Logo Ruang Menyal
Bg Block

Inilah Cara Mengatasi Suami Tidak terbuka Masalah Keuangan

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 22 Februari 2024 | 26938 dilihat

Article Detail

Salah satu penyebab perselisihan adalah masalah keuangan dalam rumah tangga. Terlebih jika salah satu dari istri atau suami tidak terbuka masalah keuangan. Padahal, komunikasi adalah kunci utama dalam rumah tangga lho!

Bayangkan, jika istri maupun suami saling menyembunyikan hal-hal terkait dengan keuangan, tentu akan menimbulkan perselisihan besar bukan? Maka dari itu, yuk kenali ciri-ciri suami tidak terbuka masalah keuangan dan cara mengatasinya berikut ini.

Ciri-Ciri Suami Tidak Terbuka Masalah keuangan

Ketika sudah berumah tangga, tentu banyak perubahan, dari yang kita biasa sendiri hingga hidup sudah menjadi berpasangan.

Pasalnya, banyak sekali orang yang menikah hanya karena dilandasi cinta dan tidak melihat faktor lain serta percaya bahwa cinta bisa mengalahkan segalanya.

Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab perselisihan dalam rumah tangga adalah suami tidak terbuka masalah keuangan. Berikut beberapa cirinya.

1. Merasa Risih Ketika Ngobrolin Keuangan

Ciri pertama dari suami tidak terbuka masalah keuangan adalah ketika ia merasa risih untuk ngobrolin keuangan dengan kamu. Biasanya, dia akan berusaha mengganti topik atau bahkan tidak melanjutkan pembahasan mengenai keuangan rumah tangga.

2. Telat Memberikan Uang Bulanan

Ciri-ciri berikutnya, dapat kamu amati bila suami sering telat memberikan uang bulanan. Ada banyak alasan kenapa suami telat memberikan uang bulanan dan para istri diharapkan tidak menanyakan alasannya lebih jauh.

Nah jika memang suamimu melakukan hal ini, maka kamu perlu mewaspadai bahwa ia tidak mau terbuka mengenai masalah keuangan.

3. Lebih Senang Menghindar Ketika Akan Mengobrol Mengenai Keuangan

Selanjutnya, kamu sering mendapati suami lebih senang menghindar ketika akan mengobrol mengenai keuangan. Lagi-lagi, suami kamu akan mencari cara bagaimana menghindar ketika akan mengobrol mengenai keuangan.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga Jika Suami Istri Bekerja

Lalu, Kenapa Suami Tidak Terbuka Masalah Keuangan?

Jika suami tidak terbuka masalah keuangan, tentu kamu juga harus mencari apa penyebabnya. Perlu dipahami, penyebabnya ini bisa berasal dari eksternal maupun internal. Berikut penjelasannya.

Penyebab Eksternal

Tidak akan ada asap, jika tidak ada api. Peribahasa ini yang cocok untuk menggambarkan kenapa suami tidak terbuka masalah keuangan. Dibalik ketidakterbukaan ini pasti ada alasannya.

Alasan pertama bisa berasal dari eksternal, mulai dari istri yang memang memiliki kecenderungan untuk boros hingga merasa bahwa di lingkungannya tidak ada suami yang menyerahkan kendali keuangan ke istrinya.

Penyebab Internal

Selain penyebab eksternal, ada juga penyebab internal kenapa suami tidak terbuka masalah keuangan.

Penyebab ini mulai dari adanya trauma ketika memberikan uang semuanya ke istri, merasa insecure dengan keadaan istri yang dirasa lebih baik karena pendapatannya lebih besar hingga merasa takut kehilangan kontrol terhadap istri jika keuangan diberikan keseluruhan ke istri.

Cara Mengatasi Suami Tidak Terbuka Masalah Keuangan

Lalu, bagaimana cara mengatasi suami tidak terbuka masalah keuangan? Beberapa di antaranya yaitu:

1. Mulailah Bercerita Tentang Kondisi Keuangan Diri Sendiri

Jika suami tidak ingin terbuka masalah keuangan, kamu bisa mulai dengan bercerita kondisi keuanganmu sendiri. 

Dengan mulai bercerita dari pengalaman diri kamu sendiri, diharapkan suami juga mulai terbuka perlahan dengan bercerita. Tentu saja tidak dalam satu kali cerita, suami akan langsung terbuka. Jadi, harap bersabar, ya!

2. Memberikan Pemahaman Bahwa Suami Tetap Memegang Peranan Kepala Keluarga

Jika bercerita kondisi keuangan kamu masih membuat suami tidak ingin terbuka masalah keuangan, maka cara kedua ini bisa kamu terapkan.

Kamu perlu memberikan pemahaman bahwa suami tetap memegang peranan sebagai kepala keluarga yang akan membuat keputusan dalam berbagai macam hal, termasuk dalam keuangan.

Berikanlah dia kepercayaan diri, bahwa kamu percaya suami akan membawa kamu pada masa depan keluarga yang sejahtera. Tetapi, dengan kamu percaya, tidak serta merta suami tetap tidak menceritakan rencana ke depan.

Kamu juga perlu memberi tahu, bahwa berumah tangga adalah kerja satu tim, jika kepala keluarga tidak percaya kepada istrinya, artinya kepala keluarga tidak percaya dengan timnya.

Lalu, bagaimana caranya bisa mencapai masa depan yang sejahtera jika tidak dimulai dari kepercayaan?

3. Membiasakan Terbuka dalam Masalah Apapun

Cara terakhir jika suami tidak terbuka masalah keuangan adalah kamu juga perlu membiasakan diri terbuka dalam masalah apapun. Mulai dari keuangan sampai hal-hal terkecil sekalipun.

Jangan lupa untuk selalu mengomunikasikan apa yang kamu inginkan ke suami, karena suami kamu juga tidak tahu apa yang kamu inginkan jika tidak kamu komunikasikan.

Nah, itu dia pembahasan mengenai beberapa hal yang menjadi ciri dan penyebab suami tidak terbuka masalah keuangan. Perihal finansial ini memang cukup sensitif, karena itu diperlukan komunikasi yang baik dan keterbukaan antar pasangan untuk menghindari perselisihan.

Baca juga: Siapa yang Berhak Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Ini Jawabannya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya