Logo Ruang Menyal
Bg Block

Rincian Budget Liburan ke Korea Selatan Lengkap Tahun 2023

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 14 April 2024 | 28118 dilihat

Article Detail

Apakah kamu berencana ingin liburan ke Korea Selatan? Jika iya, kamu harus mengetahui rincian budget liburan ke Korea Selatan agar bisa lebih matang mempersiapkannya.

Korea Selatan memang sering dijadikan destinasi favorit orang Indonesia karena memiliki banyak wisata yang indah dan menakjubkan.

Apalagi, dengan banyaknya destinasi wisata yang hits, budget liburan ke Korea Selatan juga relatif murah dibandingkan dengan negara-negara di Eropa.

Nah, jika kamu ingin tahu berapa budget liburan ke Korea Selatan, yuk simak rinciannya di artikel berikut!

Rincian Budget Liburan ke Korea Selatan

Berikut ini adalah rincian budget liburan ke Korea Selatan yang harus kamu perhatikan:

1. Paspor, Visa, dan Tiket Pesawat

Budget liburan ke Korea pertama yang harus kamu siapkan sebelum berangkat adalah paspor, visa, dan tiket pesawat.

Kalau kamu belum memiliki paspor, biaya pembuatannya adalah sekitar Rp350 ribu. Kemudian, untuk e-paspor, biaya pembuatannya adalah Rp600 ribu.

Untuk visa, biayanya bergantung pada agen perjalanan yang kamu pilih. Namun, jika diperkirakan, biaya pembuatan visa ke Korea adalah sebesar Rp850 ribu untuk sekali kedatangan selama kurang dari 90 hari.

Sementara itu, biaya tiket pesawat ke Korea juga beragam, bergantung pada maskapai penerbangan yang dipilih.

Jika kamu mengambil tiket pesawat termurah, maka biayanya adalah sekitar Rp3 juta untuk sekali perjalanan.

2. Penginapan

Budget liburan ke Korea Selatan yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah penginapan selama berada di sana.

Di Korea Selatan, terutama Seoul, ada berbagai pilihan penginapan, mulai dari motel, hostel, guest house, hingga hotel.

Hostel merupakan penginapan murah yang paling mudah dijumpai di Korea. Bangunannya pun terlihat seperti hotel biasa dan umumnya sudah dilengkapi fasilitas mewah.

Namun, kamu perlu berbagi ruangan tempat tidur dengan orang lain jika menginap di hostel. Tarifnya mulai dari Rp300 ribu per malam.

Sementara itu, motel merupakan versi lebih rendahnya hotel dengan harga mulai dari Rp600 ribu. Motel menyediakan ruangan kamar pribadi, akan tetapi fasilitasnya tidak sebanyak hotel.

Guest house juga merupakan pilihan penginapan di Korea yang bisa dijadikan opsi. Selain harganya relatif murah, yaitu mulai dari Rp250 ribu, guest house akan menawarkan suasana yang mirip seperti rumah.

Nah, jika kamu lebih memilih menginap di hotel, penginapan jenis ini juga banyak ditawarkan dengan harga murah di Seoul, yaitu mulai dari Rp600 ribu.

Apabila ingin lebih low budget, ada hotel di Seoul yang menawarkan harga mulai dari Rp300 ribu saja. Akan tetapi, kamar tidurnya bersifat sharing seperti hostel.

Baca juga: Estimasi Biaya & Tips Liburan Singapura Murah ala Backpacker 

3. Transportasi selama di Korea Selatan

Budget liburan ke Korea yang tidak boleh kamu lewatkan adalah transportasi selama berada di sana.

Perlu diketahui, Korea Selatan tidak memiliki jasa transportasi online seperti halnya Gojek atau Grab.

Oleh karena itu, opsi yang dapat kamu pilih adalah naik taksi, bus, kereta bawah tanah (Subway), atau sewa mobil.

Untuk naik transportasi umum di Korea, kamu perlu membuat kartu T-Money dan mengisi saldonya. Biasanya, kartu tersebut tersedia di minimarket terdekat.

Biaya naik bus dan busway untuk sekali jalan bisa ditaksir mulai dari Rp15 ribu hingga Rp50 ribu tergantung jarak yang ditempuh.

Sementara itu, jika ingin sewa mobil, harganya bisa mencapai Rp800 ribu hingga lebih dari Rp1 juta. Jika ingin naik taksi, tarifnya mulai dari Rp40 ribu hingga Rp56 ribu.

4. Konsumsi selama di Korea Selatan

Budget liburan ke Korea Selatan selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah konsumsi selama berada di sana.

Sebenarnya, biaya makanan di Korea bisa disesuaikan dengan budget dan gaya hidupmu. Jika ingin yang low budget, kamu bisa membeli makanan di minimarket dengan harga Rp35-65 ribu.

Namun, jika ingin makan di restoran standar dan mencoba menu khas Korea Selatan, kamu bisa menyiapkan dana mulai dari Rp50 ribu.

5. Tiket Wisata

Untuk menghemat budget liburan ke Korea Selatan, kamu bisa mendatangi tempat wisata yang tidak mematok biaya sama sekali alias gratis.

Beberapa contoh tempat wisata gratis di Korea adalah Gwanghwamun Square, Seoullo 7017, Istana Deoksugung, Cheonggyecheon Stream, Han River, Banpo Bridge, dan Namsan Park.

Namun, jika tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berwisata ke tempat-tempat terkenal, kamu bisa mencoba datangi beberapa destinasi murah berikut:

  • Nami Island = Rp115 ribu
  • Gyeongbokgung Palace = Rp35 ribu 
  • Trick Eye Museum = Rp180 ribu
  • Cable Car di Namsan Tower = Rp95 ribu
  • Teddy Bear Museum = Rp70 ribu

Baca juga: Pahami 5 Langkah Merencanakan Liburan Anti Kantong Kering 

6. Kebutuhan Internet

Di Korea Selatan, sebenarnya banyak disediakan Wi-Fi gratis di ruang publik. Selain itu, tempat penginapan juga biasanya menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis.

Akan tetapi, ada beberapa tempat yang mungkin tidak terjangkau jaringan Wi-Fi gratis. Oleh karena itu, kamu masih perlu menyiapkan budget liburan ke Korea untuk keperluan internet.

Untuk mencukupi kebutuhan internet selama di Korea, ada 3 opsi yang bisa kamu pilih, yaitu membeli paket roaming, sewa Wi-Fi portable di Bandara Incheon, atau menggunakan kartu seluler lokal.

Paket roaming internet ke Korea biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp300 ribu. Untuk sewa Wi-Fi portable, kamu bisa menyiapkan dana mulai dari Rp85 ribu per hari.

Opsi selanjutnya yaitu membeli kartu seluler lokal dengan harga kurang lebih Rp300 ribu untuk paket internet selama 5 hari.

Total Estimasi Budget Liburan ke Korea Selatan

Nah, selanjutnya adalah menjumlahkan estimasi budget liburan ke Korea Selatan. Asumsikan perjalanan ke Korea Selatan yaitu selama 7 hari termasuk perjalanan pulang-pergi dan memilih seluruh keperluan dengan opsi termurah.

Maka, berikut total budget liburan ke Korea Selatan yang harus kamu keluarkan:

Estimasi total budget liburan ke Korea Selatan.jpeg 

Dengan demikian, estimasi total budget liburan ke Korea Selatan selama 7 hari termasuk pulang-pergi dengan memilih seluruh opsi keperluan termurah jika dibulatkan adalah Rp9,5 juta.

Namun, perlu diperhatikan bahwa perhitungan budget liburan ke Korea di atas baru estimasi kasar.

Jadi, kamu sebaiknya membawa setidaknya Rp2-3 juta tambahan untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan mendadak yang tidak terprediksi.

Yuk, Rencanakan Budget Liburan ke Korea Selatan bareng Ruang meNYALA!

Nah, itulah dia penjelasan lengkap tentang berapa budget liburan ke Korea Selatan yang harus kamu persiapkan jika ingin pergi ke sana.

Jadi, agar tidak kekurangan dana, kamu bisa mempersiapkan budget tersebut dari jauh-jauh hari.

Selain itu, agar lebih hemat dan cermat, kamu juga dapat berkonsultasi dulu di one-on-one financial consultation bareng Nyala Trainer!

Nantinya, kamu bisa meminta saran dan solusi terkait perencanaan keuangan untuk menyiapkan liburan ke Korea.

Akan tetapi, yuk cek dulu kondisi kesehatan finansialmu, apakah sudah sehat atau belum melalui Financial Fitness Check Up.

Bagaimana, menarik bukan? Oleh karena itu, yuk rencanakan budget liburan ke Korea Selatan agar lebih hemat dan cermat bareng Ruang meNYALA!

Baca juga: 13 Tips Traveling Murah & Hemat, Bikin Tabungan Tetap Aman!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya