Logo Ruang Menyal
Bg Block

Investasi Sukuk Ritel SR017, Karakteristik dan Keuntungannya

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 01 September 2022 | 595 dilihat

Article Detail

Sukuk Ritel SR017 telah dirilis dan bisa kamu beli mulai tanggal 19 Agustus - 14 September 2022 atau selama masa penawaran berlangsung. Jika kamu ingin invetasi dengan prinsip syariah, maka instrumen yang satu ini bisa dijadikan pilihan.

Namun sebelumnya, apakah kamu sudah paham mengenai sistem investasi di Sukuk Ritel, termasuk cara membelinya? Jika belum, maka kamu perlu menuntaskan pembahasan dalam artikel berikut ini, yuk simak!

Pengertian Sukuk Ritel

Jadi, apa itu investasi Sukuk Ritel? Sukuk Ritel adalah jenis surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah dan bisa dibeli oleh masyarakat luas. Karena berprinsip syariah, maka dalam proses pembeliannya diperlukan adanya akad.

Selain itu, Sukuk Ritel juga termasuk dalam SBN (Surat Berharga Negara) yang bisa kamu perdagangkan kembali di Pasar Sekunder. 

Jadi dalam kata lain, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih berupa capital gain saat menjual kepemilikan SR (Sukuk Ritel) ketika harga naik.

Untuk menghindari risiko fluktuasi harga di Pasar Sekunder, kamu dapat mencoba untuk hold kepemilikan produk ini sampai jatuh tempo.

Apa Itu Sukuk Ritel017?

Lalu, apa itu Sukuk Ritel SR017?  SR017 adalah seri terbaru SBN (Surat Berharga Negara) berbasis syariah yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada seluruh WNI (Warga Negara Indonesia). 

Secara sederhana, Sukuk Ritel adalah bentuk syariah dari Obligasi Negara Ritel (Ritel). Kedua jenis SBN (Surat Berharga Negara) ini juga memiliki jatuh tempo yang sama yaitu selama 3 tahun.

SR017 kupon berjenis fixed rate, atau dalam kata lain, nilai yang diterima investor akan tetap hingga jatuh tempo yaitu selama 3 tahun.

Karena dikelola berdasarkan prinsip syariah, maka SR017 tidak mengandung unsur judi, ketidakjelasan, dan riba serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Sebagai informasi, SR017 diterbitkan menggunakan struktur akad ijarah-asset to be leased. Hanya dengan Rp1 juta, kamu sudah bisa berpartisipasi dalam investasi di SR017 ini.

Baca juga: Apa itu Saham? Cek Jenis hingga Keuntungannya di Sini! 

Karakteristik Sukuk Ritel SR017

Sebelum mulai membeli SR017, ada baiknya untuk mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Terbuka untuk Seluruh WNI (Warga Negara Indonesia)

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa Sukuk Ritel SR017 adalah jenis SBN (Surat Berharga Negara) yang dikeluarkan pemerintah dan terbuka untuk seluruh WNI. 

Jadi, pemerintah memberikan kesempatan bagi siapapun, termasuk kamu untuk ikut serta dan berpartisipasi dalam dunia investasi serta pembangunan negara. 

2. Berprinsip Syariah

Melalui SR017, kamu bisa mencoba investasi dan mengoptimalkan hasil yang didapat tanpa bertentangan dengan kaidah dan syariah islam.

3. Minimal Pembelian yang Terjangkau

Selain berprinsip syariah, Sukuk Ritel SR017 juga dapat dibeli dengan modal yang terjangkau. Hanya mulai dari Rp1.000.000 kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan berupa kupon hingga jatuh tempo.

4. Memiliki Masa Tenor Selama 3 Tahun

Sukuk Ritel SR017 merupakan SBN (Surat Berharga Negara) yang memiliki masa jatuh tempo selama 3 tahun. Jadi, jika kamu adalah investor yang ingin mencapai tujuan finansial dalam jangka menengah, instrumen ini sangat cocok sekali untuk dicoba.

5. Imbal Hasil bisa Langsung Masuk ke Rekening Investor

Setiap bulannya investor akan memperoleh imbal hasil berupa kupon hingga mencapai waktu tenor (3 tahun). Kemudian kupon tersebut akan secara otomatis masuk ke rekening investor.

6. Bisa Diperjualbelikan di Pasar Sekunder

SR017 juga dapat diperjualbelikan di Pasar Sekunder karena termasuk dalam seri SBN tradeable, yaitu jenis produk yang dapat diperjualbelikan kembali di Pasar Sekunder. 

Dengan begini, investor dapat memperoleh kesempatan untuk mendapat keuntungan dari capital gain saat produk mengalami kenaikan harga. 

Baca juga: Coba 10 Cara ini Tuk Capai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Keuntungan Investasi Sukuk Ritel SR017

Lantas, jika seorang investor memilih SR017 sebagai produk investasinya, apa saja keuntungan yang akan didapatkan? Berikut ini beberapa keuntungan investasi SR017 yang perlu kamu ketahui!

  • Setelah dipotong pajak sebesar 10 %, Sukuk Ritel SR017 bunga yang ditawarkan  adalah sebesar 5,9 % per tahun. Jumlah ini merupakan tertinggi dibandingkan SBN Ritel 2022 yang telah terbit sebelumnya.

  • Sukuk Ritel SR017 tidak mempunyai risiko gagal bayar karena telah dijamin oleh pemerintah di Undang-Undang SBSN dan disediakan dananya dalam APBN setiap tahunnya

  • Imbalan yang didapatkan dibayar setiap bulan

  • Terdapat kemudahan akses dalam pemesanan pembelian melalui sistem elektronik

  • Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui ETP (Electronic Trading Platform) dan transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

  • Bisa dipinjamkan atau digadaikan pada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transisi efek sesuai dengan kebijakan dan ketentuan berlaku.

  • Berpotensi mendapatkan capital gain lebih tinggi saal dijual setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

  • Tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah

Baca juga: Cara Beli Saham untuk Pemula Terbaru, Kamu Wajib Tahu!

Cara Beli Sukuk Ritel SR017

Lantas, Bagaimana cara beli Sukuk Ritel SR017? Tenang saja, kalau kamu ingin membeli SR017 tanpa ribet, Bank OCBC NISP bisa membantumu melalui layanan ONe Mobile. 

Akses menu “Investasi” kemudian pilih “SBN Ritel” untuk mulai berinvestasi di SR017. Jika butuh informasi lebih lanjut, kamu juga bisa hubungi Tanya OCBC NISP (call:1500-999) atau mengunjungi cabang Bank OCBC NISP terdekat.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu Sukuk Ritel SR 017, karakteristik, keuntungan serta bagaimana cara membelinya. Berinvestasi pada Sukuk Ritel cukup aman lho karena sudah dijamin oleh pemerintah RI.

Nah, jika kamu tertarik memulai investasi pada Sukuk Ritel, namun masih belum begitu paham mengenai sistem dan keuntungannya, yuk belajar dan berdiskusi di kelas Ruang meNYALA “Cuan dan Aman dengan SR017” bersama Eliza Christabella Phuanerys pada hari Kamis, 08 September 2022 secara online melalui Zoom. Yuk daftar sekarang, jangan sampai ketinggalan!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya