Logo Ruang Menyal
Bg Block

Cara Mengatasi Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 11 April 2024 | 10979 dilihat

Article Detail

Masalah keuangan dalam rumah tangga seringkali menjadi salah satu penyebab perceraian antara suami istri. Karena itu, tak khayal jika isu finansial ini menimbulkan perselisihan besar dalam sebuah keluarga.

Namun, masalah ini juga bukan isu yang bisa dihindari begitu saja dalam sebuah rumah tangga. Untuk itu, dibutuhkan keterbukaan antara pasangan mengatur keuangan keluarga.

Yuk simak penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga berikut ini.

 

Penyebab Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

Kalau sedang membahas masalah keuangan, ada saja orang yang masih sulit terbuka terkait keuangannya dan bahkan sering menjadi topik yang sensitif.

Padahal sudah tidak asing juga jika keuangan sering menjadi salah satu masalah yang sering ada dalam kehidupan berumah tangga. Nah sebenarnya, apa saja sih penyebab masalah yang satu ini? Agar tidak penasaran lagi, beberapa di antaranya yaitu:

 

1. Tidak Membuat Rencana Keuangan Bersama

Penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga yang pertama adalah banyak pasangan yang tidak membuat rencana keuangan bersama. Hal ini menjadi pemicu kenapa banyak sekali pasangan yang tidak harmonis.

Memiliki rencana keuangan bersama, tidak hanya membantu kamu dan pasangan untuk sama-sama memiliki tujuan. Tetapi, dengan memiliki rencana keuangan bersama, kamu dan pasangan juga akan menjadi lebih harmonis.

 

2. Sering Membandingkan Antara Suami Istri

Penyebab selanjutnya yaitu sering membandingkan antara suami dan istri. Jika kejadian ini berlanjut, maka pertengkaran menjadi tidak bisa dihindari.

Kita juga perlu paham bahwa setiap orang memiliki porsinya masing-masing, maka konsep secukupnya, mengerti peran masing-masing, bisa membuat kamu dan pasangan terhindar dari konflik ini.

 

3. Memberatkan Gaya Hidup Masing-masing

Penyebab berikutnya adalah banyak pasangan yang memberatkan gaya hidup masing-masing ke pasangannya.

Hal ini bisa saja terjadi, karena tidak ada komunikasi mengenai bagaimana kehidupan setelah menikah akan dijalani dan tujuan keuangan apa saja yang ingin dicapai. Maka dari itu, komunikasi menjadi hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga.

 

4. Pendapatan yang Timpang

Penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga yang keempat adalah perihal pendapatan yang timpang. Terlebih jika istri memiliki pendapatan yang lebih besar daripada suami.

Alih-alih merasa terbantu, masih ada suami di luar sana yang merasa minder karena pendapatan istri lebih tinggi.

 

5. Memiliki Hutang Diam-diam

Terakhir, penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga adalah memiliki utang diam-diam. Kita juga perlu mengkomunikasikan ketika memiliki utang, terlebih lagi utang yang harus dicicil dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga Jika Suami Istri Bekerja

 

Cara Menghadapi Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

Demi mengatasi problematika satu ini, ada baiknya kamu untuk melakukan beberapa cara menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga berikut ini.

 

1. Saling Terbuka dan Berkomunikasi dengan Pasangan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga adalah dengan mulai saling terbuka dan berkomunikasi dengan pasangan.

Dengan saling terbuka dan komunikasi, kamu bisa menghindari miskomunikasi dengan pasangan. Pasangan jadi tahu apa yang kamu inginkan dan jalani, begitu juga sebaliknya.

 

2. Membuat Rencana Keuangan

Cara menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga yang kedua adalah kamu dan pasangan disarankan untuk membuat rencana keuangan bersama.

Dengan membuat rencana keuangan bersama, kamu juga menjadi tahu bagaimana caranya mengatur budgeting yang pas untuk rumah tangga kalian bersama.

 

3. Uang Bukan Segalanya, namun Bagian dari Keluarga

Selanjutnya, cara menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga adalah kamu juga harus mulai memiliki mindset bahwa uang bukan segalanya, tetapi uang ini hanyalah alat untuk membantu kamu mencapai tujuan dan rencana keuangan yang sudah dibuat bersama.

Jangan sampai kamu dan pasangan dikendalikan oleh uang. Maka dari itu, ubah dan peganglah kendali atas keuangan kamu dengan melakukan perencanaan keuangan.

 

4. Hindari Masalah Keuangan, Mulai dari Diri Sendiri

Terakhir, cara menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga adalah kamu perlu memulainya dari diri sendiri. Mulai jujur dengan kondisi keuanganmu saat ini.

Sehubungan dengan itu, kamu bisa melakukan financial check up di Ruang meNYALA supaya kamu jadi tahu, harus mulai darimana untuk menyehatkan keuangan kamu.

Itu dia penjelasan mengenai penyebab sekaligus cara menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga.

Mengingat masalah ini cukup krusial, maka usahakan kamu dan pasangan bisa membangun komunikasi yang baik dalam mengatur keuangan keluarga untuk menghindari perselisihan.

Baca juga: Istri Tidak Bisa Mengatur Keuangan, Ini Dia Solusinya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya