Logo Ruang Menyal
Bg Block

Rekening Bersama Suami Istri, Ini Kelebihan dan Kekurangan

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 14 Maret 2024 | 5432 dilihat

Article Detail

Membuka rekening bersama istri adalah salah satu cara efektif mengatur keuangan keluarga jika suami dan istri bekerja. Dengan menggabungkan penghasilan menjadi satu, kamu akan lebih mudah dalam menyusun rencana keuangan kedepannya.

Namun, sebelum mulai membuka rekening, akan lebih baik kalau kamu sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan dari Ruang meNYALA di bawah ini.

Aturan Membuka Rekening Bersama Suami Istri

Jika kamu dan pasangan sedang memikirkan apakah sudah seharusnya memiliki rekening bersama suami istri, kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai aturan seputarnya. Adapun aturan untuk membuka rekening bersama suami istri adalah sebagai berikut.

1. Sudah Punya Rencana Keuangan yang Ingin Dicapai

Hal pertama yang menjadi pertimbangan untuk membuka rekening bersama suami istri adalah ketika kamu dan pasangan sudah punya rencana keuangan yang ingin dicapai.

Hal ini penting karena untuk mempermudah kamu dan pasangan dalam pencatatan bahkan guna review keuangan.

2. Sudah Memiliki Aturan Mengenai Rekening Bersama

Ketika sudah siap membuka rekening bersama suami istri, artinya kamu dan pasangan sudah memiliki aturan mengenai hal tersebut.

Aturannya cukup simpel, kapan uang ini boleh dipergunakan, berapa yang harus dialokasikan bersama dan bagaimana jika keadaan darurat terjadi, apakah boleh digunakan atau tidak.

Oleh karena itu, diskusikanlah hal tersebut terlebih dahulu dengan pasangan sebelum membuat rekening bersama.

3. Sudah Terbiasa dalam Mengatur Keuangan

Selanjutnya, jika sudah siap membuka rekening bersama suami istri, artinya kamu dan pasangan sudah terbiasa dalam mengatur keuangan. Dengan kata lain, kamu dan pasangan sama-sama paham bahwa tabungan ini ada tujuan yang jelas.

Selain itu, kamu dan pasangan pun sudah bisa mengambil keputusan keuangan yang bijak tanpa mengganggu rencana keuangan lain yang tak kalah penting.

Lalu, Apa Pentingnya Membuka Rekening Bersama Suami Istri?

Sampai di sini, apakah kamu dan pasangan masih bingung menentukan apakah penting membuka rekening bersama suami istri? Nah jka ditanya apakah penting atau tidak, sebenarnya tergantung kebutuhannya.

Jika memang kalian sama-sama setuju bahwa tabungan bersama suami istri ini bisa membuat hubunganmu dan pasangan semakin seru, lantas, mengapa tidak? Kamu dan pasangan juga perlu membuat aturan-aturan yang berlaku dalam tabungan bersama.

Akan tetapi, jika kamu dan pasangan merasa bahwa keuangan rumah tangga sedang tidak stabil sehingga masih perlu diperbaiki dan belum membutuhkan rekening bersama, maka tidak apa-apa juga untuk tidak membuka rekening bersama.

Sebagai catatan, rekening bersama ini sebenarnya tidak hanya digunakan untuk mencapai tujuan keuangan tertentu.

Akan tetapi, jika kamu butuh untuk pembagian pengeluaran seperti pengeluaran bersama akan di-cover dari tabungan bersama, juga tidak masalah kamu membuat rekening bersama.

Jadi, tidak ada aturan baku bahwa rekening bersama suami istri ini dibuat untuk mencapai tujuan bersama atau untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

Yang pasti, kamu harus membuat peraturan mengenai tabungan bersama ini, sebelum benar-benar membuat tabungan bersama.

Baca juga:5 Tips Pembagian Uang Suami Setelah Menikah, Begini Caranya!

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Bersama Suami Istri

Kamu sekarang sudah tahu mengenai aturan dan juga pentingnya membuat rekening bersama suami istri. Di samping itu, kamu juga harus mengetahui bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan dalam membuat rekening bersama.

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dari membuat rekening bersama suami istri adalah sebagai berikut.

Kelebihan

Kelebihan rekening bersama suami istri adalah sebagai berikut

1. Menciptakan Kesetaraan

Kelebihan pertama dalam membuat rekening bersama suami istri adalah membuat pasangan setara. Membuat rekening bersama menjadi solusi jika kamu dan pasangan memiliki masalah dalam pendapatan.

Sebagai contoh, apakah keluarga kamu bergantung dalam satu pendapatan atau pendapatan istri lebih besar daripada suami?

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan membuat rekening bersama, karena dapat menciptakan kesetaraan bahwa kalian bergabung bersama untuk mencapai tujuan keuangan yang sama.

2. Memelihara Komitmen

Selanjutnya, ketika membuat rekening bersama suami istri, kamu juga bisa memelihara komitmen bersama pasangan.

Hubungan kamu dan pasangan juga akan semakin seru, karena kalian punya sesuatu yang ingin kalian capai. Salah satunya adalah dengan memiliki tabungan bersama dan mencapai tujuan keuangan bersama.

3. Mempermudah Proses Pencapaian Tujuan Keuangan

Sudah tidak bisa dipungkiri, membuat rekening bersama suami istri ini sebenarnya meringankan kamu dalam proses pencapaian tujuan keuangan bersama.

Kamu pun mudah dalam melakukan review keuangan kamu dan juga mudah dalam menentukan langkah berikutnya untuk mencapai tujuan keuangan secara tepat waktu sekaligus tepat jumlah.

Kekurangan 

Selanjutnya, beberapa kekurangan dari adanya rekening bersama suami istri adalah sebagai berikut.

1. Berkurangnya Privasi

Maksudnya, pasangan pun jadi tahu bagaimana pengeluaran kamu dan akan tahu berapa yang bisa kamu alokasikan per bulan untuk menabung. Akan tetapi, jika kamu dan pasangan dari awal sudah terbuka soal keuangan, seharusnya hal ini tidak akan mengganggu kamu.

2. Perhatikan Terms and Condition dari Bank

Terkadang, ketika ingin melakukan pencairan atau ada hal lainnya yang membutuhkan verifikasi, biasanya akan ada terms and condition yang harus diperhatikan.

Terutama, jika salah satu dari suami dan istri meninggal dunia dan ingin menutup rekening atau bahkan kamu berpisah dengan pasangan ingin menutup rekening. Biasanya membutuhkan beberapa dokumen untuk bisa menutup akun rekening.

3. Bisa Memicu Pertengkaran

Kekurangan lain dari membuat rekening bersama adalah bisa memicu pertengkaran. Terutama jika kamu dan pasangan tidak biasa terbuka soal keuangan dan juga jika salah satu dari kalian melanggar peraturan yang dibuat.

Jadi, jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan plan kalian, lebih baik komunikasikan untuk menghindari pertengkaran.

Baca juga: Penyebab Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga dan Cara Mengatasi

Itu dia penjelasan mengenai apa itu rekening bersama antar suami istri, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Namun, dengan memiliki rekening bersama, itu berarti kamu dan pasangan harus bisa berkomunikasi untuk membuat kesepakatan mengenai uang masing-masing.

So, kamu ingin tahu lebih banyak terkait cara mengatur dan meningkatkan keterbukaan antar pasangan terkait keuangan? 

Yuk ikuti kelas Ruang meNYALA “Marriage Is Not K-Drama: Yang Wajib Diketahui Sebelum Menikah” bersama Natasya Herlind yang akan diselenggarakan secara online via Zoom pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 Pukul 19.00 - 20.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya