27 Juli 2022

5.KEUANGAN KELUARGA

5 Contoh Hidup Sederhana dan Pandai dalam Menggunakan Uang

Sederhana secara harfiah berarti perilaku sesuai kemampuan dan kebutuhan, sehingga bersifat relatif. Beberapa orang memilih untuk menerapkan contoh hidup sederhana atau gaya hidup minimalis karena ingin mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dengan caranya sendiri.

Meski begitu, akan lebih baik jika hidup dengan sederhana namun tetap memperhatikan kesejahteraan di masa kini dan masa depan. Lantas, bagaimana cara memulai hidup sederhana dan apa manfaat yang bisa didapatkan? Yuk simak di sini!

Apa itu Hidup Sederhana?

Pernah merasa bosan akan keseharian yang itu-itu saja? Nah jika ingin memiliki sebuah lifestyle yang berbeda, kamu bisa memulai dengan hidup sederhana.

Sebagai catatan, hidup sederhana berarti kamu hidup berdasarkan kebutuhan dan hanya akan membeli barang sesuai dengan fungsinya.

Dengan kata lain, milikilah mindset bahwa kamu tidak boleh melakukan sesuatu dalam hidup secara berlebihan, sehingga melupakan konsep sederhana itu sendiri.

Jangan salah, meski “sederhana”, menerapkan lifestyle satu ini ternyata menyimpan berbagai manfaat, yang bukan hanya untuk dirimu sendiri namun juga bagi #FinanciallyFit milikmu, lho!

Wah, bagaimana bisa? Simak terus pembahasannya hingga akhir, ya.

Manfaat Hidup Sederhana

Jika ingin menerapkan hidup sederhana, maka kamu harus tahu terlebih dahulu apa manfaat darinya.

Secara garis besar, manfaat hidup sederhana bisa meningkatkan kualitas hidup kamu. Namun apabila ditelaah lebih jauh, menjalani hidup sederhana juga dapat memberikanmu beberapa manfaat seperti:

1. Menjadi Lebih “Mindful” dalam Mengambil Keputusan

Jika sudah menjalani hidup sederhana, maka kamu akan menjadi lebih “mindful” dalam mengambil setiap keputusan dalam hidup.

Artinya, kamu tahu apa yang benar-benar diinginkan sesuai dengan prinsip hidup sederhana. Jadi, kamu pun tidak akan mengambil keputusan yang akan disesali di kemudian hari.

Nah dengan menjadi lebih “mindful” dalam setiap hal, menjalani hidup sehari-hari akan terasa lebih mudah. Terdengar menarik, bukan? 

2. Dapat Mengelola Waktu dengan Lebih Mudah

Manfaat hidup sederhana yang kedua adalah kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengelola waktu. Sebab, jika selalu mengeluh bahwa waktu 24 jam tidak pernah cukup, maka bisa jadi salah satu faktornya adalah kamu belum terbiasa mengatur waktu dengan bijak.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menerapkan hidup sederhana dan merasakan salah satu manfaatnya dengan lebih bijak dalam mengelola waktu.

Selain itu, kamu juga jadi lebih mudah memprioritaskan mana yang harus didahulukan dalam melakukan sebuah pekerjaan.

3. Menjadi Mudah dalam Mengelola Keuangan

Selanjutnya, manfaat hidup adalah kamu menjadi lebih mudah dalam mengelola keuangan. Ketika pertama kali kita bisa mendapatkan uang sendiri, mungkin kamu tidak mengerti bagaimana cara mengelolanya, sehingga sering habis untuk hal kesenangan saja.

Akan tetapi, hal ini akan berbeda ketika kamu sudah menerapkan hidup sederhana. Kamu tahu sebenarnya apa saja kebutuhan dan juga perkiraan alokasi keuangan setiap bulannya.

Alhasil, kamu pun jadi lebih mudah untuk menahan pengeluaran-pengeluaran tak penting yang hanya berdasarkan keinginan saja.

Baca juga: 10 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik agar Finansial Sehat

Contoh Hidup Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, mungkin kamu jadi tertarik untuk memahami lebih dalam tentang apa saja contoh hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Tak perlu khawatir, sebab kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil. Adapun beberapa contoh hidup sederhana adalah sebagai berikut.

1. Adaptasi Pola Pikir

Pertama, contoh hidup sederhana adalah dengan mengadaptasi pola pikir. Wah, mengapa demikian?

Zaman sekarang, hidupmu mungkin sudah dipenuhi dengan segala sesuatu yang cepat dan juga penuh dengan ingin terlihat “wah” di depan orang-orang. Meskipun mungkin, orang-orang tersebut belum tentu merasa terkesan dengan kamu.

Karena memiliki mindset yang seperti itu, akhirnya kamu pun mulai lupa dengan makna hidup sebenarnya. Contoh hidup sederhana pertama ini bisa kamu mulai dengan mengubah mindset.

Mulailah dengan membenarkan skala prioritas dalam hidup dan juga keuangan kamu. Selain itu, tanamkanlah mindset untuk hanya membeli barang sesuai dengan kebutuhan kamu bukan keinginan.

2. Seleksi Barang di Sekitarmu

Tak perlu jauh-jauh, berikutnya, contoh hidup sederhana adalah dengan menyeleksi barang-barang di sekitarmu. Apalagi jika merasa ruangan terasa sesak dan sempit, ada baiknya kamu mulai melakukan decluttering.

Decluttering adalah sebuah teknik untuk memisahkan barang yang kamu butuhkan dan barang mana saja yang sudah tidak pernah digunakan.

Dengan cara ini, kamu jadi tahu apa saja kebutuhan yang belum dan sudah terpenuhi. Alhasil, kamu tidak akan asal beli jika menemukan barang yang tiba-tiba disukai.

3. Selalu Bersyukur akan Setiap Pencapaian dan Penghasilan

Selanjutnya, contoh hidup sederhana yaitu dengan selalu bersyukur akan setiap pencapaian dan juga penghasilan yang telah diraih. 

Pasalnya, sering dijumpai, banyak sekali orang selalu merasa tidak puas akan apa yang sudah mereka capai, sehingga mereka berlomba secepat mungkin untuk mencapai sesuatu yang “lebih”.

Padahal, belum tentu dalam mencapai sesuatu yang “lebih”, seseorang akan menemukan arti hidup sederhana atau bahkan menemukan kebahagiaan.

4. Bergaya Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Poin keempat dan yang tak kalah penting dalam contoh hidup sederhana adalah untuk bergaya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Tidak dapat dipungkiri, karena dengan kemajuan teknologi, ternyata bisa meningkatkan kesenjangan sosial. Sebab, orang berlomba-lomba untuk terlihat “wah” di sosial media.

Akibatnya, banyak sekali orang yang bergaya tidak sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan sehingga berujung dengan peningkatan utang non produktif untuk memenuhi keinginan mereka.

Akhirnya, mereka pun tidak sadar dengan kondisi keuangan sehingga tidak heran jika seseorang menjadi lebih sulit menabung, tidak bisa berinvestasi, dan selalu dalam lingkaran boros.

5. Berhemat dalam Finansial

Terakhir, contoh hidup sederhana adalah dengan mulai berhemat dalam finansial. Melihat fenomena banyaknya orang yang selalu mendahulukan keinginan, akhirnya mereka pun menjadi boros, sulit menabung ,dan investasi, sehingga kesulitan mencapai tujuan masa depan.

Cara berhemat dalam finansial pun sebenarnya cukup mudah. Misalnya saja dengan menggunakan amplop-amplop keuangan, sehingga, kamu sudah tahu berapa saja pos-pos keuangan kamu.

Di samping itu, kamu juga tidak akan mengambil pos keuangan lainnya, karena sudah membuat pos-pos keuangan tersebut.

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa mulai dengan menabung dan berinvestasi di hari pertama gajian. Meski terkesan sepele, hal ini ternyata cukup membantu agar kondisi keuangan kamu tetap sehat, lho!

Baca juga: 6 Jenis Investasi Untuk Pemula beserta Cara dan Tipsnya yang Wajib Kamu Coba

So, apakah kamu mulai tertarik untuk menerapkan contoh hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti di atas? Meski terdengar mudah, namun memulai hidup sederhana akan mengajarkan kita tentang banyaknya merubah kebiasaan.

Satu hal lagi, dengan memulai kehidupan sederhana, kamu akan dihindarkan dari sikap impulsif sehingga kondisi keuangan bisa lebih stabil lho.

Jika berminat, jangan ragu untuk memulai hidup sederhana dan rutin melakukan Financial Fitness Check Up di Ruang meNYALA agar keuangan lebih terencana!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!