Logo Ruang Menyal
Bg Block

9 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat Tanpa Harus Berhutang Lagi

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 01 November 2021 | 1064 dilihat

Article Detail

Apakah kamu tengah mencari cara melunasi hutang dengan cepat? Jika iya, maka kamu datang ke artikel yang tepat. Kali ini Ruang meNyala akan membahas secara rinci tentang langkah-langkah dan tips ampuh mengatasi hutang menumpuk.

 

Penting dicatat jika hutang adalah sesuatu yang wajib dihindari. Hutang dapat merugikan pelakunya khususnya ketika ia tak punya dana untuk mengembalikannya. Oleh karena itu, yuk putuskan rantai hutang dengan cara-cara di bawah!

9 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Tak perlu bingung, gundah maupun gelisah, sebab cara cepat membayar hutang berikut bisa bantu kamu terlepas dari lilitan kredit. Tapi, pastikan kamu konsisten menjalaninya, ya!

1. Sisihkan uang setiap bulan

Menabung dan bayar hutang secara beriringan. Hal tersebut dimaksudkan selain sebagai cara melunasi hutang juga sebagai penyeimbang kebutuhan harian agar tetap aman. 

 

Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu. Tahan keinginan berbelanja sementara waktu dan sisihkan sebagian pemasukan ke dalam tabungan. Tak perlu jumlah besar, sedikit demi sedikit pun tak apa-apa.

2. Jangan mengajukan hutang untuk melunasi hutang lainnya

Hindari cara membayar hutang dengan metode gali lubang tutup lubang. Maksudnya adalah jangan mengajukan hutang baru demi melunasi hutang sebelumnya. Kenapa? Karena hal tersebut dapat membuatmu terjerat hutang yang lebih banyak dan sulit dikendalikan nantinya. 

3. Cari pendapatan tambahan

 

Cara cepat membayar hutang selanjutnya adalah dengan mencari sumber pendapatan tambahan. Ada berbagai cara untuk menambah pendapatan, diantaranya menjadi freelancer, bisnis online, melakukan investasi atau menjadi mitra usaha bisnis kecil. Ini merupakan momen di mana kamu bisa memanfaatkan skill yang kamu punya.

4. Membuka usaha preloved

Bagi kamu yang tidak memiliki modal untuk usaha bisnis online, menjual barang-barang preloved adalah jalan keluarnya, seperti pakaian, aksesoris, sepatu, make up atau skin care. 

 

Mempromosikan usahamu dengan harga miring di situs online ternama atau media sosial yang kamu miliki dapat membantu proses penjualan lebih cepat laku. Namun, pastikan barang tersebut masih layak pakai, ya! 

 

Nantinya, hasil penjualan preloved dapat kamu pakai untuk melunasi hutang-hutang yang kamu punya. Mudah bukan cara melunasi hutang satu ini?

5. Bayar cicilan hutang sebelum masa tenggang

Biasanya pemberi hutang memberikan masa tenggang pembayaran, di mana jika melewati masa tenggang, pelaku hutang wajib membayar denda. Jadi, pastikan kamu membayar hutang tepat waktu atau lebih baik lagi jika melunasinya sebelum masa tenggang.

6. Meminimalisir pengeluaran

Selama masa pelunasan hutang, usahakan untuk meminimalisir pengeluaran dengan cara menghemat dan membeli kebutuhan pokok saja. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Catat semua pengeluaran dan lakukan evaluasi.

 

Alokasikan pendapatan dan pengeluaran kamu dan mulai lakukan investasi. Hal tersebut dapat menjadi cara melunasi hutang dengan cepat yang efektif. 

7. Atur keuangan kamu

Atur dan kelola keuangan kamu dengan membuat list anggaran keuangan menggunakan metode 10-20-30-40 atau menyisihkan 20-30% pendapatan untuk ditabung atau  investasi. Hal ini sebagai salah satu upaya dalam memperkirakan anggaran yang dibutuhkan setiap bulannya.

8. Lakukan take over kredit jika sudah tidak bisa melunasi 

Jika kamu terlilit hutang cicilan kendaraan, maka jalan keluarnya yaitu dengan melakukan take over kredit. Take over kredit adalah salah satu cara melunasi hutang dengan cepat dan efektif. 

 

Take over kredit artinya kamu menjual kembali kendaraan yang masih memiliki cicilan untuk dialihkan kepada pihak pembeli kendaraan nantinya. 

9. Mulailah menabung dan mengerti kesehatan finansial-mu

Memahami kesehatan finansial terdiri atas 3 komponen, yaitu pengetahuan tentang finansial, pengambilan keputusan bagaimana kamu mengatur uang dan juga menggunakan uang.

 

Menabung mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan ketika memiliki hutang, namun kenyataannya menabung dapat memperbaiki kesehatan finansial, lho.

 

Mulailah disiplin menabung dan belajar hemat untuk keperluan jangka panjang. Menabung juga dapat mencegah hutang karena kamu terbiasa membeli kebutuhan sesuai dengan dana yang kamu miliki. 

 

Nah, itu dia 9 cara melunasi hutang dengan cepat. Hutang adalah suatu pinjaman yang harus dibayarkan. Hutang bisa berupa cicilan kendaraan, rumah, atau pinjaman uang. Cara cepat membayar hutang pun beragam, tergantung jenisnya. 

 

Akan tetapi, berbagai tips di atas tak akan berhasil jika kamu tidak konsisten dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya. Oleh karenanya, kamu dituntut untuk tetap fokus pada tujuan awal yaitu melunasi hutang.

 

Jadi, mulai sekarang, gunakanlah uang dengan bijak agar terhindar dari hutang dan hal-hal merugi lainnya. Pastikan juga selalu rutin menyisihkan pendapatan dengan cara menabung maupun investasi. Selamat mencoba!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya