10 Agustus 2022

5.KEUANGAN KELUARGA

7 Alasan Istri Harus Punya Uang Sendiri Setelah Menikah

Banyak tantangan yang harus dihadapi setelah menikah, salah satunya adalah finansial. Apalagi jika kamu dan pasangan berencana memiliki momongan, tentu kebutuhan semakin banyak. Agar kondisi keuangan keluargamu tetap sehat, maka salah satu caranya ialah istri harus punya uang sendiri.

Mengapa memiliki penghasilan sendiri itu penting? Selain membantu perekonomian keluarga, perempuan yang mandiri secara finansial juga bisa menjadikan kamu lebih berharga di mata suami, lho! Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut!

Alasan Istri Harus Punya Penghasilan Sendiri

Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia dan tidak mudah. Namun, sebaiknya hal tersebut tidak menghambat kamu untuk melakukan pekerjaan yang kamu sukai.

Kamu harus menyadari bahwa mandiri finansial juga penting bagi perempuan. Nah, berikut merupakan beberapa alasan istri harus punya uang sendiri setelah menikah.

1. Membantu Perekonomian Keluarga

Dalam kehidupan rumah tangga, tanggung jawab mencari nafkah utamanya memang ada pada suami sebagai kepala keluarga. Namun, di zaman yang modern seperti sekarang, posisi wanita dan pria sudah setara.

Memenuhi kebutuhan biaya hidup bukan hanya kewajiban suami semata, melainkan istri dan suami adalah sebuah tim yang harus saling bahu membahu untuk mencari nafkah demi kesejahteraan keluarganya. Sehingga kesimpulannya istri harus punya uang sendiri agar dapat membantu perekonomian keluarga.

2. Lebih Bebas Berbelanja Tanpa Harus Selalu Minta Suami

Alasan lain mengapa istri harus punya uang sendiri adalah agar lebih bebas berbelanja tanpa harus selalu minta pada suami. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki banyak keinginan untuk membahagiakan diri sendiri.

Apalagi bagi kamu yang dalam kesehariannya bekerja di kantor sambil harus mengurus anak dan urusan rumah. Ada suatu saat di mana kamu mungkin jenuh dan butuh mood booster. Maka, tak ada salahnya kamu membeli apa yang kamu suka agar diri sendiri bahagia.

Misalnya pergi ke salon, membeli baju baru, tas baru, dan lain sebagainya. Hal ini dapat bebas kamu lakukan jika kamu memiliki penghasilan sendiri sehingga kamu tak akan kepikiran bahwa barang yang kamu beli tidak sesuai dengan keperluan rumah tanggamu.

3. Menjadi Istri yang Setara dengan Suami

Berikutnya, pentingnya istri harus punya uang sendiri adalah supaya kamu menjadi istri yang setara dengan suami. Pasalnya, ada beberapa orang yang cenderung menyepelekan istri lantaran merasa bahwa istrinya tidak bisa hidup tanpa uang dari suami.

Oleh karena itu, sebagai perempuan kamu harus memiliki pendapatan sendiri agar dalam kehidupan pernikahan, kamu tetap merasa berdaya. Bila dalam hubungan pernikahan terdapat hubungan relasi kuasa yang seimbang, maka hubunganmu akan jadi lebih sehat serta suami dan istri saling menghargai satu sama lain.

Baca juga: Ingin Bebas Finansial Usia 40 Tahun? Lakukan 9 Cara Ini!

4. Mencerminkan Perempuan Mandiri

Sekarang coba bayangkan apabila suatu saat orang yang kamu andalkan untuk membiayai kehidupan keluargamu terkena PHK akibat suatu hal atau bahkan sudah tiada. Bukan berniat menakuti, hanya saja begitulah realita hidup, tak ada sesuatu yang pasti.

Oleh karenanya, istri harus punya uang sendiri agar tidak bergantung pada orang lain, terlebih jika suatu saat hal buruk terjadi. Selain itu, mampu menghasilkan uang dengan cara sendiri juga dapat menjadi kebanggaan tersendiri buat kamu.

5. Memiliki Dana Darurat

Ketika suami adalah satu-satunya pencari nafkah di keluarga, secara otomatis keadaan perekonomian keluargamu juga tergantung pada kondisi suami. Tapi, bagaimana jika tiba-tiba suami tidak bisa bekerja lagi? Entah karena sakit, bangkrut, atau musibah lainnya.

Apabila kamu adalah wanita yang bisa mencari penghasilan sendiri, maka masalah darurat dalam ekonomi keluarga dapat lebih mudah kamu lewati.

6. Tidak Merasa Bosan

Melakukan pekerjaan selain mengurusi urusan rumah tangga bisa membuatmu terus produktif. Di samping memberi kepuasan tersendiri karena kamu dapat menikmati uang hasil kerja, kamu juga tidak akan merasa bosan serta kesepian lantaran bisa menjalin relasi dengan orang lain.

Kamu dapat berdiskusi dan bertukar pikiran dengan rekan-rekanmu guna memenuhi kebutuhanmu sebagai makhluk sosial.

7. Skill dan Pengetahuan Akan Terus Terasah

Selain menghilangkan rasa bosan dan kesepian, pentingnya istri harus punya uang sendiri yaitu agar skill serta pengetahuanmu terus terasah. Bekerja bisa membuatmu belajar banyak hal baru setiap hari. Dengan begitu, kamu akan jadi pribadi yang multitasking, yaitu dapat menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus ibu yang bekerja. Keren, bukan?

Baca juga: Istri Tidak Bisa Mengatur Keuangan, Ini Dia Solusinya

Itu dia beragam alasan kenapa istri harus memiliki pendapatan sendiri setelah menikah. Namun kembali lagi, tak ada yang salah menjadi ibu rumah tangga. Ini merupakan pekerjaan yang sama-sama mulia.

Nah, kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan dari rumah, kamu juga bisa mencoba berbagai bisnis rumahan seperti membuka katering makanan, berjualan online dengan sistem reseller atau dropshipping, membuka jasa laundry, dan masih banyak lagi.

Biar makin jadi istri yang cerdas, yuk belajar tentang mengelola keuangan keluarga. Kamu bisa bergabung di kelas finansial Ruang meNYALA dengan topik “Marriage is Not K-Drama: yang Wajib Diketahui Sebelum Menikah” pada Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 19.00-20.00 WIB melalui Zoom.

Di kelas ini kita akan membahas tentang keterbukaan finansial antara pasangan suami istri, bagaimana kebiasaan finansial pasangan, dan masih banyak lagi. Gabung sekarang, ya!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!