyelesaikan suatu proyek. Namun, nominalnya untuk tiap proyek tidak sama.

Bekerja DIbawah Tekanan

Perusahaan berharap dengan adanya freelance, pekerjaan mereka bisa selesai lebih cepat. Karena itu, sudah rahasia umum apabila freelance dituntut untuk bekerja cepat dan berada di bawah tekanan.

Tipe-tipe Freelancer

Ada contoh freelancer tertentu yang memang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Contoh freelancer yang banyak dibutuhkan diantaranya yaitu:

 

  • Voice Over

  • Content Writer

  • Graphic Designer

  • Digital Marketer

  • Social Media Consultant

  • Financial Advisor

     

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu freelancer, kelebihan, kekurangan sekaligus contohnya. Saat ini, telah banyak perusahaan yang membuka lowongan sebagai pekerja lepas. Melihat beberapa keuntungan di atas, apakah kamu tertarik menjadi freelancer?


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya