Bg Block

Apakah kamu sudah punya keamanan keuangan ? Berikut ini alasan kamu wajib punya keamanan keuangan!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 24 Desember 2021 | 2 dilihat

Article Detail

Dalam perencanaan keuangan, keamanan keuangan merupakan salah satu pondasi keuangan yang harus kamu miliki sebelum kamu berinvestasi atau bahkan merencanakan pendapatan pasif. Dengan mempunyai keamanan keuangan, kamu tidak perlu mengkhawatirkan lagi gimana kondisi finansial kamu ketika keadaan darurat datang. 

Keadaan darurat bisa terjadi kapanpun dan siapapun bisa mengalaminya. Apa sih keadaan darurat itu ? Keadan darurat adalah, seperti ketika kamu kehilangan pendapatan atau terjadi pengurangan pendapatan dan kamu harus memenuhi kebutuhan bulanan. Kamu bisa menggunakan dana darurat kamu untuk memenuhi kebutuhan bulanan kamu. 

Jika kamu masih belum dan sulit untuk memenuhi kebutuhan untuk keadaan darurat tersebut, keuangan kamu masih belum bisa dibilang aman. Nah, contoh yang bisa dikategorikan keamanan keuangan itu adalah dana darurat, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan. 

Kamu pasti bertanya-tanya, emang kenapa sih harus memprioritaskan keamanan keuangan terlebih dahulu sebelum keuangan lainnya? Nah, dibawah ini ada alasan kenapa kamu harus mengutamakan dan wajib memiliki keamanan keuangan!

 

1.   Realisasi Tujuan Keuangan Dapat Terwujud Dengan Tepat Waktu

Dengan kamu memenuhi keamanan keuangan kamu, kamu tidak perlu khawatir lagi, jika perjalanan menuju tujuan keuangan kamu di tengah jalan mengalami sebuah perubahan.  

Alasannya, karena kamu sudah mempunyai keamanan keuangan yang baik. Misalnya kamu terjadi kecelakaan dan perlu untuk memerlukan biaya rumah sakit, kamu tidak perlu khawatir kalau tabungan kamu akan terpakai untuk biaya tersebut, karena kamu sudah mempunyai keamanan keuangan misalnya asuransi kesehatan untuk biaya rumah sakit tersebut 

2.   Anti Bangkrut 

Bagi kamu yang sudah bekerja ataupun mempunyai bisnis, kamu pasti tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya, dan kamu juga tidak bisa menentukan pasti atau tidaknya arah tujuan karir atau kehidupan kamu. 

Dengan mempunyai keamanan keuangan, kamu bisa menghadapi ketidakpastian itu dengan baik, yang bisa memberikan jaminan kepada kamu, ketika suatu saat kamu terkena musibah yang berpengaruh kepada pekerjaan kamu atau bisnis kamu. 

3.    Tenang Dalam Menjalani Hidup

Ketika kamu sudah mempunyai keamanan keuangan, kamu bisa tenang dalam menjalani hidup, karena kamu tidak perlu memikirkan lagi masalah keuangan kamu.  

Kamu akan fokus untuk menggapai cita-cita kamu yang tertunda, atau merealisasikan tujuan keuangan kamu. Dengan begitu, kamu bisa 100% memikirkan masa depan kamu.  

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu wajib memiliki keamanan keuangan, sudah mulai terbayang dong kamu kamu mempunyai keamanan keuangan, kamu bisa fokus untuk menggapai cita-cita kamu, keren kan!.

 Biar kamu makin bisa mempunyai keamanan keuangan, berikut ini adalah cara untuk mencapai keamanan keuangan!

1.     Punya Asuransi

Asuransi menjadi suatu kebutuhan yang harus kamu miliki, apalagi untuk keamanan keuangan.Asuransi memiliki peran sebagai proteksi terhadap resiko yang suatu hari kamu terima. 

Dengan adanya asuransi, kamu tidak perlu khawatir ketika kamu terkena musibah , karena ada asuransi yang akan memproteksi kamu.  

Salah satu contoh asuransi yang bisa kamu pilih adalah asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan, ketika kamu sakit, kamu tidak perlu langsung membayarkan biaya rumah sakit dari tabungan kamu, tetapi asuransi tersebut akan membayarkannya.  

Selain untuk memproteksi ketika kamu sakit, uang yang sudah kamu bayarkan tiap bulan kepada pihak asuransi, bisa juga kamu cairkan jika kamu sangat terdesak dan membutuhkan uang, alhasil kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar dari tabungan kamu . 

2.     Mulai Menabung dan Berinvestasi Sejak Dini

Untuk bisa mempunyai keamanan keuangan, kamu juga harus mulai menabung dan berinvestasi sejak dini untuk keperluan di masa yang akan datang.  

Tabungan dan investasi kamu nantinya akan sangat membantu kamu ketika kamu merasa perlu beristirahat dari pekerjaan kamu. Untuk itu, kamu sebisa mungkin sudah menabung dan berinvestasi sejak dini, karena sekarang ini sudah banyak sekali instrumen investasi yang bisa mulai dari 20.000. Keren banget kan! dengan begitu kamu sudah bisa mulai langsung  menabung dan berinvestasi. Biar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa berinvestasi setiap bulannya, agar uang yang kamu investasikan terus berkembang  

3.     Melakukan Konsultasi Keuangan

Bagi kamu yang ingin mempunyai keamanan keuangan, jangan lupa untuk melakukan konsultasi keuangan. Konsultasi keuangan sangat penting untuk kamu yang ingin melakukan perencanaan keuangan, ingin mempunyai keamanan keuangan, dan lain-lain. Dengan kamu melakukan konsultasi keuangan, kamu bisa mendapatkan strategi dan cara yang lebih detail untuk memiliki keamanan keuangan kamu, dan kamu juga akan semakin sehat finansial. Kamu juga bisa melakukan konsultasi keuangan kamu dengan Nyala Financiat Fitness Trainer disini loh bit.ly/konsulffc !  

 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar bisa memiliki keamanan keuangan. Kamu bisa mulai dari sekarang loh! jangan sampai kamu baru kepikiran di masa depan, dan menyesal karena tidak mempunyai keamanan keuangan. 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Kamu juga bisa intip keseruan Financial Fitness Gym disini ya https://ruangmenyala.com/gym

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya