Logo Ruang Menyal
Bg Block

Langkah-Langkah yang Tepat Untuk Memulai Bisnis Bagi Pemula

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 14 Mei 2024 | 1055 dilihat

Article Detail

Kalau ngomogin soal bisnis, pasti kamu masih bingung gimana sih cara tepatnya untuk memulai bisnis pertama kamu. 

Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa ketertarikan memulai bisnis bisa karena melihat teman atau saudara yang sukses menjalankan bisnisnya.

Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk merencanakan bisnis pertama kamu? Yuk, simak langkah-langkah yang tepat untuk merencanakan bisnis pertama kamu disini.

Langkah-Langkah Membuat Bisnis

Berikut ini langkah-langkah membuat bisnis sebagai pemula:

1. Membuat Rencana Bisnis

Langkah pertama dalam memulai bisnis pertama kamu adalah membuat rencana bisnis. Ya, ini langkah yang krusial, karena kebanyakan orang tidak merencanakan bisnis mereka dengan matang. 

Kamu harus menentukan bagaimana rencana bisnis kamu, apakah bisnis untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang.  Jika ingin membuat bisnis jangka pendek, tentu kamu harus merencanakan langkah selanjutnya setelah bisnis kamu ini selesai. 

Sedangkan, untuk jangka panjang, kamu harus tahu bagaimana caranya untuk menjaga bisnis kamu tetap bertahan di keadaan kapanpun. Jadi, sudahkah kamu merencanakan bisnis kamu?

Baca juga: Yuk Coba 23 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

2. Alokasi Modal dan Sumber Daya

Setelah kamu merencanakan bagaimana bisnis kamu akan berjalan, langkah kedua adalah menentukan alokasi capital dan juga resources. 

Artinya, kamu harus tahu sumber modal yang ingin kamu dapatkan, apakah dari uang kamu sendiri, pinjam ke orang lain atau ke bank. 

Setelah itu, kamu juga harus tahu sumber daya yang akan kamu gunakan, baik itu bahan baku maupun tenaga kerja. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Franchise Makanan Untuk Pemula Modal Kecil

3. Strategi Pemasaran

Langkap terakhir yang tak kalah penting yaitu merencanakan strategi pemasaran dari bisnis kamu. Sebaik apapun rencana yang kamu buat, kalau kamu belum memiliki strategi pemasaran, tentu saja bisnis kamu tidak akan berjalan. 

Kamu harus tahu kenapa kamu akhirnya menjual barang atau jasa tersebut, apa kelebihan barang atau jasa yang kamu tawarkan, bagaimana kamu akan memasarkannya. Jadi, tidak hanya jenis bisnisnya yang harus kamu rencanakan, pemasarannya pun harus kamu rencanakan juga ya.

Baca juga: 9 Cara Mudah Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal

Temukan Tips Seputar Usaha Bersama Ruang MeNYALA!

Demikianlah sederet informasi mengenai langkah-langkah memulai bisnis bapi pemula. Sebelum memulai bisnis, kamu bisa melakukan konsultasi gratis seputar keuangan usaha di Ruang meNyala.

Untuk mengikuti konsultasi, langkahnya simpel banget! Kamu hanya perlu pesan tanggal dan pilih trainer, lalu tunggu hingga jadwal konsultasi tiba.  Nah, sembari menunggu jadwal konsultasi, jangan lupa juga untuk cek kondisi kesehatan finansial melalui Financial Fitness Check Up Ruang MeNYALA.

Dengan memanfaatkan fasilitas Financial Fitness Check Up, kamu dapat memahami posisi keuanganmu secara lebih mendalam dan melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. Tunggu apa lagi, yuk, mulai perhatikan kondisi finansialmu dan mencapai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA sekarang!

Baca juga: 10+ Daftar Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya