Logo Ruang Menyal
Bg Block

7 Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu, Mudah dan Aman!

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 25 April 2024 | 7598 dilihat

Article Detail

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu tidaklah sulit. Kamu hanya perlu memahami bagaimana strategi investasi yang tepat. Dengan demikian, modal terbatas yang kamu miliki bisa diolah secara maksimal dan dapat memberikan profit.

Pada artikel ini, kamu bisa menemukan cara dan tips dalam investasi saham dengan modal 100 ribu. Pahami lebih lanjut pembahasannya sekarang!

Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Berikut ini adalah sejumlah cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa kamu ikuti, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tetapkan Tujuan Finansial

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang pertama bisa dimulai dari menetapkan tujuan finansialmu terlebih dahulu.

Tujuan finansial dapat membantu kamu dalam memperkirakan jangka waktu nabung saham 100 ribu per bulan beserta potensi imbal hasilnya. Sebab, instrumen ini memiliki risiko yang tinggi dengan pergerakan harga fluktuatif dalam jangka pendek. 

2. Pilih Sekuritas yang Tepat

Cara membeli saham dengan modal 100 ribu selanjutnya adalah memilih sekuritas yang tepat. Saat memulai investasi saham, kamu perlu membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) di perusahaan sekuritas.

Pada perusahaan tersebutlah kamu nantinya bisa melakukan jual beli saham. Oleh karena itu, kamu perlu memilih sekuritas yang tepat.

Pastikan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada latar belakang dan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan sekuritas pilihanmu. Cek juga jumlah setoran awal dan biaya transaksi yang akan dikenakan bila kamu  berinvestasi.

3. Investasi pada Saham yang Terjangkau dan Potensial

Jika sudah memiliki RDN, maka tahapan selanjutnya adalah membeli saham. Terdapat banyak sekali emiten saham di bursa efek yang menawarkan harga bervariasi.

Perlu diketahui, pembelian saham minimumnya adalah 1 lot atau 100 lembar. Oleh karena itu, jika modalmu adalah Rp100.000, maka carilah saham dengan harga di bawah Rp1.000 per lembar.

Meskipun demikian, jangan sampai sembarangan memilih berdasarkan harga saja, melainkan pertimbangkan juga aspek-aspek lainnya.

Misalnya, kamu menemukan penawaran saham murah, tapi kondisi keuangan perusahaan tidak bagus, maka sebaiknya kamu hindari. 

Sebab, kondisi ini akan membuat investor kurang tertarik pada perusahaan tersebut. Alhasil, tingkat likuiditasnya menjadi rendah dan harga sahamnya pun bisa menurun.

Baca juga: 12+ Cara Investasi Saham untuk Pemula, Ini Langkah Mudahnya!

4. Ketahui Biaya Transaksi

Mengetahui biaya transaksi adalah salah satu cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pasalnya, sekuritas akan mengenakan biaya tambahan bagi investor yang melakukan penjualan dan pembelian aset. Dengan demikian, jika kamu sudah mengetahui informasi tentang biaya transaksi tersebut, potongannya dapat diperkirakan.

Bila asetmu besarannya masih terbatas, maka tidak perlu terlalu sering melakukan transaksi jual dan beli karena profitnya akan terpotong administrasi sekuritas yang besar.

Sebaiknya, alokasikan dana secara rutin ke produk pilihanmu di waktu yang tepat dan susun strategi untuk memperoleh keuntungan maksimal dalam jangka panjang. 

5. Amati Pergerakan Harga secara Berkala

Langkah selanjutnya dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah mengamati pergerakan harganya secara berkala.

Hal ini penting dilakukan agar kamu lebih mudah mengenali kapan waktu terbaik beli saham ataupun menjualnya.

Pergerakan harga ini sangat mudah naik dan turun sehingga kamu harus memastikan untuk bertransaksi di waktu yang tepat. Dengan demikian, kamu dapat memaksimalkan capital gain dari kegiatan investasi tersebut.

6. Jual dan Beli Saham di Waktu yang Tepat

Seperti penjelasan sebelumnya, langkah selanjutnya dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu yaitu menjual dan membelinya di waktu yang tepat.

Pada umumnya, saham lapis kedua (medium cap) dan saham lapis ketiga (small cap) menawarkan harga rendah dengan pergerakan yang lebih bergejolak dibanding blue chip

Maka dari itu, kamu harus rutin memantau harga agar tidak mendapat kerugian karena salah memilih waktu transaksi.

7. Konsisten dalam Bermain Saham

Pernah mendengar perkataan bahwa konsisten adalah kunci? Jika demikian, hal tersebut rupanya juga berlaku dalam investasi saham dengan modal 100 ribu.

Tidak masalah jika kamu bermain saham dengan modal yang terbatas selama dilakukan secara konsisten. Dalam hal ini, kamu dapat konsisten untuk melakukan analisis data dan memilih strategi yang tepat.

Apabila memungkinkan, kamu juga bisa menambah modal saham kedepannya agar keuntungan yang didapatkan juga lebih tinggi.

Baca juga: 9 Aplikasi Saham untuk Pemula yang Aman dan Terdaftar OJK!

Tips Bermain Saham dengan Modal yang Terbatas

Setelah memahami cara bermain saham dengan modal 100 ribu, maka kamu juga perlu mengetahui bagaimana tipsnya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam investasi saham dengan modal 100 ribu.

1. Tetapkan Target

Saat trading saham modal 100 ribu, kamu tentunya harus menetapkan target yang disasar. Target ini dapat berupa jangka waktu ataupun besaran profit dan kerugian yang diambil.

Jika sudah menetapkan target, cobalah untuk tidak serakah sebab harga saham sangat fluktuatif. Dikhawatirkan tindakan yang kamu ambil di luar perkiraan malah akan membuat rugi karena harga saham justru merosot.

Di samping itu, menetapkan target kerugian yang diterima bisa membantumu segera bertindak untuk mencegah kerugian lebih besar dari menurunnya harga saham.

2. Rutin Mencari Informasi

Tips investasi saham dengan modal 100 ribu berikutnya adalah rutin mencari informasi melalui berita. Sebab, harga saham dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti akuisisi, naik turunnya suku bunga, hingga situasi politik.

3. Rajin Menganalisis

Tips selanjutnya dalam melakukan investasi saham modal 100 ribu adalah tidak boleh malas menganalisis. Cobalah pelajari laporan keuangan perusahaan selama lima tahun ke belakang. 

Selain itu, coba juga perkirakan kondisi industri perusahaan tersebut di masa mendatang. Dengan demikian, kamu dapat memutuskan apakah saham pilihanmu layak untuk dibeli atau tidak.

4. Hindari Saham IPO 

Tips terakhir dalam investasi dengan modal 100 ribu yaitu menghindari saham Initial Public Offering (IPO). Saat baru IPO, harga saham akan lebih rendah dibanding saat sudah di bursa. Ini memang terlihat menarik, terutama bagi kamu yang berinvestasi dengan modal terbatas.

Namun, tidak ada yang dapat memastikan apakah harga tersebut akan meningkat setelah di bursa. Sebaiknya, jika kamu tertarik membeli saham tersebut, amati dulu beberapa waktu.

Makin Cuan bareng Ruang meNYALA!

Itulah sejumlah cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa kamu terapkan dalam berinvestasi. Jangan lupa untuk melakukan beberapa tips di atas agar investasi saham yang kamu jalani lancar dan berpotensi menguntungkan. 

Sebelum memutuskan untuk bermain saham, ada baiknya kamu menentukan tujuan keuanganmu dengan cek kesehatan finansial di Financial Fitness Check Up

Hanya perlu meluangkan waktu selama 3 menit saja! Setelah tahu kondisi finansialmu, kamu bisa konsultasi 1-on-1 dengan Nyala Trainer yang ahli di bidangnya. Jadi, tunggu apa lagi, yuk capai #FinanciallyFit sejak dini bersama Ruang meNYALA!

Baca juga: Ini Dia Komunitas Investasi Saham Pemula untuk Tempat Belajar


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya