16 Agustus 2022

10. INVESTASI

Pahami 5 Langkah Merencanakan Liburan Anti Kantong Kering

Sudah mulai penat dengan banyaknya pekerjaan, tentunya kamu butuh untuk refresh pikiran, badan dan bahkan kebiasaan. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk me-refresh pikiran adalah memulai dengan liburan, apalagi liburan dengan orang tersayang seperti keluarga, kekasih atau bareng saudara-saudara.

Tapi jangan sampai niat kamu buat liburan malah berujung jadi pusing karena kamu tidak menyiapkan anggaran yang tepat untuk menikmati liburan. Sebaiknya kamu langsung mempersiapkan anggaran sendiri untuk kamu liburan, supaya liburan kamu jadi menyenangkan dan tidak da anggaran bertambah. 

Nah biar kamu bisa liburan dengan tenang dan ga bikin kantong kamu kering, berikut cara cerdas untuk membuat anggaran liburan! 

1.     Tentukan Destinasi

Langkah pertama dalam merencanakan liburan adalah kamu harus mulai dengan menentukan destinasi kamu liburan. Dengan menentukan destinasi, kamu bisa memperkirakan berapa harga tiket masuk dan harga untuk wahana disana. 

Jika kamu merencanakan untuk keluar kota atau negeri, kamu bisa melihat harga tiket ke tujuan kamu sehingga kamu bisa mulai menyusun budget untuk akomodasi tempat liburan kamu. 

 

2.     Rencanakan Biaya Total

Setelah menentukan destinasi yang diinginkan, Langkah kedua dalam merencanakan liburan adalah kamu harus menentukan anggaran kasar yang akan kamu keluarkan saat liburan nanti, dari penginapan, tiket masuk, akomodasi, biaya makan dan minum, oleh-oleh dan lain-lain. 

Kamu bisa mempertimbangkan untuk tempat tinggal seperti hotel atau menyewa vila. Kamu juga bisa menghitung mana saja harga yang lebih terjangkau dengan budget kamu. Selain tempat tinggal kamu juga bisa memperkirakan biaya akomodasi seperti mobl, bus, kereta maupun pesawat. Lalu biaya makan dan minum bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu, dan biaya oleh-oleh bisa kamu tentukan siapa aja yang akan kamu belikan oleh-oleh, sehingga kamu tidak terlalu banyak membeli oleh-oleh yang tidak perlu. 

3.     Buat Lebih dari Satu Rekening

Langkah ketiga dalam merencanakan liburan adalah lebih baik kamu bisa membuat rekening baru yang di khususkan untuk kamu liburan, agar uang untuk liburan tidak tercampur dengan uang kebutuhan kamu dan tabungan kamu. Jadi akan lebih mudah untuk kamu untuk menabung ketika mau liburan Kembali.

 

4.     Mulai Investasi

Langkah keempat dalam merencanakan dana liburan supaya anggaran untuk liburan kamu bisa tersedia dan bisa bertambah, kamu harus sudah mulai untuk berinvestasi. Kamu bisa mulai berinvestasi di instrument yang cenderung yang lebih aman seperti reksadana. Kamu bisa berinvestasi di reksadana yang cenderung sangat aman dan kamu bisa mendapatkan return yang lumayan. Jadi anggaran yang sudah kamu investasikan akan bertambah dengan return dari investasi. 

5.     Cadangkan Dana Darurat

Langkah kelima dalam merencanakan dana liburan adalah kamu harus tetap mempunyai dana darurat. Dana darurat itu sangat penting, karena akan berguna untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga. Kamu bisa menyiapkan dana darurat sebesar 10% dari total dana liburan kamu. Misalnya kamu ingin liburan ke bali dengan budget 30 Juta, maka kamu bisa menyiapkan 10% dari 30 juta yaitu 3 Juta untuk dana daruat kamu. 

Nah itu dia Sobat Nyala tips yang bisa kamu terapkan ketika kamu liburan. Pastinya kalau kamu praktikan tips diatas, kamu akan liburan dengan senang tentunya bukannya malah pusing mikirin dompet yang kering. 

 

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation Bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!