Logo Ruang Menyal
Bg Block

8 CARA YANG BISA KAMU GUNAKAN UNTUK MENCARI MODAL BISNIS

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 05 April 2024 | 991 dilihat

Article Detail

Mempunyai ide bisnis yang keren dan inovatif tentunya adalah hal yang penting untuk membuat bisnis kamu semakin menarik di lihat konsumen dan mendorong untuk mereka membeli produk kamu. Tapi selain itu ada satu hal yang tidak kalah penting dalam bisnis yaitu adalah modal untuk membuat bisnis atau mengembangkan bisnis kamu.

Tapi sebelum kamu mengumpulkan modal untuk membuat bisnis, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu berapa besaran modal yang kamu perlukan untuk membuat bisnis kamu. Dengan kamu mengetahui berapa besaran modal kamu, kamu bisa menggunakan modal tersebut untuk membuat banyak inovasi ataupun iklan untuk bisnis kamu. 

Tapi masalahnya kamu pasti masih bingung bagimana caranya untuk mengumpulkan modal tersebut, apalagi modal yang harus kamu kumpulkan tergolong besar. Agar kamu bisa mengumpulkan modal kamu, berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan.


1.     Kredit Bank

Kalau kamu membutuhkan modal yang cepat dan besar, kamu bisa mencoba untuk melakukan kredit ke bank. Kamu bisa menggunakan berbagai macam kredit yang ditawarkan oleh bank, baik yang dengan jaminan maupun tanpa agunan. Tapi kamu harus tahu, kalau kredit tanpa agunan memiliki bunga yang tergolong besar jadi agar kamu tidak dibebankan dengan bunga yang besar, kamu sebaiknya mengambil kredit dengan jangka waktu yang pendek ya sobat Nyala

2.     Tabungan pribadi

Salah satu cara yang paling mudah yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan tabungan kamu sendiri. Caranya kamu bisa mulai menyisihkan sebagian dari gaji kamu tiap bulannya agar bisa terkumpul perlahan. Enaknya dengan tabungan sendiri, kamu tidak perlu untuk memikirkan hutang saat kamu memulai bisnis kamu. Tapi kamu memang butuh waktu yang lama untuk mengumpulkan modal dengan menabung. 

3.     Dari Konsumen

Untuk kamu yang ingin membuat bisnis jasa, seperti katering, sablon atau percetakan biasanya bisa mendapatkan modal usaha dari pembayaran uang dilakukan oleh pembeli di awal. 

Uang yang sudah di bayarkan di awal tersebut bisa kamu jadikan modal untuk kebutuhan produksi pesanan pembeli. Kamu bisa mengatue sendiri sistem pembayaran di awal ini seperti kamu bisa mengajukan DP terlebih dahulu, dan sisanya akan dibayarkan saat sudah selesai. Keuntungan dari penjualan tersebut, bisa kamu pakai untuk mengembangkan bisnis kami lebih lanjut. 

4.     Menjual Aset

Menjual aset kamu bisa menjadi cara untuk mendapatkan modal untuk membuat bisnis. Kamu bisa mencoba menjual aset yang sudah tidak kamu pakai untuk bisa dijual. Selain yang tidak terpakai, kamu bisa mencoba untuk menjual barang-barang berharga yang bernilai tinggi seperti perhiasan , kendaran dan lain-lain.  

Sebelum kamu meminjam ke bank, kamu harus membuat perkiraan dulu berapa besaran yanh bisa kamu bayar kan setiap bulannya ke bank, jangan sampai keuntungan dari bisnis kamu malah habis untuk membayar cicilan kredit. 

5.     Mencari Rekan Bisnis

Kalau kamu merasa untuk mengumpulkan modal sendiri terlalu berat, kamu bisa mengajak teman mu untuk menjadi rekan bisnis kamu. Kamu bisa mencari teman yang mempunyai visi dan minat yang sama dengan kamu tentunya yang terpenting harus terpecaya ya sobat Nyala!  

6.     P2P Lending

Kalau kamu bingung dan sudah mencari modal kesana kemari dan tidak dapat, kamu bisa mencoba untuk menggunakan P2P Lending. Ada banyak layanan yang menyediakan P2P Lending yang aman dan tentunya sudah terdaftar di OJK. 

P2P Lending memang salah satu cara yang mudah untuk bisa mendapatkan modal, tapi bunganya cenderung besar. Jadi kamu bisa melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memutuskan mengajukan pinjaman di P2P Lending.

7.     Mencari Investor

Kamu juga bisa mendapatkan modal dari suntikan dana investor. Dengan cara ini jelas bisa membantu kamu untuk mendapatkan modal dan bisa mengembangkan bisnis kamu kedepannya. 

Tapi kamu harus mempersiapkan matang-matang tentang konsep bisnis kamu dan bagaimana caranya mendapatkan keutungan dari bisnis kamu agar para investor tertarik untuk menyuntikan modalnya ke bisnis kamu karena mereka melihat bisnis kamu akan berkembang di masa depan. 

Agar bisa menggaet investor, kamu sebaiknya mengikuti beberapa workshop untuk meningkatkan skill kamu agar kamu bisa mendapatkan investor yang baik. 

8.     Pinjam Orang Terdekat

Cara lain untuk mengumpukan modal, kamu bisa mencoba meminjam orang terdekat kamu seperti orangtua , saudara dekat,  atau sahabat. Kamu tentu tidak bisa asal meminjam ya Sobat Nyala. 

Kamu harus menjelaskan terlebih dahulu tujuan kamu untuk meminjam uang secara detail, agar mereka mengetahui apa yang kamu lakukan memakai uang mereka dan tentunya mereka merasa aman ketika meminjamkan uangnya ke kamu. 

Kamu bisa secara bertahap mencicil untuk membayar hutang kamu agar mereka tetap percaya bahwa kamu serius dalam membangun bisnis dan otomatis orang terdekat kamu akan terus memberi dukungan dan bantuan.

 

Nah sobat Nyala, itu adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa mengumpulkan modal untuk membuat bisnis dan menhembangkan bisnis kamu. Jadi kamu nggak perlu pusing lagi deh gimana caranya mencari modal!

 

Buat kamu yang ingin merancang masa depan dan bingung Langkah pertama apa yang harus kamu lakukan. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 

 

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya