08 Agustus 2022

7.DANA CADANGAN

8 Cara Menjadi Freelancer Sukses untuk Pemula, Simak Tipsnya!

Untuk mencukupi kebutuhan harian, banyak orang melakukan pekerjaan sampingan agar mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya dengan cara menjadi freelancer.

Ya, freelance adalah jenis pekerjaan yang cukup fleksibel, di mana kamu bisa bekerja kapanpun dan dimanapun tanpa terikat kontrak jangka panjang dengan suatu perusahaan.

Dalam kata lain, freelancer adalah seorang pekerja lepas. Nah, jika tertarik mencobanya, kamu bisa simak berbagai tips untuk freelancer pemula di artikel berikut ini. Simak sampai habis ya!

Cara Menjadi Freelancer Sukses

Freelancer biasanya merupakan pilihan usaha sampingan yang diminati mahasiswa. Selain karena jam kerja fleksibel, cara jadi freelancer juga tak mengharuskan syarat tertentu.

Sehingga, selama memiliki keahlian terhadap sesuatu, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. 

Lalu, bagaimana cara menjadi freelancer sukses? Berikut langkah-langkah dan berbagai hal yang perlu kamu ketahui.

1. Kenali Potensi Diri

Cara jadi freelancer yang pertama adalah mengenali potensi diri. Ya, kamu harus tahu apa saja keahlian atau kemampuan terbaik yang kamu punya.

Hal tersebut untuk digunakan sebagai modal utama menjadi freelancer. Kamu mungkin bisa kembangkan dari hobi atau bidang yang selama ini kamu tekuni.

Tak harus dengan keahlian bersifat kompleks seperti analyst, illustrator, designer, dan sebagainya.

Kamu bisa saja mulai dengan hal sederhana, misalkan penulis, penerjemah, dan lain-lain. Kecuali jika memang kamu telah memiliki kompetensi di bidang tertentu.

2. Tentukan dan Fokus pada Satu Bidang

Setelah mengetahui keterampilan yang dimiliki, cobalah analisis kembali apakah bidang tersebut memiliki peluang pasar bisnis atau tidak.

Contohnya, apabila kamu mempunyai skill desain, kamu perlu mengenali tren model desain tren kala itu guna menyesuaikan kebutuhan pasar dengan jasa yang kamu tawarkan.

Lalu, kamu juga sebaiknya fokus pada satu bidang. Hal ini untuk membantumu menentukan siapa target pelanggan nantinya ketika melakukan promosi.

3. Siapkan Alat Pendukung Kerja

Cara menjadi freelancer berikutnya adalah menyiapkan alat-alat pendukung kerja, misalkan laptop dan koneksi internet memadai.

Jika kamu serius menekuni pekerjaan ini, maka kamu tentu memerlukan perlengkapan guna mendukung setiap beban kerja yang datang.

Di sisi lain, hal ini akan membuat performa kerja jauh lebih maksimal. Dengan begitu, kemampuan dan kompetensi yang ditawarkan memiliki nilai tambah.

Baca juga: 23 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Cuan, Coba Yuk!

4. Tingkatkan Skill

Salah satu cara menjadi freelancer sukses adalah dengan terus meningkatkan skill. Kamu harus memastikan keahlian yang kamu tawarkan betul-betul dapat diandalkan.

Pasalnya, banyak freelancer hanya bermodal nekat untuk mencoba hal baru, namun tidak mempelajari dasar-dasar ilmu dengan mendalam.

Padahal, bayaran yang diperoleh akan disesuaikan dengan tingkat penguasaan pada keterampilan terkait.

Maka dari itu, penting untuk mengimbangi pengalaman dengan usaha meningkatkan skill, terutama sebelum terjun ke dunia freelancing. Kamu bisa belajar melalui buku, youtube, blog, atau mengikuti kursus.

5. Bangun Personal Branding

Membangun personal branding adalah cara menjadi freelancer selanjutnya. Mengapa hal ini penting?

Well, personal branding akan membantumu meningkatkan kepercayaan banyak orang dengan menciptakan citra yang baik dan profesional.

Kamu perlu membangun personal branding tersebut sebagus mungkin, entah itu melalui komunikasi yang jujur, konsistensi pekerjaan, ataupun profesionalitas yang kamu berikan.

Dalam hal ini, kamu juga harus mampu melakukan komunikasi persuasif dalam dunia bisnis, yaitu bagaimana kamu menjual keahlian sebagai freelancer.

Sehingga nantinya akan lebih banyak calon pelanggan melirik dan ingin menggunakan jasamu.

6. Buat Portofolio yang Menarik

Di samping membangun personal branding, jangan lupa dokumentasikan seluruh hasil kerjamu menjadi sebuah portofolio yang menarik.

Portofolio tersebut kamu gunakan sebagai bukti kumpulan karya-karya terbaikmu kepala calon pelanggan, sehingga mereka bisa melihat dan menilai sendiri.

Kamu bisa membuat portofolio ini ke dalam website atau media sosial agar mencapai target pasar lebih luas dan mendapatkan testimoni dari pihak-pihak yang pernah menggunakan jasamu.

7. Tetapkan Harga Jasa Sesuai Keahlian

Berbicara mengenai cara menjadi freelancer, kamu juga harus menetapkan harga saja sendiri dengan tepat.

Sebab, berbeda dengan full timer kantoran, freelancer bekerja sendiri sehingga kamu harus menentukannya sesuai keahlian yang ditawarkan.

Dalam hal ini, cobalah cari tahu terlebih dahulu mengenai standar harga freelance pada bidang kerja atau industri yang kamu lakukan, lalu sesuaikan dengan skill-mu.

Jangan sampai kamu malah mamatok harga terlalu tinggi atau setara freelancer berpengalaman dan membuat calon pelanggan mengurungkan niatnya membeli jasamu.

8. Manfaatkan Situs Freelancer

Cara menjadi freelancer lainnya ialah menggunakan situs untuk mencari job atau proyek.

Ada begitu banyak marketplace freelance yang bisa memudahkan kamu memperoleh pekerjaan dan calon pelanggan, seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Projects, UpWork, Freelancer.com, dan masih banyak lagi.

Well, itu dia berbagai tips untuk freelancer pemula dan hal-hal yang perlu kamu ketahui. Sejumlah cara menjadi freelancer di atas masih bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing.

Baca juga: 20 Peluang Usaha Anak Muda Bermodal Kecil yang Menjanjikan

Namun, satu hal yang pasti, kamu harus tetap disiplin ketika menjalaninya agar seluruh proses kerja mampu berjalan efisien dan menghasilkan keuntungan untukmu.

Jika tertarik mengetahui lebih jauh, kamu bisa ikuti kelas finansial dari Ruang meNyala pada 18 Agustus 2022 pukul 19.00 - 20.00 WIB dengan topik “Cara Cuan Jadi Freelancer

Kelas ini akan mengulas berbagai Tips & Trick agar survive dalam menjadi seorang freelancer dan mencapai kesehatan finansial yang baik. Tunggu apalagi, yuk gabung sekarang juga!

0 comments

ARTIKEL
LAINNYA

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!