Logo Ruang Menyal
Bg Block

6 Cara Agar Kamu Bisa Lepas Dari Rantai Sandwich Generation

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 25 Mei 2022 | 161 dilihat

Article Detail

Sobat Nyala pernah ngerasain nggak sih baru aja gajinya tapi sekejap udah abis buat ini itu? Bukan karena kamu belanja online atau memenuhi kebutuhan sehari-hari, malahan kamu harus membiayai orang tua, keluarga sendiri dan anak yang harus kamu bantu kebutuhannya.

Terhimpit kebutuhan finansial orang tua dan anak memang sangat mirip dengan makanan sandwich. Alhasil orang-orang yang berada di posisi ini sering disebut dengan sandwich generation.

Masuk ke jajaran Sandwich Generation memang tidak mudah untuk menjalaninya, akan susah untuk mengatur keuangan karena menghidupi banyak orang bersamaan. Belum lagi membayar kebutuhan seperti cicilan, biaya pendidikan anak, perawatan orang tua, kebutuhan pribadi dan masih banyak lagi.

Kamu pasti bisa stress ketika langsung dihadapkan dengan kondisi seperti itu. Selain karena beban finansial yang berat, kamu juga harus menyeimbangkan peran untuk merawat orang tua dan juga anak.

Walaupun kamu masuk ke dalam generasi sandwich sekarang ini, tentu kamu juga bisa memutus generasi sandwich untuk masa depan anak-anak kamu. Memang bukan hal yang mudah, tapi kamu akan perlahan bisa memutus rantai tersebut dengan perencanaan keuangan yang baik.

Berikut adalah enam cara yang bisa dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich.

1.   Mengelola Penghasilan Dengan Bijak

Kamu bisa memakai rumus 50/30/20 atau 40/30/20/10 untuk mengelola gaji. Dengan menggunakan rumus ini, kamu bisa membagi penghasilan kamu menjadi 50% untuk kebutuhan seperti bayar cicilan, tagihan, belanja bulanan dan lainnya. 30% nya kamu bisa masukan ke bagian untuk hiburan dan keinginan. Sisanya 10% untuk kamu tabung. Atau di rumus 40/30/20/10, kamu bisa atur 40% untuk kebutuhan, 30% untuk kewajiban, 20% untuk di tabung dan 10% untuk kebaikan.

2.   Catat Keuangan

Mencatat arus kas keluar masuknya uang merupakan cara yang sangat penting. Hal itu dapat membantu kamu mengetahui keuangan kamu setiap bulannya digunakan untuk keperluan apa saja. Dengan begitu, kamu bisa menentukan rencana keuangan kamu untuk bulan ini dan bulan berikutnya dengan baik.

 

3.   Menambah Sumber Penghasilan

Untuk memperbaiki kondisi keuangan, kamu juga bisa menambah sumber penghasilan kamu. Jika awalnya sumber penghasilan kamu hanya dari gaji, mungkin sekarang kamu bisa membuka bisnis kecil-kecilan atau side job.  Dengan bertambahnya penghasilan kamu, kamu akan lebih mudah untuk mengatur arus keuangan kamu, sesuai rumus di atas.

4.   Menyiapkan Program Pensiun

Ini adalah hal yang penting untuk memutus rantai generasi sandwich. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan kamu agar bisa diinvestasikan untuk dana pensiun kamu. Jika kamu rutin untuk menginvestasikan penghasilan kamu untuk dana pensiun, ketika kamu pensiun kamu jadi tidak membebani anak-anak kamu yang sudah beranjak dewasa.

5.   Punya Asuransi Kesehatan

Makin bertambah umur kekuatan tubuh tentunya juga akan menurun, oleh karena itu kamu harus mempunyai asuransi kesehatan. Dengan mempunyai asuransi kesehatan, biaya pengobatan bisa ditanggungkan oleh asuransi sesuai dengan kontrak dan kesepakatan bersama. Jadi kamu tidak akan memerlukan biaya besar ketika kamu harus berobat.

 

6.   Berbicara Dengan Keluarga

Membicarakan soal keuangan ke anggota keluarga mungkin nggak biasa buat sebagian orang karena takut berakhir canggung. Tapi hal itu harus dilakukan agar tidak memberat kamu dan terus menjadi generasi sandwich. Kamu harus bisa jujur tentang kemampuan finansial kamu, agar keluarga kamu sendiri tidak terlalu berat dalam sisi finansial, dan orang tua kamu mengerti tentang kondisi finansial kamu dan akhirnya tidak memaksakan kamu untuk membiayai mereka.

 

Menjadi generasi sandwich memang berat, kamu bisa memikul 2-3 kali lebih berat dari pada orang lain. Nah, dengan adanya tips diatas kamu bisa mulai melakukannya sedari sekarang, agar kamu bisa memutus rantai generasi sandwich dan juga kamu akan merasa lebih bahagia ketika sudah tua nanti. Langsung dipraktekkan ya Sobat Nyala!

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya