Logo Ruang Menyal
Bg Block

Rincian Biaya Haji Plus 2022 dan Fasilitas yang Ditawarkan

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 27 Maret 2024 | 959 dilihat

Article Detail

Seperti yang kita ketahui, antrian haji reguler sangat panjang dan harus menunggu bertahun-tahun. Namun, bila ada budget lebih, haji plus bisa menjadi solusinya, meski biaya haji plus lebih mahal, ini setara dengan fasilitas yang diberikan.

Lantas, apa saja keuntungan dari haji plus? Salah satunya, kamu tidak perlu menunggu lama untuk berangkat ke tanah suci. Lalu, apa saja tawaran fasilitas haji plus ini dan berapa biaya yang dibutuhkan? Yuk simak ulasannya berikut.

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Buat Sobat meNYALA yang ingin berangkat ke Baitullah, kamu harus tahu mengenai perbedaan mengenai haji plus dan haji reguler. Jangan sampai salah memilih program haji, sehingga kamu merasa tidak maksimal dalam menjalankan ibadah. 

Perbedaan pertama haji plus dan haji reguler adalah dari masa waktu tunggunya. Umumnya, waktu tunggu haji plus adalah 5 hingga 7 tahun.

Sebagai catatan, haji plus adalah program haji resmi dari pemerintah dan program ini sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2019 mengenai Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Selain itu, perbedaan keduanya juga terlihat dari besaran biaya naik haji plus yang lebih mahal dibandingkan biaya haji reguler.

Pasalnya, biaya naik haji plus bisa memakan biaya dari Rp150 juta hingga Rp160 juta. Akan tetapi, biaya haji plus ini tergantung dari kurs mata uang saat kamu akan menunaikan haji.

Rincian Biaya Haji Plus

Dengan nominal yang terbilang lumayan, sebenarnya apa saja sih rincian dari biaya haji plus itu sendiri? Dalam hal ini, Sobat meNYALA dapat mengetahui rincian biaya naik haji plus 2022 di bawah ini.

Perlu diketahui, Sobat meNYALA akan dikenakan biaya naik haji plus mulai dari $USD 9.000 hingga $USD 20.000. Rincian biaya haji plus ini mencakup:

  1. Kamar hotel, kamu bisa memilih hotel bintang 4 atau 5 dan dapat menentukan ingin berapa orang dalam satu kamar tersebut.
  2. Biaya pesawat yang akan digunakan, pulang pergi.
  3. Biaya asuransi.
  4. Biaya perlengkapan dan handling.
  5. Tour ziarah. 
  6. Dokter pendamping.
  7. Manasik haji.
  8. Air zam-zam 5 liter.

Selain biaya naik haji plus yang tertera di atas, kamu juga harus menanggung sendiri pengeluaran pribadi. Misalnya biaya qurban, medical check up, oleh-oleh, dan pengeluaran lainnya, yang memang tidak termasuk dalam rincian biaya haji plus.

Baca juga: Ingin Pergi Haji? Simak Cara Menabung untuk Melunasi Biayanya

Fasilitas Biaya Haji Plus

Mengingat biaya haji plus lebih mahal dibandingkan dengan haji reguler, tentu saja fasilitas yang didapatkan akan berbeda. Adapun beberapa fasilitas unggul yang akan kamu peroleh dari biaya haji plus adalah:

1. Waktu Tunggu Lebih Cepat

Fasilitas utama dari program haji plus adalah durasi waktu tunggunya yang lebih cepat dari haji reguler.

Dengan membayar sejumlah biaya haji plus 2022 tersebut, kamu cukup menunggu 5 hingga 6 tahun untuk bisa berangkat ke Baitullah.

2. Penginapan yang Lebih Dekat

Fasilitas kedua biaya haji plus adalah lokasi penginapan yang lebih dekat dengan Masjidil Haram. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh ketika akan beribadah.

Biasanya, penginapan dengan menggunakan biaya haji plus hanya berjarak 1 hingga 3 km saja. Dalam hal ini, sisi baik dari tingginya biaya haji plus adalah kamu bisa mendapatkan fasilitas penginapan yang lebih variatif bila dibandingkan dengan haji reguler.

3. Sudah Termasuk Biaya Akomodasi

Selanjutnya, fasilitas unggulan dari biaya haji plus adalah kebutuhan akomodasi dan juga konsumsi yang telah ditanggung oleh penyelenggara.

Sementara itu, jika menggunakan haji reguler, kamu harus membayar akomodasi dan konsumsi sendiri.

4. Bimbingan Haji yang Lebih Eksklusif

Terakhir, dengan membayar sejumlah biaya naik haji plus, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan juga eksklusif dibandingkan dengan haji reguler.

Baca juga: 8 Cara Nabung Umroh agar Impian Kamu Cepat Terwujud 

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Haji Plus

Setelah mengetahui berapa biaya haji plus 2022, mungkin kamu semakin ingin menunaikannya? Namun sebelum itu, ketahui dulu beberapa persyaratan dan tata cara pendaftarannya, ya. Adapun beberapa syarat naik haji plus adalah sebagai berikut:

  • Beragama Islam
  • Memiliki kemampuan secara finansial untuk menunaikan haji plus
  • Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, surat nikah (khusus untuk suami/istri)
  • Surat keterangan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau biro perjalanan pilihan calon jemaah
  • Surat keterangan sehat terbaru dari dokter
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih, wajah terlihat 80%, dan tidak menggunakan kacamata. Untuk wanita menggunakan kerudung dan tidak memakai pakaian dinas.
    • Ukuran 3 x 4 sebanyak 20 lembar
    • Ukuran 4 x 6 sebanyak 15 lembar

Jika syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, selanjutnya kamu juga harus mengetahui tata cara pendaftaran haji plus. Adapun tata cara pendaftaran haji plus adalah sebagai berikut.

  • Pilihlah agen perjalanan yang sudah mendapatkan izin dari Kemenag RI. kemudian pastikan juga bahwa izin agen perjalanan haji plus masih memiliki masa berlaku.
  • Setorkan tabungan awal biaya haji plus minimal sebesar US$5.000 untuk bisa mendapatkan nomor ONH Plus.
  • Serahkan berkas persyaratan ke agen perjalanan yang sudah dipilih.
  • Tunggu hingga tiba waktu keberangkatan ke Tanah Suci. Sambil menunggu, kamu juga akan mengikuti rangkaian manasik haji yang biasanya diselenggarakan oleh agen perjalanan.
  • Lihat jadwal kapan kamu berangkat secara online di website resmi dari agen perjalanan yang sudah ditunjuk.
  • Lakukan berbagai persiapan untuk melengkapi syarat dan biaya haji plus. Mulai dari pelunasan BPIH, persiapan fisik, dan juga ilmu tentang manasik haji.

Itulah penjelasan mengenai berapa biaya haji plus 2022 dan fasilitas yang ditawarkan. Pergi haji merupakan impian semua umat muslim.

Untuk mewujudkannya, butuh banyak kesiapan secara hati, fisik, mental, dan juga finansial. Tak heran jika kebanyakan orang menjalankan ibadah haji saat sudah cukup berumur. Lantas, apakah ada kesempatan bagi kamu yang ingin pergi haji saat usia muda? Jawabannya ada.

Yuk temukan caranya dalam Financial Fitness Calss by Ruang meNYALA "Wujudkan Ibadah Tanpa Rasa Gundah" bersama Dewi RD. Amelia CFP, IFP (Financial Planner) pada Kamis 28 Juli 2022 Pukul 19.00 WIB secara online melalui Zoom. Yuk daftar sekarang juga!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya