Logo Ruang Menyal
Bg Block

6 Tips Manajemen Keuangan Ala Fans K-Pop yang Mudah, Catat!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 06 Mei 2024 | 516 dilihat

Article Detail

Dalam satu dekade belakangan, K-Pop menunjukkan popularitasnya di kancah musik dan kultur pop dunia, bahkan sanggup menembus penghargaan-penghargaan internasional, seperti Billboard Music Award, MTV VMA, hingga Billboard Hot #1.

K-pop memang sempat diremehkan, namun ternyata K-Pop mampu menggegerkan dunia bahkan menjadi motor utama di balik gerakan Hallyu atau Korean Wave.

Sebagai contoh, pada tahun 2009 grup K-Pop kebanyakan hanya merilis satu versi album dan beberapa merchandise saja. Namun, beberapa tahun belakangan ini justru semakin banyak, mulai dari rilis album comeback, lightstick, tiket konser, hingga event project untuk ulang tahun member. 

Tips Mengatur Keuangan Ala Fans K-Pop

Semakin menjamurnya minat terhadap K-Pop, ternyata juga berpengaruh terhadap perilaku penggemarnya dalam mengeluarkan uang untuk membeli barang atau tiket konser idolnya. 

Tidak heran kalau banyak orang awam yang menyangka bahwa fans K-Pop ini kebanyakan dari kalangan anak sultan. Bener nggak, sih? Ternyata, sebenarnya tidak juga. 

Banyak fans yang kondisi finansialnya biasa-biasa saja, namun mereka pintar mengatur uang. Penasaran gimana tips dari mereka? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Hemat Uang Saku

Fans K-Pop ini kebanyakan masih berusia remaja dan duduk di bangku sekolah. Jadi, cara pamungkas yang udah pasti mereka lakukan adalah dengan cara menghemat uang saku. 

Demi idol tercinta, mereka akan rela tidak jajan dan hangout, sehingga duit mereka bisa tetap utuh. Jadi, kalo kamu kepengen banget bisa nabung dan beli sesuatu, ingat tujuanmu. 

Jika kamu sudah mantap dengan tujuanmu, maka motivasimu untuk menabung akan bisa kuat seperti adik-adik penggemar K-Pop. 

2. Cari Penghasilan Tambahan

Selain menabung, ada juga lho fans K-Pop yang berusaha mencari penghasilan tambahan demi membeli album atau tiket konser bias

Hal tersebut dapat mereka lakukan dengan berjualan merchandise, menyewakan jasa desain, jualan pulsa, jualan kue home made, hingga mengerjakan freelance, semua ini lumrah dilakukan.

Dengan begitu, tabungan mereka bisa lebih banyak lagi. Tujuan buat beli-beli barang K-Pop bisa semakin cepat terwujud.

Baca juga: Cerita Menyala: Perencanaan Keuangan Pribadi yang Matang

3. Menabung Amplop Hari Raya

Saat lebaran atau tahun baru imlek, beberapa anak remaja masih sering mendapatkan uang saku atau angpao. Nah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk menambah tabungan. 

Jadi, uang hasil hari raya tidak mereka gunakan untuk pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting agar tujuan mereka tercapai.

4. Tentukan Prioritas

Jika fans menyukai beberapa grup sekaligus atau bahkan satu grup dengan banyak album, maka dia akan memilih mana album yang paling prioritas untuk dibeli duluan. 

Album biasanya akan diproduksi dalam jangka waktu yang panjang, sehingga fans juga tidak perlu terlalu terburu-buru mengoleksinya sekaligus.

Teknik ini juga bisa diterapkan pada manajemen finansial secara umum. Kalau kamu punya banyak keinginan, jangan dibeli semuanya sekaligus. 

Pisah-pisahkan berdasarkan urgensinya dan lihat mana yang paling memungkinan untuk dibeli tanpa mengganggu kebutuhan lainnya.

5. Ikut Patungan Album

Cara ini juga lumrah dilakukan fans K-Pop jika mereka ingin membeli album favorit, tetapi tidak ingin terlalu lama menunggu uang terkumpul, yakni dengan melakukan patungan. 

Jika kebetulan minat atau fandom-nya sama, mereka bisa membeli satu item untuk digunakan barengan. Pembayarannya tinggal dibagi per orang saja sehinga lebih murah. 

6. Cicilan Tabungan

Penggemar K-Pop yang punya banyak duit juga banyak yang membuka jasa sistem "cicilan tabungan" atau istilah lainnya jastip. Jadi nanti dibeliin dulu, terus kita nyicil ke fans sultan ini. 

Gak cuma buat album, sistem ini bahkan juga dipakai untuk pembelian merchandise. Sistem ini juga cukup laris untuk membantu sesama penggemar K-Pop dengan kondisi ekonomi yang berbeda-beda.

Baca juga: Apa itu Self Reward dan Pentingnya Untuk Kesehatan Mental

Temukan Tips Seputar Keuangan Bersama Ruang MeNYALA!

Itu tadi tips mengatur keuangan ala fans K-Pop. Kamu juga bisa menerapkan ini pada hobi pribadimu, lho. Misalnya, ketika kamu ingin punya Playstation 5 atau ingin beli mainan lainnya.

Namun, sebelum kamu membeli barang yang kamu inginkan, lebih baik untuk cek kondisi kesehatan finansial melalui Financial Fitness Check Up Ruang MeNYALA.

Dengan memanfaatkan fasilitas Financial Fitness Check Up, kamu dapat memahami posisi keuanganmu secara lebih mendalam dan melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Tunggu apa lagi, yuk, mulai perhatikan kondisi finansialmu dan mencapai #FinanciallyFit bersama Ruang meNYALA sekarang! 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya