02 Agustus 2022

10. INVESTASI

Apa itu Financial Freedom? Berikut Arti dan Tips Mencapainya

Siapa sih yang tidak ingin mencapai kebebasan dalam keuangan atau financial freedom? Salah satu tanda financial freedom adalah kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan mudah tanpa khawatir akan kekurangan.

Istilah financial freedom pun mulai ramai diperbincangkan di masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa uang bukanlah sumber kebahagiaan. Namun, realita mengatakan bahwa dengan memiliki kondisi finansial sehat, kehidupan kita akan lebih tenang dan bahagia.

Karena hal tersebut, saat ini banyak orang berusaha untuk mencapai financial freedom di usia muda. Lantas, bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Financial Freedom?

Financial freedom artinya merdeka finansial. Financial freedom adalah istilah yang menggambarkan keadaan seseorang di mana ia mempunyai cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.

Dengan kata lain, financial freedom adalah seseorang yang kondisi keuangannya stabil sehingga memungkinkannya untuk pensiun atau bekerja tanpa adanya dorongan penghasilan yang ditetapkan tiap tahun.

Kebebasan finansial atau financial freedom artinya uang bekerja untuk kita, bukan sebaliknya. Seseorang yang sudah mencapai merdeka finansial, maka aset yang dimiliki dapat menghasilkan uang dengan nilai lebih besar dibanding biaya hidupnya.

Hal ini mungkin terdengar sangat menggiurkan, namun perlu diketahui bahwa memang untuk mencapai financial freedom adalah tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Diperlukan kerja keras dan kesungguhan dalam melakukannya. Bahkan bagi sebagian orang mungkin membutuhkan proses lebih lama. Tapi, kamu juga tidak perlu takut. Pasalnya siapa pun bisa mendapatkan kebebasan finansial ini.

Baca juga: Stres Karena Masalah Uang? Simak 7 Cara Mengatasinya Berikut

Tips Mewujudkan Financial Freedom

Nah, setelah memahami apa itu financial freedom, berikutnya bagaimana cara mewujudkannya? Tenang, Ruang meNYALA telah merangkum tipsnya untuk kamu. Cara mewujudkan kebebasan finansial adalah sebagai berikut.

1. Menentukan Tujuan

Hal paling mendasar yang diperlukan untuk mencapai financial freedom adalah menentukan tujuan keuangan terlebih dulu. Anda dapat melontarkan pertanyaan pada diri sendiri seperti mengapa Anda ingin bebas secara finansial?

Perlu digaris bawahi sebelumnya bahwa konsep lifestyle kebebasan finansial bukanlah menghambur-hamburkan uang sesuka hati ya, tapi menemukan apa yang ingin kamu capai ketika nanti sudah financial freedom.

Sebagai contoh kamu ingin menggunakan uang tersebut untuk pergi haji bersama keluarga, atau tujuan kamu adalah membiayai kuliah anak hingga sarjana, dan sebagainya.

2. Membuat Rencana Keuangan

Setelah menentukan tujuan, cara mencapai financial freedom adalah mulai membuat rencana keuangan. Ini berguna agar kamu bisa mengontrol penggunaan uangmu. Selain itu, membuat perencanaan keuangan juga penting untuk menghindari uang kamu habis digunakan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

3. Menghindari Berhutang

Tips selanjutnya agar mencapai financial freedom adalah menghindari berhutang. Mengapa? Sebab jika berhutang terlalu banyak kamu akan kesulitan melunasinya. Alhasil impianmu mencapai merdeka finansial jadi terhambat.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan berhutang, namun sebaiknya lakukan hanya jika Anda benar-benar membutuhkannya. Bahkan akan lebih baik bila kamu mengusahakan mencari alternatif lain yang lebih baik selain berhutang.

4. Memiliki Tabungan yang Cukup

Nah, hal terpenting selanjutnya untuk mencapai financial freedom adalah memiliki tabungan yang cukup. Sebaiknya kamu menabung ketika pertama kali menerima gaji. Jangan pernah menabung dari uang sisa, sebab nantinya kamu akan kesulitan menyisihkan uang di akhir.

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur auto debet dari bank yang kamu gunakan, supaya kamu rutin menabung setiap bulan. Adapun untuk besarannya, kamu bisa menerapkan rumus 4-3-2-1, yakni 20% dari gaji untuk ditabung. Lebih dari itu tentu lebih baik, asal kebutuhan sehari-harimu bisa terpenuhi.

5. Berinvestasi

Harus kamu pahami bahwa ada konsep time value of money, di mana uang yang kamu miliki saat ini nilainya tidak akan sama ketika 10 tahun mendatang, karena adanya inflasi. Jika kamu menyimpan uangmu di bank, maka nilainya akan menurun entah karena biaya administrasi, potongan pajak, hingga inflasi.

Beda halnya bila kamu berinvestasi, maka uangmu akan terus bertambah nilainya seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tips financial freedom adalah jadikan uang bekerja untuk kita.

Caranya ialah dengan berinvestasi. Kamu dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuanmu, misalnya investasi emas, saham, reksa dana, properti, P2P lending, dan sebagainya.

Baca juga: Pengaruh Kondisi Finansial terhadap Kesehatan Mental Kamu

6. Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan suatu hal yang wajib dipersiapkan untuk mencapai kebebasan finansial. Ini dikarenakan dana darurat akan membantu kamu lebih siap ketika menghadapi urusan yang sifatnya mendadak.

Dengan memiliki dana darurat, kamu tak perlu mengorbankan uang kebutuhan sehari-hari demi menyelesaikan urusan tersebut. Besaran dana darurat yang sebaiknya disiapkan yaitu 6 kali atau 12 kali pengeluaranmu per bulan, serta harus dipisah dengan tabungan dan investasi.

7. Mencari Penghasilan Tambahan

Berikutnya tips financial freedom adalah mencari penghasilan tambahan. Meski kamu sudah mempunyai pendapatan tetap, namun tak ada salahnya kamu mencari sumber penghasilan tambahan.

Kamu bisa membuka usaha berjualan di online shop atau menjadi freelancer suatu project. Namun, jangan lupa atur jadwalmu sebaik mungkin agar kamu juga tidak kelelahan, ya.

Penghasilan tambahan ini nanti dapat kamu gunakan untuk menabung hingga membeli aset untuk investasi.

8. Hindari Gaya Hidup Hedonisme

Terakhir, hindari gaya hidup hedonisme kalau kamu ingin segera bisa mencapai financial freedom. Selain menghabiskan uang, gaya hidup ini juga akan memicu hutang yang sebenarnya tidak perlu.

Tetap terapkan gaya hidup sederhana, seperti berbelanja secukupnya, rajin menabung, dan menghindari hutang jika tidak mampu melunasinya.

Itulah penjelasan seputar arti financial freedom dan tips meraihnya. Mungkin terdengar sulit, namun percayalah bila kamu konsisten menjalaninya, semuanya akan terlihat mudah. Kamu bisa mulai dengan mengecek kondisi keuanganmu saat ini di Financial Fitness Check Up.

Nah, biar kamu lebih paham lagi seputar cara mencapai financial freedom, kamu dapat mengikuti kelas finansial dari Ruang meNYALA yang akan dilaksanakan pada 11 Agustus 202 pukul 19.00-20.00 WIB melalui Zoom dengan topik “Free to Choose Your Own (Financially) Freedom”.

Kelas ini akan membahas hal-hal seputar pentingnya merdeka secara finansial serta tips-tips untuk meraihnya. Yuk tunggu apalagi? Gabung kelasnya sekarang juga!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!