Logo Ruang Menyal
Bg Block

Tips dan Cara Menghemat Belanja Bulanan, Anti Kantong Kering

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 07 Mei 2024 | 551 dilihat

Article Detail

Belanja memang dibutuhkan, khususnya untuk keperluan makan, mandi, dapur, dan rumah tangga lainnya. Bila tidak diperhatikan dan dievaluasi secara rutin, maka akan menyebabkan dompetmu cepat kering dan semakin deras pengeluarannya. Selain belanja bulanan, masih ada pengeluaran lainnya yang perlu kamu ingat seperti membayar beban-beban tempat tinggal, seperti contoh listrik, air, dan sebagainya. Tetapi tenang saja, karena ada cara menghemat belanja bulanan. 

Yuk simak di sini mengenai tips dan cara menghemat belanja bulanan!

Pastikan Prioritas Utamamu!

Dalam hal ini membantu kamu untuk mencatat satu persatu kebutuhan kamu dalam mengeluarkan uang. Misalnya kamu dalam satu waktu diharuskan untuk membayar listrik, membeli daging ayam, membeli beras. Maka dari ketiga tersebut prioritaskan dahulu mana yang diharuskan untuk dibayar sobat. Jangan sampai impulsif ya!

Jangan Lupa Cek Diskon!

Terapkan cara bijak dalam belanja online supaya tidak boros. Toko online umumnya memberikan diskon besar-besaran dalam mempromosikan produknya. Kamu pun juga sering cek agar kamu mendapatkan diskon. Jangan lupa juga untuk mengutamakan kebutuhan harian.

Buatlah Catatan Belanja

Cara menghemat belanja bulanan yang paling ampuh adalah dengan membuat catatan belanja. Hal ini dapat membantu kamu membeli barang kebutuhan dan juga mempersingkat waktu dalam belanja. Di sisi lain, kamu pun bisa membandingkan mana toko yang lebih murah dan cocok untuk kamu.

Kurangilah Budget Hiburan

Dengan mengurangi hiburan kamu dapat membantu dalam menghemat pengeluaran kamu. Kebiasaan kamu dalam menonton film di luar dapat kamu ganti dengan menonton Film di rumah saja dengan keluarga. Apabila sering menonton konser, kamu dapat menggantinya dengan mendengarkan lagu di rumah dan bisa menggantinya dengan kegiatan karaoke bersama teman di rumah saja.  

 

Yuk, Konsultasi Finansial bersama Ruang meNYALA!

Belanja bulanan dan pencatatan adalah keterampilan untuk membuat uang bulanan semakin hemat dan melek secara finansial.

Perlu diketahui, bila kamu mengantongi sisa uang bulanan seberapa besar pun, kamu bisa alihkan ke investasi. 

Untuk itu, Ruang meNYALA menyediakan layanan yang bisa membantu kamu dalam menambah pengetahuan terkait pengelolaan usaha, yaitu Kelas Bisnis.

Selain mengikuti Kelas Bisnis, kamu juga bisa mengecek kesehatan keuangan dengan menggunakan layanan Financial Fitness Check Up dan berkonsultasi secara 1-on-1 bersama Nyala Trainer untuk mendapatkan solusi terkait permasalahan finansial.

Jadi, tak perlu ragu lagi, yuk kelola bisnismu dan capai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA!

Baca Juga: 9 Jenis Investasi untuk Pemula, Aman dan Menguntungkan


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya